Better You

Opps! Ini 4 Faktor Penyebab Vagina Kamu Sering Terasa Gatal!

  by: Giovani Untari       1/12/2019
  • Sama seperti tumbuhnya jerawat di area Miss Cheerful, rasa gatal juga jelas masuk ke dalam list permasalahan bagi para perempuan. Kadar intensitas gatal yang unpredictable di area kewanitaan tak jarang membuat aktivitas kita terganggu. Terlebih, Miss Cheerful merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sensitif hingga terkadang rasa gatal semakin terasa. Apa saja penyebab serta cara mengatasi rasa gatal yang tepat? 


    1. Infeksi Jamur

    Penyebab pertama rasa gatal di area Miss Cheerful salah satunya datang dari infeksi jamur. Umumnya ini terjadi karena kelembapan di organ kewanitaan yang meningkat sehingga jamur tumbuh dan menimbulkan sensasi gatal. "Jamur akan tumbuh di area yang lembap terutama bila sirkulasi udara di area kewanitaan berkurang. Bila rasa gatal yang kamu alami tidak kunjung hilang atau justru semakin bertambah, ini adalah indikasi infeksi jamur," jelas dr. Dinda Derdameisya, SpOG, merupakan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan di Brawijaya Hospital Antasari.




    2. Bacterial Vaginosis

    Tidak hanya jamur, rasa gatal di Miss Cheerful juga bisa datang karena adanya bakteri! Infeksi bakteri yang sering terdeteksi saat pemeriksaan organ kewanitaan disebut bacterial vaginosis. "Gejala umum dari bacterial vaginosis ditandai dengan munculnya keputihan juga rasa basah yang membuat Miss Cheerful tidak nyaman. Karena merasa basah, pasien biasanya memilih menggunakan pantyliner agar underwear-nya kering. Namun pemakaian pantyliners justru semakin menghambat sirkulasi udara sehingga area kewanitaan lembap dan menjadi area tumbuhnya jamur yang menyebabkan rasa gatal," jelas dokter Dinda. A good news, bacterial vaginosis sebenarnya tidak berbahaya apabila ditangani secara cepat.




    3. Alergi

    "Biasanya rasa gatal juga terjadi karena masalah dermatitis seperti alergi. Faktor pemicunya bisa datang dari alergi bahan wax setelah kamu melakukan waxing. Ada pula alergi yang ditimbulkan karena beberapa material yang langsung bersentuhan dengan area kewanitaan misalnya: pembalut, sabun pembersih area kewanitaan, dan latex kondom," tambah dr. Dinda Derdameisya, SpOG.


    4. Waxing dan Shaving

    Bikini waxing? Brazilian waxing? Atau shaving? Apapun pilihan metode menghilangkan bulu pada Miss Cheerful, tindakan ini juga menjadi pemicu rasa gatal. Itu karena saat waxing dan shaving tidak hanya sekadar proses menghilangkan bulu, tetapi juga menggerus area pemukaan kulit di atasnya. Bagi para pemilik kulit sensitif hal ini dapat menimbulkan efek gatal, kemerahan, dan sensasi terbakar. 


    BEAT IT LIKE A PRO!

    dr. Dinda Derdameisya, SpOG memberi kita semua sejumlah (pro) tips untuk mengurangi dan mencegah rasa gatal di area kewanitaan. Bye-bye itchy!




    1. Jaga Miss Cheerful dalam Keadaan Kering

    Daerah Miss Cheerful yang lembap adalah area terbaik bagi jamur berkembang dan menimbulkan rasa gatal. Jaga agar Miss Cheerful selalu kering setelah buang air kecil dan besar. Serta ganti underwear kamu setiap tiga jam. Pilih underwear berbahan katun yang membuat Miss Cheerful tetap "bernapas".


    2. Hindari Pantyliners



    Pantyliners yang digunakan setiap hari ternyata menjadi salah satu penyebab sirkulasi udara di area Miss Cheerful terhambat. Jadi ada baiknya untuk menghindari menggunakan pantyliners terlalu sering.


    3. Basuh dengan Air dan Sabun Khusus Kewanitaan

    "Merawat kebersihan area kewanitaan jelas penting. Saat merasa gatal, tidak ada salahnya membersihkan vagina dengan sabun khusus. Penggunaan sabun khusus kewanitaan masih diperbolehkan, tetapi batasi hanya dua kali dalam seminggu," jelas dr. Dinda.


    4. Konsultasikan ke Dokter

    Seluruh poin di atas telah kamu lakukan, namun Miss Cheerful masih terasa gatal? Mungkin kamu membutuhkan pemeriksaan medis untuk mengatasinya, “Bila dari seluruh poin di atas telah dilakukan dan gatal masih terus berlangsung dalam kurun waktu tiga hari, segera periksakan ke dokter," tutup dr. Dinda Derdameisya, SpOG.


    (Giovani Untari / Images: Dok. Unsplash.com, Tenor.com)