Better You

Selain Bersin, Ini 4 Cara Unik Tubuh Melindungi Anda!

  by: Sky Drupadi       20/12/2017
  • Tanpa disadari, Anda sering “menyelamatkan” diri dari berbagai macam bahaya. Semuanya berkat sistem perlindungan tubuh yang bekerja secara non-stop. Contoh paling mudah adalah bersin. Mengetahui ada partikel asing yang menempel di dalam hidung, tubuh Anda langsung menolaknya dengan bersin. Kadang, partikel nakal tersebut sulit untuk dikeluarkan. Itulah alasannya Anda bersin 2 atau 3 kali berturut-turut! Penasaran bentuk perlindungan unik lainnya? Simak ya, ladies. Pada dasarnya, you are your own superhero!

     

    [ BACA JUGA: Ternyata Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Marah]



     

    Keriput

    Pernah kan terlalu lama berenang sehingga kulit jari mengerut? Kulit Anda “berubah” untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang basah. Dengan begitu, Anda lebih mudah mencengkam dataran yang licin. Hal ini menghindari Anda dari celaka terpeleset yang bukan hanya sakit, tapi juga memalukan. Ouch!

     

    Menguap

    Tujuan utama menguap adalah untuk mengirim oksigen ke otak Anda. Saat lelah, bosan, atau relaks, napas Anda otomatis memelan. Karena itu Anda menguap agar karbon dioksida dalam darah dapat diganti dengan oksigen. Menguap juga memberikan “pendinginan” yang dibutuhkan otak agar tidak overload.

     



    [ BACA JUGA: Tubuh Anda Akan Lakukan 6 Hal Ini Saat Jatuh Cinta ]

     

    Stretching

    Anda melakukannya tiap pagi saat bangun tidur. Untuk apa? Ternyata, walaupun otak Anda sudah sadar (atau setengah sadar karena belum minum kopi), otot tubuh masih butuh pemanasan setelah menganggur berjam-jam. Meregangkan tubuh bantu melancarkan peredaran darah sehingga Anda siap memulai hari dengan segar.

     

    Menangis

    Kadang, Anda tidak bisa melawan air mata yang membendung. Untungnya, air mata mengandung painkiller alami yang dapat mengurangi rasa stres, sedih, dan marah. Air mata pun juga bisa mengeluarkan racun dari tubuh. Pantas saja Anda langsung lega setelah menangis... (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. 123RF [email protected])