Beauty

5 Trik Dasar Agar Makeup Kamu Flawless Natural

  by: Kissy Aprilia       10/12/2018
  • Dalam beberapa tahun ini, riasa wajah no-makeup menjadi tren di kalangan perempuan. Meski terkesan natural, sebenarnya teknik riasan wajah ini cukup sulit untuk diterapkan, loh, girls! Jika salah mengaplikasikan foundation-nya saja, penampilan kamu bisa terkesan cakey dan menjadi menor. Tidak mau, kan? Ikuti lima trik dasar ini agar makeup kamu terlihat flawless natural sepanjang hari. 


    Mulailah dengan Kebersihan Kulit

    Kulit wajah yang bersih adalah kanvas riasan terbaik. Sebelum mengenakan makeup, kamu harus memastikan tidak ada lagi minyak, kotoran, atau sisa makeup sebelumnya yang masih menempel. Bukan sekadar untuk menjaga kesehatan kulit, cara ini memastikan makeup kamu menempel dan menyatu dengan sempurna. Lakukan eksfoliasi secara rutin agar permukaan tekstur kulit menjadi halus dan makeup terlihat flawless!




    Pastikan Kulit Lembap

    Agar foundation kamu terlihat labih natural, triknya adalah menggunakan pelembap sebagai dasar riasan wajah. Mengaplikasikan makeup pada kulit yang kering berisiko buruk terhadap penampilan, seperti muncul efek crakcy, terkesan menor, dan mudah luntur. Akan tetapi, kamu harus menyesuaikan formula produk pelembap dengan jenis kulit, terlebih jika memiliki minyak berlebih. Saran Cosmo, pilih bahan dasar water-gel yang aman dan cocok untuk segala jenis kulit.


    Pilih Liquid Foundation 

    Industri kecantikan menawarkan sejumlah jenis produk foundation yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Kalau kamu menginginkan hasil riasan wajah yang ringan namun tetap terlihat flawless, pilih produk foundation bertekstur cair. Dibandingkan dengan cream atau powder foundation, liquid foundation menghasilkan tampilan lebih natural karena mudah dibaurkan pada kulit. 

     

    Trik Menepuk-nepuk Sponge Basah

    Sponge makeup menghasilkan pulasan foundation yang lebih merata, tanpa meninggalkan kesan cakey. Aplikator tersebut memiliki pori-pori yang mirip seperti kulit, sehingga menghasilkan riasan yang lebih natural, benar-benar menyatu dan menempel dengan kulit. Namun, kamu harus terlebih dulu membasahi sponge makeup dengan air, lalu memeras airnya hingga tidak ada yang tersisa. Selanjutnya, aplikasikan foundation dengan cara menepuk-nepuk, bukan menyapukan pada kulit, ya, girls!




    Less is More!

    Tidak mau makeup kamu terlihat tebal? Gunakan foundation secara tipis-tipis. Jika kamu mengaplikasikan foundation dalam jumlah yang banyak sekaligus, maka hasilnya bisa menjadi cakey bahkan terkesan menor. Karena itu, Cosmo menyarankan kamu untuk memulaskan foundation sedikit demi sedikit agar tidak melewati tingkat coverage yang diperlukan. Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk concealer, girls. Bila mata panda sudah tersamarkan, rasanya kamu tidak perlu lagi menambahkan concealer.


    (Image: tixti©123RF.com )