Lifestyle

Gunung Agung Bukan Lagi Halangan, Bali is Safe

  by: Alvin Yoga       20/12/2017
  • Meski Gunung Agung sempat erupsi dan membuat para turis terpaksa membatalkan penerbangan mereka, namun kabar terakhir dari Kementerian Pariwisata mengatakan bahwa bahwa Pulau Bali kini sudah aman untuk dikunjungi.
     
    Erupsi Gunung Agung sempat membuat pariwisata di Pulau Bali menurun. Pasalnya, penerbangan menuju Denpasar menurun hingga 30%. Hal ini terjadi karena travel warning yang dikeluarkan oleh berbagai negara seperti Jepang dan China, serta pembatalan penerbangan yang dilakukan oleh beberapa maskapai internasional.
     
    Namun tenang saja, Gunung Agung kini bukan lagi halangan bagi Anda yang ingin merayakan liburan akhir tahun di Bali. Pemerintah Indonesia lewat Kementerian Pariwisata telah menurunkan status Pulau Bali dari Siaga menjadi Waspada. Dengan status tersebut, maka Pulau Bali kini sudah aman dikunjungi.
     
    Penurunan status tersebut juga membuat pemerintah telah kembali mempromosikan Pulau Dewata di dunia internasional, termasuk melakukan penurunan travel notice atau travel warning serta memberikan jaminan asuransi perjalanan.
     
    Menurut keputusan pemerintah lewat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman pada hari Jumat, 15 Desember lalu, area zona bahaya hanya berkisar radius 6-10 kilometer dari kawah Gunung Agung. 
     
    “Status Pulau Bali kini berada di tingkat II atau Waspada. Hanya radius 6-10 kilometer dari pusat erupsi Gunung Agung - yang berarti hanya 2% dari keseluruhan Pulau Bali yang bahaya untuk dikunjungi,” ujar Arief Yahya, Menteri Pariwisata.
     
    Masyarakat serta pihak pariwisata Bali kini terus melanjutkan rencana untuk menyiapkan acara Tahun Baru di Bali. Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, juga mengatakan bahwa area wisata turis seperti Tanah Lot, Sanur, Nusa Dua, Batur, Ubud, Pantai Kuta, serta sejumlah pantai lainnya di daerah Uluwatu aman untuk dikunjungi dan tidak terkena imbas langsung oleh erupsi.
     
    Beberapa maskapai penerbangan juga mendukung pemerintah Bali untuk menaikkan pariwisata, seperti Garuda Indonesia yang memberikan fare khusus bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan akhir tahun di Bali, Menarik, kan? Ingin berlibur ke Bali? Ini saatnya! #BaliisSafe
    (Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Tassaphon [email protected])