Better You

Oh, No! Deretan Makanan Ini Bikin Perut Kamu Buncit

  by: Nadhifa Arundati       6/12/2018
  • Perut rata adalah idaman perempuan – kamu rela melakukan sit up dan menggunakan korset demi memamerkan bentuk perut yang indah. Tetapi, apakah kamu yakin kalau perut rata akan bertahan selamanya? Nope, kamu perlu memperhatikan hal lain, salah satunya adalah pola makan kamu. Ladies, terdapat beberapa makanan yang memicu perut kamu menjadi buncit, you need to be concern about this! Tenang, jangan panik – langsung saja simak deretan makanan yang bikin perut kamu buncit. 

    French Fries

    Noooo! Cosmo turut prihatin karena makanan ini menjadi salah satu penyebab perut buncit – everybody loves french fries, rasanya sulit untuk menghindari makanan tersebut. Namun french fries merupakan makanan gorengan yang justru akan menyerap lemak jenuh di dalam tubuh. Hasilnya? Kamu akan mudah merasa lapar jika mengonsumsi french fries – perut akan menjadi penuh dan terlihat buncit (nightmare).




    Biji-bijian Olahan

    Kedengarannya biji-bijian adalah jenis makanan sehat untuk dikonsumsi. Namun kamu mungkin masih salah menginterpretasikannya – bahwa biji-bijian olahan (refined grain) seperti beras putih dan tepung-tepungan justru memicu berat badan menjadi naik (otomatis, perut juga menjadi buncit). Berbeda jika kamu mengonsumsi biji-bijian asli (whole grain) seperti gandum, barley dan padi yang masih memiliki kandungan vitamin, mineral, dan serat yang tinggi. Maka jika ada yang mengatakan: “Biji-bijian bikin badan cepat kurus, kok.” That means, kamu perlu memperbanyak konsumsi whole grain, bukan refined grain, ya.

    Daging Olahan

    Sama sepeti biji-bijian olahan, apapun yang sudah diolah pasti akan terdapat beberapa khasiat yang hilang. Daging olahan seperti sosis, smoke beef, dan ham mampu meningkatkan kolesterol dan tekanan darah dengan cepat. Sudah buncit, tak sehat pula.

    Es Krim

    Es krim memang menyegarkan, tetapi jangan lupa juga kalau dessert ini memiliki kandungan gula yang cukup banyak dan kalori sebanyak 150-300. Lemak akan menumpuk, salah satunya di bagian perut kamu. Ladies, can you imagine how scary is it?



    Mayonnaise

    Dressing ini selalu menjadi pelengkap makanan – serta rasanya yang sangat lezat! Sebagian dari kamu pasti sering mengonsumsi salad (agar sehat, katanya) namun tetap menggunakan dressing yakni mayonnaise. Hardly to say, kamu gagal diet, ladies. Hal ini dikarenakan mayonnaise mengandung 80% lemak! Coba bayangkan, akan seperti apa kondisi perut kamu.

    Makanan Pedas

    Makanan pedas ternyata bisa merangsang pelepasan asam lambung di dalam perut, seperti mengonsumsi makanan dengan bumbu cabai, lada, pala, dan cengkeh. Pelepasan asam lambung ini akan menyebabkan iritasi yang dapat menimbulkan pembengkakan pada lambung – or you can say, perut jadi membuncit.

    Masih mengidamkan bentuk perut yang rata? Mudah kok, kamu hanya perlu menghindari makanan yang sudah Cosmo sarankan!



    (Image: doc. Olena Kachmar©123RF.com)