Better You

Cara Cepat Mengatasi Mabuk Alkohol

  by: Hana A. Devarianti       30/12/2017
  • Merasa hangover setelah pesta? Tidak usah khawatir, ladies. Ikuti saja cara di bawah ini untuk mengatasi efek buruk setelah mabuk alkohol dengan cepat. Pastikan untuk melakukannya sebelum pesta, saat pesta di mulai, dan ketika usai pesta, ya.

     

    Sebelum Pesta:



    1. Minum satu shot aloe vera a.k.a lidah buaya. Tanaman hijau satu ini tidak hanya baik untuk kesehatan rambut, tetapi juga dapat melindungi saluran pencernaan dari alkohol. Namun, jangan minum terlalu banyak karena aloe vera bisa membuat perut mulas dan ingin buang air besar.
    2. Makan burger. Terdengar tidak sehat memang. Akan tetapi, sebenarnya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak seperti burger dapat mencegah rasa kembung ketika hangover.
    3. Tidur cukup. Minum alkohol setelah begadang? Jangan harap Anda akan selamat dari hangover. Tidur yang cukup itu perlu karena hal ini dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Kalau sistem imun tubuh dalam keadaan prima, hangover pun akan lebih sulit untuk "menyerang" Anda.

     

    Saat Pesta:



    1. Hindari sampanye. Alkohol yang bersoda lebih cepat diserap oleh tubuh, otomatis membuat Anda lebih cepat mabuk.
    2. Pilih alkohol yang jernih. Contohnya vodka dan gin. Alkohol jernih cenderung tidak membuat Anda hangover keesokan harinya. Sedangkan alkohol berwarna, seperti wine dan wiski memiliki kandungan congerers yang menyebabkan hangover.
    3. Jangan lupa minum air putih. Dehidrasi dapat memicu hangover. So, jangan lupa minum air putih di sela-sela menikmati alkohol.

     

    Sesudah Pesta:

    1. Minum segelas coconut water sebelum tidur. Tambahkan pula sedikit garam untuk mencegah dehidrasi. Anda juga bisa minum sports drink yang punya kandungan gula tinggi supaya tidak merasa lemas di pagi hari setelah pesta.
    2. Sarapan telur. Telur dapat mengurangi efek toksin yang ada di alkohol. Idealnya, masaklah telur dengan cara direbus atau bisa juga dengan membuatnya jadi telur dadar.
    3. Hindari teh herbal. Para peneliti dari Sun Yat-Sen University di Guangzhou, Cina menemukan kalau teh herbal membuat tubuh Anda mengolah alkohol lebih lambat, sehingga mabuk pun jadi lebih lama. Yikes!

    (Hana Devarianti / SW / Image: )