Better You

7 Cara Mudah Agar Berat Badan Tidak Naik Selama Liburan!

  by: Giovani Untari       26/12/2018

  • Girls, kemana kamu menghabiskan liburan akhir tahunmu kali ini? Berlibur ke tempat relaxing? Atau merasakan serunya winter di luar negeri? Apapun opsi liburan kamu, satu hal yang patut kamu waspadai selama musim liburan menyapa adalah : kenaikan berat badan. Ingin berat badan idealmu tetap terjaga selama liburan, girls? Cosmo sudah mempersiapkan sejumlah tips-nya berikut ini:


    1. Usahakan tetap bergerak selama liburan


    via GIPHY




    Cosmo pun paham banget betapa menyenangkannya berada di atas kasur yang nyaman sembari marathon menyaksikan K-Drama kesayanganmu (lengkap dengan segelas es cokelat plus cookies). Tetapi ada iknya agar kamu tetap bergerak selama liburan. Kamu bisa mencoba dengan berjalan kaki misalnya selama 30 menit setiap harinya atau tetap mengikuti kelas gym kesayanganmu. Hal ini akan membantu tubuh tetap membakar kalori dan menjaga metabolismenya.


    2. Menghindari karbohidrat di malam hari

    Liburan kamu tetap terasa menyenangkan dan bisa makan apapun kok, girls! Tetapi sebisa mungkin sebaiknya kamu menghindari karbohidrat di malam hari ya. Sebaiknya pilih makanan yang tinggi serat, protein, dan kalsium agar berat badanmu tetap stabil. 


    3. Pilih makanan dalam porsi kecil



    Kamu pun bisa kok tetap memiliki berat badan ideal selama liburan ini. Caranya adalah pilihlah makanan dalam porsi yang lebih kecil. Hal ini bertujuan untuk membatasi tubuh mengonsumsi banyak kalori yang dapat berimbas pada kenaikan berat badanmu. Atau tidak ada salahnya kok memilih porsi sharing bersama teman.


    4. Konsumsi jus detoks

    We love juice, right? Nah ada pilihan selanjutnya yang tetap menyenangkan untuk menjaga berat badanmu selama liburan lho! Di antaranya mengonsumsi jus detoks. Jus ini mampu “membersihkan” tubuhmu sehingga mampu membuat badan terasa lebih fit, kulit lebih bersih serta tubuh tetap slim. Kamu bisa memilih beberapa menu jus detoks seperti kombinasi apel, seledri, dan mentimun. Serta apel, nanas, juga jahe yang tak kalah menyehatkan.


    5. Sebaiknya pilih alkohol berwarna clear

    via GIPHY




    Liburan belum lengkap tanpa adanya party, bukan? Agar berat badanmu tetap stabil sebaiknya kamu memilih mengonsumsi alkohol berwarna clear seperti vodka, white rum, juga tequila. Alasannya cukup sederhana, alkohol berwarna bening memiliki kandungan kalori yang lebih rendah ketimbang alkohol dengan warna dark.


    6. Bawa beberapa snack sehat

    Selalu ada jalan menuju Roma, termasuk jalan menuju berat badan yang ideal. Jika kamu masih ragu atas apa yang akan kamu konsumsi selama liburan terutama jika kamu hendak pergi ke suatu tempat baru, maka sebaiknya kamu menyiapkan beberapa snack sehat sebagai persiapan. Kamu bisa membawa kacang almond, granola, homemade pop corn, dark chocolate, juga pistachio ke dalam tasmu.


    7. Jangan lupa minum air putih!



    Tips terakhir adalah jangan sampai melupakan air putih. Air putih menjaga tubuhmu tetap terhidrasi selama liburan. Kebanyakan dari kita tidak sadar sedang mengalami dehidrasi dan berakhir dengan rasa lapar yang berlebihan. Another fabulous tips: kamu bisa mengonsumsi segelas air putih sebelum makan agar mencegah tubuh makan terlalu banyak dari seharusnya. Try it!


    Images: Dok. Freepik.com, Giphy.com