Better You

Cara Jitu Agar Anda Tidak Makan Berlebihan Saat Liburan

  by: Kezia Calesta       25/12/2017
  • Apakah banyaknya pilihan makanan yang disediakan pada akhir tahun mengurungkan niat diet Anda? Well, Anda bisa kok, menikmati hidangan-hidangan tersebut tanpa makan berlebihan! Ini 5 trik dan tips dari Cosmo agar Anda tidak takut menaiki timbangan setelah liburan usai.

     

    1. Minumlah air putih yang banyak.



    Anda ingin mengurungi niat untuk makan berlebihan? Caranya mudah: minumlah 500ml air putih sebelum makan malam, dan kapasitas perut Anda pun akan berkurang, lho. Air putih juga akan menjaga tubuh agar Anda tetap terhidrasi, dan perasaan kembung yang dirasakan setelah menikmati makanan manis dan asin pun akan berkurang.

     

    2. Sempatkan diri untuk berolahraga sebelum berpesta.

    Ya, percuma saja kalori yang terbakar, namun berolahraga sebenarnya bisa mendukung niat Anda untuk menjaga makan. Menurut ahli psikologi Sarah Pflugradt, RD, “Saat Anda berolahraga, Anda memiliki tujuan. Karena itu, Anda akan lebih termotivasi untuk membuat pilihan yang lebih sehat agar kerja keras Anda tidak terbuang secara sia-sia.” Ok, makes sense!

     

     

    3. Carilah ukuran piring yang lebih kecil, dan garpu yang lebih besar!

     



    Bila Anda diberikan opsi untuk menggunakan salad plate atau dinner plate, pilihlah ukuran piring yang lebih kecil. Riset telah membuktikan bahwa dengan ruang yang lebih terbatas di atas piring, Anda data mengurangi asupan makan sebanyak 45 persen. Wow!

    Gunakan juga sendok atau garpu yang berukuran besar agar Anda bisa menjaga porsi makan, karena garpu yang kecil hanya akan menaikkan frustrasi dan membuat Anda merasa tidak puas.

     

     

    4. Jangan meminum alkohol hingga Anda sudah selesai makan.

    Pernah melahap pizza dan kue atau mengidam McDonald's saat Anda sedang mabuk? Cosmo juga. Alkohol membuat Anda sulit menahan diri, apalagi saat Anda meminumnya dengan perut kosong. Parahnya, riset juga menunjukkan bahwa alkohol menghambat zat kimia yang memberitahu otak bahwa Anda sudah kenyang. Hasilnya? You eat non-stop! Makanan akan menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap alkohol, jadi Anda dapat berpikir dengan lebih jernih dan tidak beranjak untuk porsi ketiga.

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. @123RF)