Better You

4 Cara Ampuh Beranikan Diri Angkat Beban di Gym

  by: Sky Drupadi       23/12/2017
  • Apply jadi anggota gym memang gampang. Namun menurut sebuah penelitian, banyak wanita memilih untuk “menyerah” dan enggan kembali ke gym karena dua alasan: tidak percaya diri dan kurang persiapan. Pemicunya? Well, ruangan tersebut didominasi oleh pria.

    Banyak wanita remaja merasa tersingkir oleh pria yang memonopoli mesin-mesin di gym. Atau ia juga dihantui suara kekasihnya yang mengatakan bahwa ia akan terlihat macho jika berolahraga. Menurut Joan Chrisler, PhD, dosen psikologi di Connecticut College, itulah yang menanamkan pikiran bahwa pria harus makin kuat, sedangkan wanita harus mengambil kelas aerobik agar jadi lebih langsing.

    Faktanya, mengangkat beban tidak akan “membesarkan” tubuh Anda. Menggunakan alat yang berat akan mempertegas garis otot, sehingga membuat Anda terlihat toned, bukan beefy. Selain itu, Anda akan mendapatkan lean muscle alias otot tanpa lemak, yang akan aktif membakar kalori bahkan ketika Anda beristirahat.



    So ladies, jangan takut mengangkat beban– justru, anggaplah barbel sebagai jalan pintas menuju lengan berotot dan tulang yang kuat. Yuk mulai percaya diri dalam mengangkat beban dengan mengikuti tip berikut!

     

    [ BACA JUGA: Mengapa Wanita Juga Harus Angkat Beban? ]

     

    Teliti Dalam Memilih Gym

    Pertama, Anda butuh lingkungan yang mendukung. Saran dari Lindy West, aktivis body-positivity dan penulis buku Shrill: Notes From a Loud Woman, lakukan penelitian sebelum mendaftarkan diri ke gym. Hubungi dulu dan tanyakan statistik membership dan trainer wanita. Lalu, kunjungi dan lihat dengan mata sendiri. Apakah nyaman? Apakah sesuai dengan keinginan Anda? Jika iya, go for it.

     



    Gunakan Strategi

    Jen Comas, personal trainer dan pelatih Weightlifting USA, menyatakan bahwa akan lebih baik jika Anda datang dengan rencana yang matang. “Daripada mengatakan, 'saya akan angkat beban', lebih baik berkata 'saya akan lakukan tiga set walking lunges dengan dumbbell, lalu tiga set squat dengan barbel,” ujar Jen. Holly Perkins, CSCS, penulis Lift to Get Lean, menyetujui hal ini. “Strategi memaksa otak Anda untuk fokus pada tugas yang sudah dibuat secara spesifik,” jelasnya. “Hal tersebut akan meredam rasa takut dan intimidasi.”

     

    Minta Bantuan Trainer

    Banyak gym yang menawarkan sesi gratis dengan personal-trainer. Gunakan kesempatan ini dengan baik. Ia bisa menjadi pendamping yang sempurna, mengenalkan Anda pada alat dan menyarankan gerakan terbaik berdasarkan goals Anda. Siapa tahu Anda serasi dan mau membayar untuk sesi berikutnya!

     

    Ajak Bestie Anda

    Masih terintimidasi dengan pria six-pack yang terlihat profesional? Ajak (atau paksa) bestie Anda untuk berolahraga bersama. Jen menekankan, “Semuanya jadi tidak menakutkan jika ada teman di samping Anda.” (Sky Drupadi / SS / Image: Doc. 123RF Стас Толстнев@123RF.com)