Beauty

Ini Bedanya Toner dengan Essence

  by: Kissy Aprilia       23/12/2018
  • Penggemar produk kecantikan Korea tentu sudah tidak asing dengan jenis skincare toner dan essence. Keduanya memiliki tekstur yang sama berupa cairan, sehingga seringkali menimbulkan kesalahpahaman. Apakah kamu salah satu dari yang masih belum memahami perbedaan fungsi dan manfaat dari produk tersebut? Cosmo punya jawabannya!


    Toner

    Toner adalah rutinitas terpenting yang harus kamu lakukan setelah membersihkan wajah. Ketika kamu menggunakan produk facial cleanser, kulit mengalami ketidakseimbangan pH dan memicu sejumlah permasalahan. Selain itu, facial cleanser juga mengangkat lapisan minyak alami sehingga kulit terasa lebih kering.




    Sementara itu, produk toner berfungsi dan bekerja mengembalikan keseimbangan pH dan meningkatkan vitalitas kulit. Karena itulah, kamu harus mengaplikasikannya sebelum menggunakan rangkaian skincare yang lain. Kandungan asam yang terdapat di dalam toner juga memudahkan formula skincare lainnya untuk menyerap lebih maksimal ke dalam kulit. Saran Cosmo, pilih toner yang kaya antioksidan, micro-exfoliator, dan kandungan bernutrisi sesuai kebutuhan kulit kamu, girls!


    Essence

    Produk essence yang berkualitas memiliki kandungan untuk meningkatkan hidrasi, menutrisi, sekaligus mencerahkan kulit. Boleh dikatakan, essence adalah vitamin harian yang wajib dikonsumsi sebelum kamu menggunakan pelembap, serum, atau riasan wajah. Produk ini juga mampu mengikat molekul air di dalam kulit sehingga wajah kamu benar-benar terhindar dari kekeringan sepanjang hari.




    Setelah yakin kulit kamu bersih dan pH sudah kembali normal, kamu dapat memulai rutinitas perawatan dengan produk essence. Para perempuan Asia punya teknik khusus yang dianggap efektif untuk mengaplikasikan essence, yaitu dengan menghangatkan telapak tangan terlebih dulu. Setelah itu, tepuk-tepuk kulit wajah agar kandungan essence menyerap maksimal.


    (Image: Daria Shevtsova ©Pexels.com)