Beauty

Jerawat Muncul Lagi? Ini 7 Alasan Mengejutkan Di Baliknya

  by: Kezia Calesta       27/12/2018
  • Apakah jerawat kerap muncul meski kamu merasa sudah merawat wajah dengan baik? Ada banyak faktor di luar skincare dan penggunaan makeup yang bisa mengakibatkan timbulnya jerawat, lho. Berikut adalah 7 faktor mengejutkan yang bisa menjadi alasan di balik jerawatmu yang terus kembali!





    1. Masalah pencernaan

    Siapa sangka bahwa saluran pencernaan yang tidak lancar bisa menyebabkan timbulnya jerawat? Pencernaan yang lancar penting untuk kecantikan kulit karena aktivitas BAB membantu tubuhmu mengeluarkan toksin dari tubuh. Saat kamu jarang mengkonsumsi makanan yang kaya serat, BAB pun menjadi tidak lancar dan toksin yang terkumpul dalam tubuh akan memberikan dampak buruk terhadap kulit dan menimbulkan jerawat. Tambahkan makanan berserat ke dietmu dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran, havermut, flax seed, dan air putih untuk tubuh dan kulit yang lebih sehat.


    2. Terlalu sering membilas wajah

    Membilas wajah dengan sabun pada pagi hari dan sebelum tidur memang esensial untuk kebersihan kulit. But did you know, terlalu sering membilas wajah juga bisa menimbulkan iritasi? Mencuci wajah secara berlebihan dapat mengganggu level pH dan membuat wajah lebih mudah diserang bakteri. So, don’t overdo it!




    3. Hormon stres

    Banyak masalah di tempat kerja atau di rumah? Stres yang kamu alami dapat mengganggu keseimbangan hormon dengan meningkatkan level androgen dalam darah dan menahan kegiatan sistem imun. Sistem imun yang bekerja secara lambat akan sulit melawan bakteri, dan hal tersebut akan mengakibatkan jerawat. So, lakukanlah berbagai aktivitas untuk menenangkan pikiran seperti spa dan maraton serial komedi favoritmu!


    4. Merokok

    Setiap kali kamu merokok, kamu menurunkan kadar oksigen yang masuk ke kulit wajah. Merokok tidak hanya menaikkan risiko kanker, tetapi rokok juga menurunkan kuantitas kolagen dan elastin dari wajah yang membuat pori-pori membesar dan menambahkan garis halus pada wajah. Ditambah lagi, kandungan carcinogen dalam asap rokok dapat mengiritasi dan mengeringkan kulit dan mengakibatkan wajah berminyak dan berjerawat. Solusinya? Berhenti merokok. Tubuhmu akan menjadi lebih sehat, dan kulitmu juga akan menjadi lebih cerah.






    5. Bekerja di kantor

    Vitamin D sangat penting untuk kesehatan kulit. Kulitmu membutuhkan vitamin D dari sinar matahari, maka bila kamu menghabiskan waktu setiap hari di dalam kantor, kamu tidak akan mendapat sinar UV yang dibutuhkan. Maka itu, luangkan 10-15 menit setiap hari pada jam makan siang untuk menginjakkan kaki ke luar kantor dan menghirup udara segar, dan hindari tempat duduk di dekat AC karena kulitmu akan mudah dehidrasi. Gunakan moisturizer wajah dan minumlah segelas air putih setiap jam!


    6. Terlalu sering menggunakan scrub

    Apakah kamu pikir menggosok wajah dengan scrub setiap hari dapat membuat wajah semakin mulus? Salah! Jika menggunakan facial scrub secara berlebihan, wajahmu yang berjerawat dapat bertambah parah… karena saat menggosok jerawat, kamu akan menarik bakteri dari jerawat tersebut sepanjang wajahmu. Akibatnya, jerawat lainnya akan muncul! No, thanks. Untuk menghindari hal tersebut, bilas wajahmu dengan lembut menggunakan sabun anti-bakteri yang aman untuk kulit sensitif.




    7. Alergi makanan

    Apakah kamu tahu bahwa alergi makanan bisa mengakibatkan jerawat? Setiap orang memiliki alergi makanan yang berbeda – ada yang alergi terhadap makanan pedas, kacang-kacangan, produk yang mengandung susu, roti, dan lain-lain. Bila kamu tidak memiliki alergi makanan apapun, consider yourself lucky! Namun jika kamu alergi terhadap satu jenis makanan, kamu akan menemukan jerawat bermata putih (whiteheads) atau ruam merah di daerah dagu dan mulut. Nah, coba hindari makanan tersebut selama satu bulan untuk melihat dampaknya. Jika jerawat hilang, itu artinya tubuh kamu alergi terhadap makanan tersebut!


    (Image: doc. Designed by Yanalya / freepik.com)