Better You

Jangan Konsumsi 4 Jenis Minuman Ini Saat Dehidrasi!

  by: Sky Drupadi       27/12/2017
  • Walaupun liburan dihabiskan dengan bermalas-malasan di depan TV, pasti pada akhirnya Anda akan merasa penat... dan haus. Di hari yang panas, kandungan air dalam tubuh akan berkurang lebih cepat dari biasanya. Cairan tubuh Anda cukup hilang 1% saja, dan Anda akan merasa kelelahan layaknya orang yang baru menyelesaikan workout session di gym.

    Dalam situasi demikian, pasti Anda ingin segera menghilangkan dahaga dengan minuman segar. Tapi jangan asal minum, ladies. Tidak semua yang berbentuk air bisa bantu atasi dehidrasi!

     



    [ BACA JUGA: Ini yang Terjadi Bila Kulit Wajah Mengalami Dehidrasi ]

     

     

    X Sports drink 

    Walaupun minuman ini menyimpan elektrolit yang dibutuhkan tubuh saat berolahraga, berhati-hatilah dengan jumlah gula yang ada di dalamnya. Kadang, berbagai kandungannya tidak ditulis di label, seperti bahan kimia atau jumlah kafein.

     

    X Air kelapa 

    Seperti sports drink, air kelapa memiliki elektrolit, namun kurang dalam sodium penghilang dahaga. Meminumnya sampai perut kembung pun tidak akan beri solusi dalam mengganti cairan.

     

    X Kopi, Teh, dan Soda 

    Memang betul, ketiganya terhitung sebagai masukan cairan harian. Namun, ketiga jenis minuman ini mengandung kafein penyebab diuresis. Hal ini yang bikin Anda jadi sering ke toilet untuk pipis! Alhasil, cairan penting makin cepat lenyap dari tubuh.

     

    X Alkohol 

    Berbentuk air, namun ia menyerap semua cairan dari tubuh. Bukan membuat Anda merasa plong, tapi malah perburuk dehidrasi. Sorry, dear. Segelas bir yang “segar” itu tidak akan menghilangkan dahaga Anda.

    (Sumber: Angela Lemond, RDN, Presiden dari The Texas Academy of Nutrition and Dietetics dan Pembicara Nasional untuk The Academy Of Nutrition and Dietetics)



     

    Jadi, apa solusinya ketika Anda butuh penghilang dahaga? Tentu saja air putih. Bila Anda tidak suka rasa "tawar" dari air, Anda bisa mengakalinya dengan memeras sedikit jeruk nipis. Lebih nikmat lagi, Anda bisa membuat infused water dengan buah favorit Anda. Nah, bicara soal buah, produk alami ini sangat efektif dalam membasmi dahaga, lho. Ia juga bisa jadi solusi dehidrasi Anda.

     

    [ BACA JUGA: Rahasia Infused Water untuk Tubuh dan Kulit Anda ]

     

    “Buah dan sayuran memiliki kandungan elektrolit dan air yang seimbang. Kedua hal ini dibutuhkan untuk menghidrasi tubuh,” ujar Kelly Pritchett, PhD, pembicara media nasional untuk the Academy of Nutrition and Dietetics. Jadi, jangan hanya melengkapi kebutuhan protein dan serat saja. Di negara tropis ini, buah mudah ditemukan, kok!

     

    Stroberi – 91% air

    Mentimun – 96% air

    Tomat – 94% air

    Kubis – 92% air

    Jeruk Bali – 91% air

    Blewah – 90% air

    Timun Jepang – 95% air

     

    Anda haus? Buang kaleng bir dan budayakan "minum" buah mulai hari ini ya, dear! (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. 123RF [email protected])