Better You

4 Kebiasaan Makan Ini Ternyata Tidak Sehat, Lho!

  by: Sky Drupadi       20/12/2017
  • Beberapa kebiasaan makan -bahkan yang Anda anggap sehat- justru dapat memicu rasa lapar, lho. Jadi, jangan diet secara asal-asalan dan pastikan bahwa tubuh Anda menerima asupan yang dibutuhkan setiap hari. Ini dia, intel yang dibutuhkan agar Anda (akhirnya) bisa merasa kenyang.

     

    Anda Pilih Salad Kering untuk Makan Siang



    Dedaunan tidak akan buat Anda kenyang, dear. Menurut Leslie Bonci, RD, pendiri perusahaan konsultasi nutrisi, Active Eating, tubuh Anda mencerna serat lebih cepat dibandingkan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein. Sebenarnya, Anda membutuhkan keduanya untuk memuaskan perut sampai jam makan malam.

    Food fix “Minimal, Anda perlu sekitar ½ gram protein per 1 pound (0,45 kg) berat badan Anda tiap harinya,” ujar Leslie. So, bila berat Anda 125 pound (56,7 kg), artinya Anda membutuhkan setidaknya 63 gram protein. Lengkapi salad Anda dengan 5-6 udang (20 g), 1 cup tahu (20 g), ½ cup walnut (9 g) atau 1 cup quinoa (8 g).

     

    [ BACA JUGA: Hindari 5 Macam Diet yang Buruk Ini! ]

     

    Camilan Anda adalah Biskuit Sayur

    Nampaknya sih tidak berbahaya, namun camilan seperti biskuit akan dicerna dan diubah jadi gula dalam waktu 15 menit saja. “Lalu, tak lama setelah mengonsumsinya, Anda mengidamnya lagi,” tutur Frank Lipman, MD, penulis buku Yound and Slim for Life. Kembali lagi deh ke lemari cemilan.

    Food fix Hentikan siklus kejam tersebut dengan protein, lemak baik (seperti selai kacang), dan sayuran. Coba semangkuk edamame yang telah dikukus dan diberi garam. Yum!

     



    Anda Mengincar Label Low-Fat

    Justru, makanan tersebut membuat Anda makan berlebihan. Menurut David Ludwig, MD, PhD, penulis buku Always Hungry? Anda akan lebih cepat merasa hangry alias hungry-angry jika tidak mengonsumsi lemak.

    Food fix “Ubah kebiasaan dan konsumsi makanan yang mengandum lemak sehat seperti whole-fat yogurt, olive oil, dan buah avokad,” ujar Dr. David. Mungkin Anda merasa hal ini “melanggar” diet, namun pada akhirnya, ngidam Anda akan berkurang. Silahkan saja tutup sesi makan Anda dengan sebatang dark chocolate, ujar Dr. Ludwig.

     

    [ BACA JUGA: 10 Tanda Diet Anda Sudah Terlalu Berlebihan ]

     

    Anda Makan Sambil Beraktivitas

    Yes, Anda sibuk. Namun mengunyah sambil menyelesaikan tugas, Anda tidak sadar berapa banyak yang telah dikonsumsi. Otak Anda butuh beristirahat sekitar 20 menit untuk menyadari bahwa Anda sebenarnya sudah kenyang.

    Food fix Cynthia Sass, RD, penulis buku Slim Down Now, menyarankan sebuah eksperimen. Di tengah makan, dengan bantuan timer, letakkan sendok selama 10 sampai 120 detik sebelum mengambil gigitan berikutnya. Selain itu, jika Anda merasa ingin menambah satu porsi lagi, tunggu 20 menit agar otak Anda dapat menentukan, apa Anda benar masih lapar? (Sky Drupadi / SS / Image: Doc. 123RF [email protected])