Lifestyle

8 Makanan Terbaik untuk Kulit Wajah Berminyak

  by: Kezia Calesta       29/12/2018
  • Apakah kulit wajah yang mudah berminyak membuat kamu gak pede? Terkadang skincare dan makeup tidak cukup, karena kamu juga perlu merawat kulit dari dalam dengan diet yang lebih sehat. Berikut adalah 8 makanan terbaik untuk tipe kulit wajah yang berminyak.


    1. Gandum Utuh

    Saat kamu mengurangi konsumsi karbohidrat dan memperbanyak konsumsi gandum utuh, tekstur kulit akan menjadi semakin halus dan cerah. Maka dari itu, roti gandum merupakan pilihan yang lebih sehat ketimbang roti tawar! Makanan yang tinggi akan serat seperti havermut, roti gandum dan nasi merah dapat mengurangi toksin dari tubuh dan menyehatkan kulit. Serat juga efektif dalam melancarkan pencernaan dan mengurangi masalah kulit.




    2. Timun

    Timun mengandung kadar air yang cukup tinggi: setiap 100 gram timun mengandung sekitar 95 gram air yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan membuang toksin. Selain dapat melawan inflamasi, timun juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kecantikan kulit dan mengurangi jerawat.


    3. Kacang-Kacangan

    Yes, kacang-kacangan juga kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan kulit. Kacang juga memiliki kandungan anti-inflamasi yang memperbaiki tekstur kulit, namun ingat untuk tidak mengkonsumsi kacang secara berlebihan karena aksi tersebut malah akan membuat kondisi kulit semakin parah. 


    4. Pisang

    Buah pisang mengandung vitamin E, fosfat dan potasium yang meningkatkan kesehatan kulit. Pisang juga dapat membantu detoks, lho – makanlah satu buah pisang setiap hari untuk mengecilkan pori-pori wajah.


    5. Air Kelapa

    Coconut water adalah minuman alami yang baik untuk hidrasi kulit! Selain menjaga kebersihan kulit dan mencegah jerawat, air kelapa juga merupakan sumber vitamin C, riboflavin, kalsium, dan mineral baik seperti magnesium, potasium, dan manganese.




    6. Buah Citrus

    Buah citrus seperti jeruk dan lemon tidak hanya mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kulit, tetapi juga mendukung detoks yang membuang minyak berlebih dari kulit. Citric acid yang terkandung dalam buah citrus juga bisa mengeringkan jerawat dan memperbaiki tekstur kulit, sedangkan lemon dapat membuang toksin dari tubuh. Minumlah air hangat dengan perasan lemon setiap pagi untuk menyingkirkan toksin dari tubuh, menyegarkan kulit dari dalam, menyembuhkan jerawat, meminimalisir infeksi kulit, dan meregulasi produksi minyak. Wow!


    7. Alpukat

    Selain pisang, buah alpukat (atau avokad) juga sangat baik untuk kecantikan kulit. Buah yang lezat ini mengandung asam lemak yang baik untuk kulit dan mencegah keluarnya minyak berlebihan dari pori-pori wajah. Alpukat juga merupakan sumber antioksidan carotenoid yang dapat mengencangkan kulit dan memperbaiki skin tone. Amazing!


    8. Sayuran Hijau

    Sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan kale tidak mengandung minyak namun sangat kaya akan serat. So, sayur-sayuran tersebut dapat membersihkan kulit dan meregulasi produksi minyak! Bayam mengandung kadar air tinggi yang dapat menjaga hidrasi kulit, sedangkan brokoli merupakan superfood yang mengandung vitamin C, magnesium dan vitamin A yang mencegah terhambatnya pori-pori kulit. 


    (Image: doc. freepik.com)