Beauty

8 Manfaat Alami Safron untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

  by: Alexander Kusumapradja       4/12/2019
  • Disebut sebagai salah satu rempah-rempah termahal di dunia, safron yang juga dikenal dengan nama kuma-kuma dicari banyak orang karena memiliki segudang manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Safron sendiri berasal dari putik bunga Crocus sativus (bunga pacar) yang dikeringkan dan telah digunakan sebagai bumbu masakan, bahan pewarna, bahan pengobatan tradisional, hingga untuk produk kecantikan dari zaman dahulu hingga sekarang. Safron bermanfaat bagi kulit karena mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang mampu melembapkan kulit, anti-peradangan, anti-jamur, dan kandungan potassium yang membantu regenerasi sel kulit.




    Apa saja manfaat kecantikan dari safron? Kita lihat bareng-bareng ya!


    1. Melawan jerawat.

    Punya khasiat anti-bakteri dan anti peradangan, safron dikenal sebagai bahan alami untuk mengobati jerawat serta mencegah breakout yang lebih parah. Cara memanfaatkan safron untuk kulit bebas jerawat adalah dengan merendam campuran 5-6 daun basil segar dengan 10 helai safron di air jernih, lalu tumbuk sampai menjadi krim dan gunakan di kulit yang terkena jerawat.


    2. Menghambat pigmentasi.

    Noda gelap, pigmentasi, kulit belang, dan masalah rona wajah lainnya bisa diatasi dengan safron. Rendam beberapa helai safron di air jernih, tambahkan dua sendok makan kunyit lalu olah mereka menjadi krim yang kamu pakai di area kulit yang terkena masalah.


    3. Mengobati bekas luka.

    Bekas luka di wajah memang membuat tidak percaya diri, dan safron bisa membantu mengatasi masalah tersebut karena punya khasiat mempercepat proses pemulihan kulit dan mempercerah kulit yang luka tersebut. Campur dua sendok teh safron ke air lalu ditumbuk hingga menjadi krim dan tambahkan beberapa tetes minyak kelapa sebelum digunakan langsung pada bekas luka di kulit. Pemakaian secara teratur akan mempercepat proses pemulihan luka dan membantu menyamarkan bekas lukanya.

    via GIPHY



    4. Menjaga kulit tetap bersinar.

    Polusi, cuaca, dan faktor eksternal lainnya dapat membuat kulit wajah terlihat kusam dan kehilangan rona alaminya. Riset menunjukkan bahwa safron dapat berperan sebagai agen penyerap sinar UV alami karena mengandung beberapa flavonoid seperti kaempherol dan quercetin. Pemakaian krim safron secara teratur dapat membantu kulit wajah tetap terlihat hidup dan segar. Caranya adalah dengan merendam safron ke setengah gelas susu mentah dan gunakan krim tersebut ke wajah setiap malam sebelum tidur.


    5. Mempercerah kulit wajah.

    Safron banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dalam produk pencerah kulit. Sejak masa lampau, khasiat pencerah kulit pada safron juga yang membuatnya diincar banyak orang hingga harganya mahal. Ambil beberapa helai safron untuk ditumbuk lalu tambahkan dua sendok bubuk kayu cendana dan air mawar hingga berbentuk krim. Pakai krim tersebut secara teratur untuk wajah lebih cerah.


    6. Menghilangkan bekas terbakar matahari.

    Khasiat mencerahkan dan mendinginkan kulit pada safron membuatnya ampuh sebagai penghilang efek kulit terbakar matahari. Campurkan beberapa helai safron yang sudah direndam susu murni dapat menjadi lotion alami bagi kulit yang lebih sehat dan cerah.

    via GIPHY


    7. Toner kulit alami.

    Safron juga dapat digunakan sebagai skin toner alami dengan efek menutrisi dan melembapkan kulit. Tambahkan beberapa helai safron ke dalam air mawar untuk membuat toner kulit alami secara instan dan memberikan kesan awet muda pada wajah.


    8. Menjaga kesehatan rambut.

    Kaya akan antioksidan, safron dapat membantu menutrisi rambut dan membuatnya tetap sehat berkilau. Kamu bisa menambahkan beberapa helai safron ke dalam minyak rambut favoritmu, hangatkan sebentar, lalu pijatkan dengan lembut ke kulit kepala secara teratur untuk mendapatkan kulit kepala yang sehat serta rambut yang lebih kuat.


    (Alex.K/Image: Mohammad Amiri on Unsplash)