Lifestyle

Manfaat Air Jeruk Nipis untuk Diet dan Kesehatan

  by: Kezia Calesta       8/12/2018
  • Siapa sangka bahwa buah jeruk nipis yang mungil mengandung khasiat tinggi yang sangat bermanfaat untuk tubuh? Jeruk nipis kaya akan antioksidan yang menjaga tubuh dari radikal bebas atau bahan kimia yang merusak sel. Selain itu, buah citrus ini juga mengandung potasium, vitamin A, B, C dan D, kalsium, dan magnesium. Ingin menyehatkan tubuh atau menjaga berat badan? Tambahkan saja perasan jeruk nipis ke dalam air putih, dan rasakan manfaatnya!

    1. Melancarkan saluran pencernaan

    Meminum air putih dengan jeruk nipis di pagi hari dapat membuat saluran pencernaan semakin lancar, lho. Selain zat asamnya berguna untuk memudahkan pencernaan di mulut, kandungan flavonoid juga menstimulasi zat pencernaan dalam tubuh. Bila kamu sering mengalami konstipasi, zat asam dari jeruk nipis dapat melancarkan sistem ekskresi dan menstimulasi aktivitas usus. Sering mengalami asam lambung? Minum segelas air hangat dengan dua sendok teh jeruk nipis 30 menit sebelum makan agar refluks tidak muncul.





    2. Membantu menurunkan berat badan

    Siapa yang tidak ingin tubuhnya lebih sehat? Bila kamu ingin menjaga berat badan, citric acid dalam jeruk nipis dapat menaikkan metabolisme dan membakar lebih banyak kalori. Mulailah hari dengan segelas air jeruk nipis sebelum beraktivitas, namun ingat untuk berolahraga dan makan sehat juga bila kamu ingin menjalankan gaya hidup yang lebih baik.


    3. Menurunkan kadar gula darah

    Kaya akan vitamin C, jeruk nipis baik untuk penderita diabetes. Dengan glycemic index yang rendah, buah citrus ini dapat meregulasi tubuh dan mengurangi risiko kadar gula darah naik secara berlebihan.




    4. Melawan infeksi

    Musim flu? Siapa takut! Tambahkan perasan jeruk nipis ke air putihmu sehari-hari untuk menurunkan risiko infeksi. Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat menguatkan sistem imun dan membantu tubuhmu melawan infeksi seperti pilek atau flu. Sudah terlalu merasa tidak enak badan? Jeruk nipis akan membantu tubuhmu sembuh dengan lebih cepat.



    5. Menyegarkan kulit

    Ingin menyehatkan kulit secara alami tanpa mengeluarkan uang banyak? Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, yaitu antioksidan yang membuat zat kolagen dalam kulit semakin kuat. Meminum air putih dengan sari jeruk nipis dapat menghidrasi dan meremajakan kulit, namun jangan langsung meneteskan jeruk nipis di permukaan kulit setelah terpapar sinar matahari bila tidak ingin kesakitan!


    (Image: doc. Kaspars Grinvalds©123RF.com)