Beauty

Ini Cara Menentukan Foundation Dari Warna Kulit Kamu!

  by: Astriana Gemiati       9/12/2018
  • Percampuran ras yang melahirkan warna kulit baru, bisa mengakibatkan terbatasnya ketersediaan warna yang paling tepat untuk setiap rona kulit. Apakah kamu sudah mengenali skin tones Anda? Cosmo akan membedahnya sekaligus memberikan tips untuk meraih complexion terbaik kamu!


    What’s Your Real Color?

    Rona kulit bisa ditentukan dengan ras atau keturunannya. Dari ras yang berbeda, manusia juga membawa pigmen dan melanin yang jumlahnya berbeda pula. Hal kedua tersebut akan memberikan warna bagi kulit dan rambut, serta melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh matahari. Perbedaan warna kulit bisa disebabkan oleh faktor adaptif yang berkaitan dengan geografis dan radiasi sinar ultraviolet (UV).



    Ladies, tentu kamu pernah merasakan sulitnya menentukan tipe rona produk yang tepat ketika dihadapkan oleh lima hingga enam rona makeup dasar, benar kan? Coba telusuri undertones kamu, karena ini akan menjadi kunci warna kulit dasar yang sebenarnya, sebelum memaksimalkan perawatan agar dapat tampil dengan riasan yang sempurna. 


    Ada enam tipe rona kulit berdasarkan Fitzpatrick scale. Tipe tersebut pun dapat dilihat pada Fitzpatrick skin typing test yaitu skema klasifikasi numerik untuk warna kulit manusia. Ini dikembangkan pada tahun 1975 oleh Thomas B. Fitzpatrick sebagai cara untuk memperkirakan respon dari berbagai jenis kulit terhadap sinar ultraviolet (UV). Hasilnya, Fitzpatrick mengelompokkan enam jenis rona kulit manusia, yaitu very fair, fair, medium, olive, brown, dan black.


    #1. Very Fair

    Intensitas warna putih terang cenderung pucat. Meski terkena paparan sinar matahari, kulit very fair tidak akan menggelap atau kecokelatan.


    #2. Fair

    Lebih banyak muncul di jenis kulit bangsa Cina dan Jepang, rona kulit cenderung lebih pink. Jika terkena matahari, kulit akan mudah menimbulkan freckles, bersifat sensitif, dan terkadang saja menggelap.


    #3. Medium

    Warna kulit ini umumnya adalah orang keturunan Indonesia, Indian, dan meksiko. Biasanya akan mudah berubah menjadi cokelat jika terkena paparan sinar matahari.


    #4. Olive

    Tipe ini mungkin paling menyenangkan, karena warnanya akan tetap cokelat walaupun jarang terpapar sinar matahari.


    #5. Brown or Black

    Biasanya warna kulit ini ditemukan pada bangsa India dan Afrika. Warna kulit akan selalu menggelap walau sering atau jarang terkesan sinar matahari


    BACA JUGA: 5 Foundation untuk Kulit Berminyak di Bawah 200 Ribu


    Nah, sebelum kamu menentukan shade foundation, kenali dahulu kegunaannya!


    Tinted Moisturizer

    Produk pelembap yang memiliki dan mengandung pigmen warna ringan.


    Liquid Foundation

    Mampu menghasilkan hasil akhir kulit wajah terlihat halus, tipis alami, dan jauh dari makeup heavy.


    Compact Foundation

    Teksturnya yang menyerupai bedak dan bisa digunakan sebagai touch up, foundation ini mampu menyerap minyak dan berikan hasil matte.


    BB or CC Cream

    Bisa berfungsi sebagai pelembap yang memiliki warna, juga dilengkapi dengan SPF dan formula anti aging hingga efek mencerahkan kulit.




    Foundation Brush

    Kuas ini akan memberikan Anda tampilan natural hingga medium coverage. Bisa diaplikasikan pada foundation cair atau cream.


    Beauty Blender

    Tidak hanya akan mendapatkan hasil makeup yang sempurna, spons ini juga bisa berfungsi sebagai contouring dan highlighting bahkan mampu mengoreksi makeup tebal.


    Foundation atau tools bisa dipilih dan digunakan sesuai kebutuhan Anda. Intinya foundation memiliki fungsi yang sama, yaitu memberikan coverage kulit wajah yang sempurna! 


    Find Your Shade

    Setelah berbekal tipe warna kulit dan kegunaan dari foundation, kini giliran kamu temukan rona makeup yang sesuai.


    Skin Type: Very Fair, Fair

    Skin Care: Warna kulit pucat lebih baik dibekali dengan sunscreen atau produk yang memiliki SPF 30+. Hindari produk yang memiliki bahan dasar salicylic acid dan benzoyl peroxide, karena dapat menyebabkan iritasi.

    Foundation: Pilih warna ivory yang cenderung memiliki warna merah muda.


    Skin Type: Medium

    Skin Care: Tidak perlu membutuhkan banyak SPF, cukup produk dengan tekstur berat seperti losion dalam jumlah yang banyak. Produk yang kaya akan antioksidan sangat penting untuk menjaga complexion Anda.

    Foundation: Beige dan natural merupakan tingkatan warna yang tepat. Untuk undertones, bila garis urat nadi Anda hijau, pilih warm undertone, bila terlihat ungu, pilih neutral undertone, dan bila terlihat biru, pilih cool undertone.


    Skin Type: Olive

    Skin Care: Kulit tan perlu ekstra dalam merawat kulit wajahnya dalam menghadari sinar UV. Selain produk ber-SPF, gunakan juga serum dan pelembap agar mencegah dari penuaan dini.

    Foundation: Kulit Anda yang cenderung eksotis, bisa menggunakan warna warm undertone.


    Skin Type: Brown or Black

    Skin Care: Ketika kulit memproduksi lebih cairan untuk melembapkan kulit, seketika kulit juga bisa mengalami kekeringan atau minyak berlebih. Pilih produk perawatan yang mengandung hialuronat sebagai peyeimbang.

    Foundation: Dark skin. Memang sangat jarang ditemukan di Indonesia.


    ( Image: Ivan Lattuada/IMAXtree.com )