Love & Sex

Lakukan 4 Cara Ini Untuk Keluar Dari Toxic Relationship!

  by: Fariza Rahmadinna       2/12/2019
  • Pernah dengar istilah toxic relationship? Atau justru kamu sedang terjebak dalam toxic relationship? Truth is, kebanyakan orang tidak sadar, lho, kalau dirinya sedang terperangkap ke dalam hubungan tidak sehat. Namun sebenarnya, apa sih, toxic relationship itu? Dikutip dari HealthScope, toxic relationship adalah hubungan tidak sehat yang dapat menyakiti pasangan, baik secara fisik maupun mental. Di sisi lain, hubungan yang tidak sehat adalah hubungan yang bisa saling menghormati pasangan satu sama lain. 

    Untuk kamu yang sedang bertanya-tanya apa status hubunganmu saat ini – dan penasaran apakah saat ini kamu sedang terjebak dalam hubungan yang tidak sehat – lihat tanda-tanda hubungan yang tidak sehat berikut ini. 

    1. Sering Bertengkar

    Rasanya tidak ada satu hari pun terlewatkan tanpa bertengkar dengan pasangan, bahkan untuk hal-hal yang sepele, seperti soal makanan, film, kebiasaan, tempat wisata yang ingin dikunjungi, dan masih banyak lagi. Berbeda pendapat dengan pasangan adalah hal yang wajar, namun jika perbedaan pendapat membuat kalian sering bertengkar tanpa menemukan adanya solusi bersama, bisa jadi saat ini kamu sedang terjebak dalam toxic relationship




    2. Menjauhkan Kamu dari Sahabat

    Si dia selalu mengontrol ke mana kamu pergi? Juga dengan siapa kamu pergi? Memang, hal ini menunjukkan bahwa si dia peduli, namun bisa berarti si dia juga terlalu posesif, lho! Kalau menurutmu si dia sudah berlebihan dan membuatmu kurang nyaman, mungkin sudah saatnya kamu berpikir ulang soal hubungan cinta kalian. Pasangan yang baik adalah pasangan yang tidak menjauhkan kamu dari teman-teman atau orang-orang terdekatmu. Untuk kamu yang saat ini merasa semakin jauh dengan the girls, bisa jadi hubungan cintamu saat ini sedang tidak sehat


    3. Tidak Ada Komunikasi

    Selain kasih sayang, cinta dan perhatian, kunci untuk sebuah hubungan yang sehat adalah komunikasi. Yes, dear, berbicara dari hati ke hati merupakan poin yang penting dalam sebuah hubungan, terlepas dari sejauh apa jarak antara kalian berdua. Si dia tak memberi kabar soal apa yang mengganggunya belakangan ini? Atau si dia tak memberi kabar bahwa proyek yang ia kerjakan akhirnya berjalan dengan baik? Hmm, mungkin ini saatnya kamu berpikir ulang mengenai hubungan kalian.


    4. Selalu Salah

    Dalam sebuah hubungan, wajar jika kamu melakukan kesalahan. Karena sebagai pasangan, kamu mungkin tidak sempurna. Namun bukan berarti kamu-lah yang terus-menerus disalahkan setiap kali terjadi sesuatu dalam hubungan kalian. Saling menyalahkan dalam hubungan bukanlah bentuk komunikasi yang sehat. Menerima dan melengkapi satu sama lain adalah salah satu kunci dari hubungan yang sehat. Jika kamu tidak merasakannya, bisa jadi hubungan ini bukanlah yang baik untuk dirimu, dear!


    Baca Juga : Tanda Kalau Kamu Sedang Menjalani Toxic Relationship


    Sudah baca tanda-tanda di atas? Kalau ada dua dari empat tanda tersebut terjadi padamu saat ini, sudah saatnya kamu berpikir ulang mengenai hubunganmu. Butuh jalan keluarnya? Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari hubungan yang tidak sehat ini.




    1. Kenali Tandanya

    Jangan menutup mata atau berusaha untuk meyakinkan diri bahwa hubungan kalian baik-baik saja. If it doesn’t work, admit it! Dibanding kamu menyesal karena “membutakan” diri terhadap keadaan yang ada, lebih baik akhiri sekarang selagi bisa.


    2. Get Some Help

    Cosmo mengerti, memutuskan hubungan memang bukan sebuah keputusan yang mudah. Tapi tahukah kamu bahwa pikiran dan perasaanmu-lah yang membuat segalanya menjadi semakin sulit. Kalau kamu butuh saran, jangan ragu untuk meminta bantuan dari orang terdekat atau tenaga profesional.


    Baca Juga: Menurut Ahli, Ini 6 Tanda Kamu Ada Dalam Toxic Relationship


    3. Fokus Pada Diri Sendiri

    Love yourself first! Percayalah, sebelum kamu bisa mencintai orang lain, kamu harus mencintai diri kamu sendiri dulu. Kalau kamu sudah bisa menerima dirimu apa adanya, kamu akan tahu seberapa berharganya dirimu, dan biasanya kamu tidak akan membiarkan orang lain memperlakukanmu dengan tidak adil. Remember, tell yourself that you deserve better and move on, babes!


    4. Lakukan Kegiatan Positif

    Toxic relationship memang bisa terasa melelahkan, baik untuk fisik maupun mental. Jadi, untuk bisa sedikit bernapas, tidak ada salahnya kamu mengisi hari-hari dengan kegiatan yang positif. Semisal, buat rencana untuk berkumpul bersama sahabat, atau ajak keluarga untuk berlibur untuk mengembalikan energi positif dari dalam diri kamu. Selamat move on, dear!


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Manuel Meurisse on Unsplash)