Lifestyle

Destinasi Liburan Akhir Tahun yang Unik di Banyuwangi

  by: Redaksi       16/12/2018
  • Bosan dengan destinasi liburan lokal yang itu-itu saja? Jangan khawatir, negeri kita Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang tentu saja memiliki banyak destinasi pariwisata tersembunyi yang jarang terjamah. Kali ini Cosmo ingin membahas tentang Kabupaten Banyuwangi yang terletak di ujung timur Pulau Jawa.

    Kabupaten Banyuwangi adalah kabupaten dengan luas daerah terluas di pulau jawa, sehingga tidak heran apabila wilayah ini memiliki banyak destinasi wisata. Kabupaten yang memiliki julukan “The Sunrise of Java” ini memiliki ragam kekayaan wisata yang dapat dinikmati, dimulai dari wisata adat, pantai, kuliner, hutan, hingga gunung. Berikut tempat-tempat wisata khas Banyuwangi yang bisa kamu kunjungi akhir tahun ini:






    1. Taman Nasional Baluran

    Mencari destinasi wisata padang sabana seperti di Afrika? Tidak perlu jauh-jauh, kamu bisa dapatkan itu di Savannah Bekol di Taman Nasional Baluran. Padang rumput yang membentang luas sejauh mata memandang, dijamin bakal memberi ketenangan tersendiri. Ditambah lagi hewan-hewan yang bebas berkeliaran menambah keunikan tersendiri. Tetapi, karena wilayah cagar alam tersebut melindungi sekitar 26 spesies hewan, ada larangan untuk memberi makan dan baiknya tetap berhati-hati, ya!




    2. Kawah Ijen

    Gunung Ijen memiliki pengalaman wisata yang jarang bisa kamu temui. Kecuali di Islandia, kamu hanya bisa menikmati wisata Blue Fire di Ijen. Disebut Blue Fire karena Kawah Ijen memiliki lahar api berwarna biru yang sangat cantik dan unik. Sayang, keindahan api biru ini hanya dapat dinikmati saat dini hari. Biasanya, pengunjung memulai pendakian pada pukul 01.00 WIB dini hari. Jadi, sebelum berangkat, jangan lupa siapkan tenaga dan perbekalan, ya!






    3. Teluk Hijau

    Masih ingat akan keindahan pantai di film Leonardo DiCaprio yang berjudul The Beach? Karena keindahan pantai di Maya Bay, Thailand, sudah semakin sulit didapatkan (pemerintah setempat mulai menutup tempat ini karena kawasan tersebut semakin rusak oleh turis), kamu kini bisa berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi. Pantai Green Bay, atau lebih sering dikenal dengan nama Teluk Hijau, termasuk istimewa karena pantai ini memiliki air laut berwarna hijau di tepian kemudian membiru begitu ke tengah lautan. Pantai ini juga membelakangi hutan belantara yang lebat dan terdapat bebatuan karang besar sehingga begitu mirip dengan Maya Bay di Thailand.




    4. Hutan de Djawatan Benculuk

    Pernah berandai-andai ingin mengunjungi hutan tempat shooting ala film Lord of The Rings atau Game of Thrones di Irlandia Utara? Tidak perlu jauh-jauh dan ribet mengurus visa, kamu bisa datang ke Hutan de Djawatan Benculuk di Banyuwangi. Deretan pohon Trembesi dan Jati yang lebat serta menjulang tinggi, memberikan tambahan kesan mencekam ala film-film fantasi.


    (Thalita Cahyani / Image: Doc. blog.airyrooms.com, ChomjitC123RF.com, softlight69C123RF.com, PermanaC123RF.com, dmosregC123RF.com)