Better You

8 Menu Diet yang Enak dan Sehat Pilihan Cosmo!

  by: Giovani Untari       9/12/2018
  • Diet tidak jarang diasosiasikan sebagai kegiatan yang menyiksa dan jauh dari kata menyenangkan. Menahan diri untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan berpotensi membuat berat badanmu naik (bye-bye frappuccino and burger!) memang butuh komitmen tersendiri. Tetapi nyatanya selalu ada cara untuk membuat diet kamu terasa lebih fun! Yang kamu butuhkan adalah kecermatan dalam memilih menu makanan. Kamu juga tetap bisa kok mengonsumsi makanan diet yang tasty tanpa harus berakhir membuat ukuran bajumu meningkat.

    Please have a seat, girls! Sebab Cosmo sudah menyiapkan deretan menu diet yang enak dan sehat untukmu. Dijamin hari-hari dietmu akan terasa mudah dan menyenangkan. Here we go:




    1. Avocado Shrimp Taco



    Menu diet enak pertama pilihan Cosmo adalah Avocado Shrimp Taco. Sentuhan Meksiko pada menu ini siap-siap membuat diet kamu jadi lebih berwarna. Selain tetap kenyang dengan karbohidrat yang berasal dari tortilla, penambahan alpukat dan udang mampu memenuhi nutrisi harianmu. Kandungan lemak baik pada alpukat sempurna bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Ditambah protein dalam udang juga meningkatkan energimu. Agar semakin sehat kamu juga bisa menambahkan sayur-sayuran lainnya seperti selada ataupun tomat dalam menu ini. 


    2. Lemony Pepper Grilled Salmon



    Salmon sang highlight utama dari hidangan ini memang menjadi opsi terbaik bagi kamu yang tengah diet. Kandungan berupa lemak baik pada salmon mampu menurunkan berat badan. Selain itu salmon juga tinggi protein. Agar semakin menarik, kamu bisa mengolah hidangan ini dengan cara di-grill bersama dengan perasan lemon dan lada hitam. Selain tetap menonjolkan cita rasa fresh dari salmon, kombinasi lemon dan lada hitam juga memberi hint segar yang tak terlupakan di lidahmu.


    3. Kimchi Jiggae



    Tentu selama proses diet kamu harus membatasi untuk mengonsumsi makanan dengan cara digoreng, girlsJadi utamakan makanan yang diolah dengan cara ditumis ataupun direbus ya! Pilihan Cosmo berikutnya jatuh pada hidangan khas negeri Gingseng yaitu Kimchi Jiggae. Sup kimchi ini bisa kamu tambahkan variasi isi yang menyehatkan seperti sayuran, seafood, telur, dan juga tahu. Proses memasaknya pun tidak rumit dan less fat. Ditambah kimchi sendiri dikenal sebagai salah satu makanan yang menyehatkan karena kaya serat. Jadi kata siapa diet nggak bisa makan enak?


    4. Bibimbap



    Masih dengan hidangan khas Korea berikutnya yang enak dan sehat untuk diet adalah bibimbap. Nasi campur ini memiliki keunikan tersendiri karena berisi beberapa variasi sayur penuh warna yang pastinya menyehatkan. Sayuran yang terdapat dalam bibimbap serat sehingga membuatmu kenyang lebih lama. Tetapi untuk nasi yang berada di dalamnya, kamu perlu menggantinya dengan pilihan yang lebih sehat seperti nasi merah atau nasi dengan tambahan biji-bijian ya, girls!




    5. Avocado Egg Toast



    Buah alpukat memang punya peranan yang besar dalam beberapa menu diet. Contohnya pada menu Avocado Egg Toast. Menu yang satu ini pas untuk kamu sarapan karena selain porsinya pas menu ini juga menyehatkan  (praktis tentu saja). Gunakan roti gandum agar memiliki serat yang tinggi dan membuat perut kenyang lebih lama. Lalu tinggal tambahkan sayuran seperti selada ataupun bayam di dalamnya. Jangan lupakan telur sunny side up , potongan alpukat serta keju. Enak dan Insta-worthy!


    6. Pumpkin Soup



    Look at the bright color! Di saat cuaca tidak menentu seperti saat ini, sup adalah hidangan yang paling nyaman untuk dikonsumsi dan tetap menjaga mood-mu happy. Ada banyak alternatif sup yang bisa kamu pilih, tapi Cosmo kali ini menyarankan menu Pumpkin Soup yang lezat dan gurih. Labu kuning adalah pilihan terbaik selanjutnya bagi kamu yang tengah menjalani diet. Labu kuning merupakan bahan makan rendah kalori dan tinggi serat yang mudah kamu temukan. Agar lebih kenyang kamu bisa menambahkan sunflower seed atau roti gandum sebagai pendamping menu ini. Yummy!


    7. Garlic Parmesan Kale Pasta



    "Life is a combination of magic and pasta," tukas Federico Fellini, Jadi kenapa tidak mencoba membuat pasta yang sehat dan enak? Menu diet enak berupa garlic parmesan kale pasta dijamin membuat pengalaman makanmu terasa menyenangkan. Menu ini juga efforless sebab menggunakan kombinasi bumbu yang simpel berupa bawang putih, lada, garam, pasta, keju parmesan dan kale. Agar lebih sehat gunakan olive oil ya babes!


    8.Quinoa Sushi Rolls



    Calling all sushi lovers! Menu diet enak selanjutnya pilihan Cosmo jatuh pada Quinoa Sushi Rolls. Cara pembuatnya pun sama seperti sushi umumnya, hanya saja kamu tinggal memilih alternatif yang lebih kaya serat dan rendah lemak. Kamu bisa mengombinasikan beberapa food items seperti selada, nori, alpukat, timun, dan lobak. Juga tak ketinggalan quinoa sang biji-bijian yang tinggi protein, kaya serat, dan mengandung lemak tak jenuh, mineral, dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.


    Image credits: Dean Drobot©123RF.com, Dok. Instagram @urhealthnut, @seonkyunglongest, @thedelicious, @thewholefooddiary, @livegreenhealthy.