Better You

Bekas Jerawat Masih Menetap di Wajah? Ini Penyebabnya!

  by: Nadhifa Arundati       18/12/2018
  • Wahai bekas jerawat, enyahlah! Semua orang pasti merasa jengkel dengan kehadiran noda bekas jerawat – satu jerawat hilang, lalu timbul bekasnya, ugh! Sebenarnya mengapa sih bekas jerawat selalu ada di wajah? Padahal kamu berharap memiliki wajah yang mulus bak selebriti Korea. Jangan sedih, karena Cosmo akan kasih tahu kamu beberapa penyebab yang bikin bekas jerawat masih menetap di wajah. Simak!

    Jarang membersihkan wajah


    via GIPHY




    Ini menjadi komponen terpenting bagi wajah kamu, karena bakteri akan terus berkembang biak jika kamu tak rutin membersihkan wajah. Jangan malas, ladies! Kalau kamu tak membersihkan wajah, maka sisa-sisa make up dan debu yang menempel justru akan memicu timbulnya jerawat baru. Yikes!

    Sering memencet jerawat


    NOOO! Jangan pernah kamu melakukannya lagi – semakin kamu pencet, otomatis jerawat akan meninggalkan bekas. Hal ini mengakibatkan peradangan di lapisan kulit, dan memberikan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Nightmare!!!

    Wearing too much make up




    Make up memang sering menjadi prioritas bagi para perempuan – bahkan saat ingin mengunjungi mini market, kamu tetap menggunakan make up, duh! Ini dia ladies yang bikin bekas jerawat kamu sulit dihilangkan, apalagi kalau kamu terlalu berlebihan menggunakan bedak atau foundation. Sisa-sisa make up di wajah dapat menghambat proses penyembuhan bekas jerawat. Coba kamu kurangi dulu penggunaan make up, lebih baik perbanyak penggunaan skin care!

    Tidak menggunakan SPF

    Menggunakan SPF sangat penting lho bagi wajah kamu, khususnya untuk menghilangkan si bekas jerawat yang kian menetap di wajah. Sunscreen bisa melindungi zat melanin di dalam kulit wajah, maka noda hitam alias bekas jerawat dapat menghilang dan kulit jadi lebih terlindungi. Eits, jangan lupa untuk membersihkan wajah setelah menggunakan sunscreen – akan muncul masalah baru kalau kamu tak membersihkannya!

    Wajah terkena rambut yang kotor


    Cosmo tahu kalau rambut adalah mahkota. So, untuk menjaga ‘mahkota’ kamu, cobalah untuk rutin mencuci rambut (setidaknya lakukan 2 hari sekali) karena hal ini juga akan mempengaruhi bekas jerawat di wajah kamu! Mengapa bisa begitu? Yup, rambut seringkali menyentuh bagian wajah, maka kotoran yang ada di rambut dapat berpindah ke wajah (big no!) hal ini membuat bekas jerawat semakin sulit menghilang. Kalau kamu punya rambut dan wajah yang indah, semua orang pasti bakal melirik kok!

    Pola tidur yang tidak teratur

    Bergadang itu memang enggak baik buat kesehatan – salah satunya untuk penyembuhan bekas jerawat. Jam tidur kamu selalu berantakan, maka hal ini membuat sel-sel di kulit wajah tak bekerja dengan baik. Hmm... Kurangi dulu aktivitas yang bikin jam tidur kamu berantakan, ya!

    Ladies, saatnya untuk mengakui – kamu pasti sering kan melakukan hal-hal ini? Nah, coba ubah dulu pola hidup kamu kalau memang ingin memiliki wajah yang mulus. Stop complaining, it’s time for you to change!
        
    (Image: Dok. Roman Iegoshyn©123RF.com, GIPHY.com)