Lifestyle

Tips Road Trip Nyaman untuk Liburan Akhir Tahun!

  by: Alvin Yoga       10/12/2018
  • Sudah punya rencana liburan untuk akhir tahun nanti? Well, jika kamu belum punya rencana (atau tak punya cukup banyak jatah libur dari kantor, oh well), road trip dengan the girls bisa menjadi ide yang seru. The girls sudah punya rencana lain? Tak jadi masalah, kamu juga bisa melakukannya bersama keluarga atau si dia. Selain bisa mengembalikan mood, kamu juga bisa kembali mendekatkan diri dengan mereka. Nah, sebelum memulai petualangan,simak dulu tips Cosmo untuk road trip berikut ini.


    Buat Playlist

    Selain mengobrol dengan the girls sepanjang jalan, karaoke dengan lagu-lagu favorit juga bisa menjadi opsi hiburan yang bisa kamu nikmati selagi melakukan road trip. Tipsnya, lakukan hal tersebut sebelum memulai perjalanan. Buat beberapa playlist yang berisi lagu-lagu kesukaan kalian agar bisa sing along. Suka dengan lagu-lagu mellow seperti lagu dari Adele? Masukkan beberapa, namun pastikan tidak dalam jumlah banyak. Lagu-lagu dengan beat pelan hanya akan membuat kamu mengantuk saat menyetir.




    Safety First

    Sebelum road trip, pastikan kamu menyiapkan obat-obatan untuk perjalanan. Terutama beberapa obat seperti obat mual, obat sakit perut, obat sakit kepala, perban, serta antiseptik dan obat merah. Hal ini perlu kamu lakukan agar jika terjadi emergency, kamu tak perlu panik dan bisa langsung melakukan pertolongan pertama. Oh ya, pastikan kamu juga memeriksa peralatan penting yang harus dibawa - semisal ban mobilmu kempes dan kalian harus mengganti ban sendiri. Tak ada salahnya untuk selalu berjaga-jaga, kan?


    Setir Bergantian

    Salah satu kekurangan road trip adalah kamu harus menyetir dalam jangka waktu lama, apalagi di musim liburan jalan-jalan biasanya ramai dipadati oleh penikmat liburan lainnya. Menyetir sendirian hanya akan membuat Anda merasa lelah. Nah, ada baiknya kamu meminta teman untuk bergantian menyetir agar kamu bisa beristirahat dan bersantai sejenak.




    Cek cairan dalam mesin mobil

    Yang pertama, cek keadaan bensin. Jangan pernah membiarkan bensin berada di beberapa garis terakhir. Tersisa tiga bar? Segera isi kembali sampai penuh. Kamu tak akan pernah tahu sejauh apa lokasi pengisian bensin selanjutnya. Kedua, kapan terakhir kali kamu mengganti oli? Disarankan kamu mengganti oli setiap enam bulan. Sudah ganti oli? Perjalanan yang jauh biasanya membuat mesin mobil bekerja ekstra keras. Tak ada salahnya untuk kembali cek kondisi oli dan ganti filter juga. Ketiga, cek juga keadaan coolant radiator, minyak rem dan cairan pembersih kaca mobil. Dengan begini, kamu bisa menghindari beberapa hal yang kurang menyenangkan seperti mobil mogok atau masalah lain yang tidak diinginkan.


    Perhatikan mobilmu

    Penting untuk mengecek mobil sebelum bepergian agar perjalananmu tetap nyaman. Cucilah kendaraan sebelum bepergian dan pastikan jendela mobil bersih agar pandanganmu aman saat menyetir. Perhatikan juga fitur-fitur di mobil Anda agar berfungsi maksimal dan nyaman di perjalanan. Sedang mencari kendaraan yang nyaman, aman, elegan serta memiliki fitur terbaru yang lengkap untuk liburan bersama keluarga? Salah satu opsi yang tepat yaitu Suzuki All New Ertiga. Desain eksteriornya modern dan dinamis, lengkap dengan fitur-fitur terbarunya seperti projector headlamps dan LED rear combination with light guides yang juga tersemat di mobil keluaran terbaru ini. Interiornya lapang dan nyaman, sangat cocok untuk road trip yang membutuhkan waktu perjalanan panjang, plus detail berkelas dan fitur-fitur terbaru untuk melengkapi kenyamanan liburan, seperti push start/stop button dan head unit touchscreen 6,’8”. Berkendara ke kota tetangga untuk liburan akhir tahun? Say yes!


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. epicstockmedia©123RF.com)