Lifestyle

Cara Alami Mengatasi Sakit Maag Kambuh

  by: Kezia Calesta       20/12/2018
  • Sakit maag sering kambuh akibat pola makan yang tidak teratur atau diet yang tidak sehat? Jangan meremehkan sakit maag, karena lambung dan perut kamu dapat mengalami masalah serius akibat maag yang tidak ditangani.


    Gejala-gejala awal seperti mual ketika makan dan naiknya asam lambung mungkin terkesan harmless, namun jika dibiarkan, maag akut dapat mengakibatkan nyeri perut, muntah secara terus menerus, tinja berdarah, hingga muntah darah. Duh, seram ya! Maka dari itu, cegahlah penyakit maag dengan 5 tips berikut ini sebelum terlambat.




    1. Hindari makanan yang sulit dicerna dan makanan bersifat asam.

    Saatnya mengurangi konsumsi makanan yang digoreng, berlemak, berminyak dan pedas. Makanan yang bersifat asam seperti makanan bertepung dan diproses juga tidak baik, lho. Kurangi konsumsi makanan tersebut untuk mengurangi gejala maag, dan berikan waktu agar perut dan lambungmu dapat sembuh.


    2. Makan lebih sering dengan porsi yang lebih kecil.

    Bila kamu sering mengalami masalah pencernaan, makanlah sebanyak 5-6 kali sehari dengan porsi yang kecil agar perut kamu selalu terisi. Ingat, makan pada tepat waktu juga agar kamu tidak terkena asam lambung, ya. Never skip a meal!


    3. Minimalisir konsumsi kopi, soda, dan alkohol.

    Bila kamu sering mengalami sakit maag, hindari kopi, soda, dan alkohol karena kandungan dan kadar asam di dalam kedua cairan tersebut dapat melemahkan lendir pelindung yang melapisi perut kamu. Kondisi tersebut akan membuat sakit maag semakin parah!




    4. Berhenti merokok.

    Siapa bilang rokok hanya dapat mempengaruhi paru-paru saja? Selain alkohol, rokok juga bisa meningkatkan produksi zat asam dalam perut yang memperlambat pulihnya perut. Also, merokok juga menaikkan risiko terkena kanker perut.


    5. Kendalikan stres.

    Apakah kamu tahu bahwa stres dapat meningkatkan produksi kadar asam dalam perut? Stres juga menyebabkan syaraf mengeluarkan hormon berlebih sehingga mengganggu kinerja lambung. Saatnya berolahraga dan melakukan berbagai kegiatan santai seperti meditasi atau yoga untuk menurunkan kadar stres. Girls, menjalankan diet yang sehat dengan meningkatkan konsumsi sayuran dan buah juga akan membuat tubuhmu merasa lebih baik!


    (Image: doc. citalliance©123RF.com)