Love & Sex

5 Manfaat Rebound Love yang Mengejutkan!

  by: Giovani Untari       22/12/2018
  • Apa yang  kamu pikirkan tentang rebound love? Sebuah kisah cinta berbalut pelarian dan nafsu belaka? Well, we found all the twist! Bagaimana jika tipe hubungan ini ternyata punya banyak benefit dalam hidup kamu? 

    Jelas ada beberapa hal yang sebenarnya tidak bisa dikontrol manusia. Pertama, misalnya: keinginan untuk membeli sederetan new item yang ada di Sephora (okay actually we can, but errr we won’t). Contoh kedua, cuaca yang tiba-tiba berubah super sunny setelah kamu tampil menggunakan coat ke tempat meeting. Terakhir bertemu dengan another hot guy dan akhirnya membuat kamu kembali menjalin hubungan baru setelah berpisah dengan mantan pasangan kamu. Sebuah bagian dari contoh relationship yang membuat tanda tanya tersendiri: “Are you in rebound love?”


    HAVE YOU EVER BEEN IN REBOUND LOVE?

    Well, sebenarnya tidak ada yang salah dengan rebound love. Toh sama seperti halnya sembuh dari sakit (yang dalam terms relationship adalah sakit hati), setiap orang jelas punya waktu dan cara recovery yang berbeda pula. Lagi pula, tidak ada larangan untuk segera jatuh cinta lagi bukan? Plus, ketimbang sibuk tenggelam dengan masa lalu dan sulit move on, menemukan orang baru untuk menjalin hubungan sama artinya dengan membuka kesempatan baru. “Kecepatan pasangan dalam memulai hubungan kerap dikaitkan dengan kesehatan psikologis dan relasional yang lebih besar. Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa hubungan rebound love mungkin lebih bermanfaat daripada yang biasanya diyakini,“ tutur sebuah studi empirikal yang dikemukan oleh jurnal Claudia C. Brumbaugh dan R. Chris Fraley.






    TRUTHFUL BENEFITS


    1. BYE BYE EX BOYFRIEND

    Hmmm.. sebagian dari kamu pastinya masih kerap stalking mantan pasangan, entah melalui media sosial atau sekadar menanyakan kabar sang EX pada orang teman lain. Sadar atau tidak, hal tersebut akhirnya menjadi sebuah habit yang sulit dilepaskan dalam hidup kamu. Nah, rebound love sebenarnya secara tidak langsung menjauhkan kamu dari segala bad habit dan memori buruk dengan mantan. Hadirnya partner baru dalam hidup bisa menjadi distraksi yang baik dan membuat kamu melupakan apa yang terjadi pada masa lalu. Let’s close the door behind you!


    2. FEEL HAPPIER, MORE CONFIDENT

    Bring back your self esteem, girls! Tak selamanya rebound love selalu berakhir negatif. “Berada dalam sebuah hubungan dan menemukan seorang teman berbagi akan memacumu untuk tumbuh menjadi pribadi yang bahagia dan percaya diri,” tutur Julie de Azevedo Hanks seorang terapis dan penulis buku bertema relationship.




    3. BE A BETTER MATE

    “Meski breakup adalah hal yang biasa terjadi dalam sebuah hubungan, tetapi jelas ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dari hubungan sebelumnya agar tidak terulang dalam hubungan sekarang,” ujar Darya L. Zabelina, seorang psikolog eksperimental. Hadirnya orang baru di hidupmu saat ini kian mempermudah untuk letting go dan lebih rileks. Semua yang terjadi pada hubungan sebelumnya bisa dijadikan pelajaran baru dan refleksi untuk jadi a better person (and couple).


    4. MEET THE NEW PLEASURE

    Time to fly again, girls! Bersama dengan pasangan baru saat ini, saatnya siap memulai kembali segala perjalanan seksual yang menarik. Terutama sexual things yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Kissing or a rebound make-out session? You can have both! “Pada dasarnya tidak ada hal yang membuat wanita merasa terlahir kembali dibanding sebuah tantangan baru,” tambah MJ Acharya, founder BrokenHeartedGirl.com. Big agree!


    5. MAYBE THIS IS THE WAY TO FIND A TRUE LOVE

    Tidak ada yang bisa mendeteksi, kapan dan siapa jodoh kamu tiba dalam hidup. Jika kamu gagal dalam hubungan sebelumnya, siapa tahu pasangan rebound love kamu adalah the one yang selama ini kamu tunggu dalam hidup. Luangkan waktu dan bukalah kesempatan sebisa yang kamu lakukan untuk mengenalnya, because that’s the best way to feel all the love!


    Images: Dok. Freepik.com.