Celebrity

Main di Serial Drama Baru, Ini Fakta Unik Lee Jong Suk

  by: Alvin Yoga       12/12/2018
  • Aktor terkenal asal Korea Selatan, Lee Jong Suk, yang sempat bertemu dengan para penggemarnya di Indonesia kemarin, menyimpan segudang fakta unik yang harus kamu ketahui. Sebelum menonton drama terbarunya, Hymn of Death, simak dulu artikel ini.

    Lee Jong Suk bukanlah wajah baru di dunia K-drama. Aktor pemain While You Were Sleeping ini punya segudang peran ikonik lewat beberapa serial drama yang ia mainkan - and yes, Jong Suk sudah lama terjun ke dunia entertainment sejak usianya masih belia.  Di luar kemampuan aktingnya yang memukau - yang menurut Jong Suk sendiri sebenarnya masih jauh dari sempurna, oh well -  ada sederet hal lain seputar dirinya yang menarik untuk ditelusuri.

    Semisal, tahukah Anda bahwa ia dipanggil oleh para penggemarnya dengan julukan Sukki? Lagi, Jong Suk juga tidak bisa meminum minuman beralkohol dalam jumlah banyak, dan jarang sekali meminum minuman alkohol meskipun ia endorser dari Cass Beer di Korea. Ia juga yang tertua di antara saudara-saudaranya (FYI, ia memiliki seorang adik lelaki dan perempuan, dan mereka dibesarkan oleh keluarga yang sangat strict). Ia juga pandai bermain piano, menyanyi, menari, dan poin plus lainnya, ia juga bisa taekwondo. Oh, ia juga lulusan Konkuk University dengan gelar sarjana di bidang Science of Movie!



    Begitu banyak hal yang bisa kamu gali dari seorang Jong Suk, dan berhubung ia akan segera menyapa penggemarnya di Jakarta, ada baiknya kamu membaca fakta-fakta menarik berikut:



    Awal Karier Lee Jong Suk

    Lee Jong Suk mulai mendapatkan perhatian publik di umurnya yang ke-15, ketika ia menjadi model termuda di runway Seoul Fashion Week pada 2005 silam. Kala itu, ia menjadi model untuk The Seoul Collective, salah satu yang terbesar di industri fashion Korea. Kini, di usia 28 tahun, aktor setinggi 186cm ini telah mondar-mandir di atas panggung runway, juga menjadi cover di berbagai majalah - all thanks to his V-shaped jawline (standar kecantikan Korea, FYI) and his small face.



    Nah, sebelum tampil di berbagai drama Korea, Lee Jong Suk ternyata pernah menjadi trainee untuk peran rapper dari sebuah grup boyband bernama Red. Sayang, hal tersebut hanya berlangsung selama tiga bulan dan grup tersebut tak pernah debut. Ia kemudian pindah menjadi trainee untuk salah satu agensi artis terbesar di Korea, SM Entertaiment, dan memutuskan untuk fokus di dunia akting. Ketika ditanya apa yang membuatnya berpindah fokus, Sukki menerangkan bahwa ia terinspirasi dari Rain setelah menonton drama Full House. Little did he know, delapan tahun kemudian ia bermain bersama Rain dalam sebuah film berjudul R2B: Return to Base, dan sekarang mereka menjadi sahabat IRL! Persahabatan mereka juga terekam lewat sebuah reality show bernama Rain Effect yang tayang pada 2014 lalu.



    Kepopuleran Jong Suk sebagai seorang aktor kemudian meningkat di tahun 2012. Ia akhirnya debut lewat sebuah drama berjudul Prosecutor Princess dan sebuah film horor berjudul Ghost. Di sinilah ia memulai kariernya sebagai seorang aktor.


    Film, Drama, dan Peran Terbaik Lee Jong Suk

    2013 adalah tahun yang luar biasa bagi seorang Lee Jong Suk. Setelah bermain dalam sebuah sitcom bernama High Kick 3 bersama member f(x) Krystal Jung dan Kim Ji Won, ia kemudian tampil dalam School 2013. In case you don't know, serial KBS ini pertama kali dirilis pada tahun 1999 dan menjadi "training ground" bagi para aktor terkenal Korea lainnya seperti Ha Ji Won, Gong Yoo, Lee Dong Wook, serta Jo In Sung. Di serial tersebut, Lee Jong Suk berperan sebagai Go Nam Soon, yang kemudian menjadi teman baik bagi Park Heung Soo yang diperankan oleh Kim Woo Bin. Sidenote: dari sinilah kedua aktor tersebut kemudian menjadi BFFs. Last we heard, mereka bahkan terlihat berlibur bersama di Hawaii.



    Perannya sebagai sidekick yang loyal membawanya memenangkan penghargaan Best New Actor dalam KBS Drama Awards di tahun 2012 - penghargaan pertama dari sederet prestasi lainnya yang kemudian akan ia dapatkan. Ia kemudian bermain di drama lainnya berjudul I Can Hear Your Voice, di mana ia bermain sebagai seorang pria dengan kemampuan telepati.



    Jika ditanya apa peran terbaik yang pernah ia mainkan, well, mungkin perannya dalam PInocchio patut diacungi jempol. Aktingnya sebagai seorang pria dengan masa lalu yang kelam dan chemistry-nya yang luar biasa bersama sang partner Park Shin Hye membawanya mengantongi sedikitnya lima penghargaan termasuk Best Actor (Korea Drama Awards, 2015), Most Popular Actor (PaekSang Arts Awards, 2015), Best Couple Award, Ten Star Award dan SBS Special Award (SBS Drama Awards, 2014).



    Para penggemar Lee Jong Suk sempat menyebutkan, bahwa di luar kemampuan akingnya yang memukau, salah satu alasan yang membuat Lee Jong Suk bisa sesukses sekarang adalah karena Sukki pintar memilih peran yang cocok ia mainkan. Ia juga memiliki passion yang luar biasa pada dunia akting, dan menunjukkannya lewat beragam peran yang ia mainkan. Kamu mungkin sering melihatnya bermain di banyak drama bertema romantis, namun peran yang ia mainkan pasti berbeda-beda, dan Jong Suk selalu berhasil mendalami setiap karakternya. Dalam salah satu wawancaranya dengan Vogue Taiwan di tahun 2016, Lee Jong Suk berkata, "Saya harap semua orang bisa melihat seberapa passionate diri saya terhadap dunia akting, dan juga seberapa besar usaha yang saya lakukan untuk setiap detiknya. Saya juga berharap saya bisa menjadi aktor multi-face yang bisa memberi 'kehidupan' untuk setiap peran yang saya mainkan."

    Ingin tahu apa saja peran yang ia mainkan? Di tahun 2016, ia memainkan sebuah karakter webtoon yang hidup antara real life dan dunia komik dalam drama besutan MBC W: Two Worlds. Drama terakhirnya, While You Were Sleeping, di mana ia bermain bersama Bae Suzy dan Jung Hae In, membuatnya berperan sebagai seorang jaksa penuntut yang memiliki kemampuan menebak masa depan lewat mimpi. Tak ketinggalan, ia juga sempat memerankan seorang dokter jenius dalam Doctor Stranger, pembunuh psikopat (VIP), atlet perenang nasional dalam No Breathing, serta seorang playboy muda di Hot Young Bloods.



    Lee Jong Suk: The Giving Angel

    Di luar nama panggilan Sukki, para penggemar juga memberi Lee Jong Suk sebutan The Giving Angel. Sifatnya yang lembut, kepribadiannya yang hangat, serta kebaikan hatinya membuatnya mendapatkan julukan tersebut. Beberapa aktor seperti Jung Hae In juga sempat menyebutkan bahwa ia mendapat banyak dukungan dan saran dari Sukki ketika proses syuting While You Were Sleeping. Media-media korea pun sering mendapati dirinya mengikuti sebuah acara amal - termasuk di hari ulang tahunnya sendiri.

    Lee Jong Suk kemudian membuka kafe miliknya sendiri di daerah Garuso-gil. Beberapa posting di Instagram bahkan menunjukkan bahwa Sukki tak keberatan untuk membersihkan kafenya sendiri, termasuk bekerja sebagai karyawan di kafe tersebut meski ia berstatus sebagai seorang selebriti. Nyatanya, Jong Suk memang suka menghabiskan waktu bersama sahabat-sahabatnya sambil menghirup segelas kopi di kafe-kafe sekitar Seoul. Ketika ditanya mengenai hal tersebut, ia memberitahu High Cut Magazine bahwa 89 Mansion adalah cita-citanya sedari dulu. "Ada begitu banyak kesempatan ketika saya langsung mendatangi sebuah kafe begitu saya sadar bahwa saya tak memiliki jadwal apapun. Rasanya luar biasa, karena sebetulnya saya jarang menaruh perhatian pada hal lain selain akting," jelasnya. Our sister, Cosmopolitan Filipina, menyebutkan bahwa 89M adalah kafe yang sangat menarik. Makanannya luar biasa enak, dan barista-nya cute! Hey, what more can you ask for?





    Lee Jong Suk kabarnya sedang menyiapkan promosinya untuk drama terbaru Hymn of Death serta Romance Supplement. Oh, dan rumor juga mengatakan bahwa ia akan ikut dalam wajib militer di tahun 2019 mendatang. I guess we'll soon find out!

    (Artikel ini disadur dari cosmo.ph. Perubahan telah dilakukan oleh editor. Alih bahasa: Alvin Yoga / FT. Image: Dok. Instagram.com / Ilustrasi: Severinus Dewantara)