Career

5 Hal yang Harus Dibicarakan Saat Evaluasi Akhir Tahun

  by: Redaksi       12/12/2017
  • Evaluasi akhir tahun sudah jadi agenda wajib di setiap kantor. Sudah mulai deg-degan menunggu apa saja evaluasi yang akan diterima dari si bos? Well, evaluasi akhir tahun bisa jadi momen yang tepat untuk membicarakan hal-hal berikut.

     

    1. “Tell me my job result, boss.



    Membahas bagaimana hasil pekerjaan Anda dengan bos tentu sudah umum, tapi Cosmo sarankan Anda untuk meminta job result berupa hal positif dan negatif tentang diri Anda selama bekerja. Catatlah bahan pembelajaran tersebut agar Anda bisa semakin maju di tahun 2018!

     

    2. “Saya ingin mendiskusikan lingkungan kantor.”

    Tentu saja bahasan tentang lingkungan kantor tak boleh terlewatkan. Ingatlah bahwa Anda bekerja sebagai tim di kantor! Bila Anda bermasalah dengan salah satu rekan, Anda bisa membicarakannya dengan si bos. Tapi ingat, Anda juga harus tahu batasan dan jangan sampai kelewatan curhat - jika Anda kurang tepat dalam mengutarakannya, bisa-bisa bahasan ini malah memicu Anda menjelekkan rekan Anda.

     

    3. “Kapan saya bisa naik jabatan?”

    Sebagai pegawai yang sudah bekerja cukup lama – mungkin dua tahun atau lebih – tidak dipungkiri Anda ingin kenaikan jabatan. Bahasan ini mungkin dinilai terburu-buru oleh bos, tapi tidak ada salahnya membahas kapan kemungkinan Anda akan naik jabatan, bukan? Namun jika atasan menyatakan Anda belum cukup siap, jangan lantas minder. Jadikan masukan atasan sebagai pemacu Anda untuk bekerja lebih baik lagi!

     

    4. "Bos, saya ingin membicarakan kenaikan gaji."



    Anda tentu tahu bagaimana performa Anda selama setahun ini. Tentu saja Anda bisa membahas kenaikan gaji dengan si bos jika performa Anda sangat maksimal dan minim kesalahan dan kegagalan! Tapi ingat, jangan sampai Anda memaksa si bos menaikkan gaji dengan alasan pribadi yang konyol. Kalau begini, sudah jelas Anda tak akan mendapatkannya.

     

    [ BACA JUGA: Cara Minta Naik Gaji Pada Bos (Dari Para Ahli) ]

     

    5. “Saya punya beberapa rencana dan ide untuk tahun depan.”

    Setelah menerima evaluasi, tak ada salahnya jika Anda ingin mengungkapkan beberapa ide untuk tahun mendatang. Don't be afraid to speak up, ladies! Setelah tensi evaluasi yang cukup tegang, tentu diskusi rencana tahun depan akan menenangkan suasana ruangan bos dengan ide-ide Anda yang positif.

     

    (Indira Listiarini / Kezia Calesta / SW / Image: outnow.ch)

    tags: karier, tips, 2017