Love & Sex

12 Pertanyaan Menarik untuk Mengenal Karakter Calon Pasangan

  by: Kezia Calesta       4/12/2019
  • Yes, masa perkenalan memang merupakan salah satu bagian paling seru dalam sebuah hubungan baru... namun ada saja orang yang melewati tahun demi tahun bersama pasangannya tanpa mengenalinya secara dalam. Bila kamu ingin mencari tahu lebih banyak tentang sang gebetan atau mengenal pasangan kamu secara lebih intens, berikut adalah 12 pertanyaan menarik untuk mengenal sang calon pasangan dengan lebih dalam.


    1. Apa harapan yang kamu miliki untuk dirimu sendiri dalam lima tahun ke depan?

    “Pertanyaan ini bagus karena kamu jadi bisa mendengar tentang tujuan hidupnya. Dengan jawabannya, kamu pun dapat melihat jika visinya sepadan dengan visi hidupmu,” jelas relationship expert Jonathan Bennett.




    2. Apa yang membuatmu semangat menjalani hidup sekarang?

    “Pertanyaan ini tidak hanya mengungkap hal-hal yang paling berarti untuknya, tetapi juga melihat kecocokan antara kamu berdua,” ungkap love coach Veronica Grant. Tidak ada jawaban yang benar atau salah, namun dengan kepribadian masing-masing orang yang berbeda, pertanyaan ini dapat membuka pembicaraan yang menarik!


    3. Siapakah karakter film atau televisi favoritmu?

    “Pertanyaan ini cukup menyenangkan karena selain dapat mencairkan suasana, kamu jadi lebih bisa mengenal sifatnya dan mengapa ia menyukai atau ingin menjadi karakter tersebut. Dalam kehidupan nyata, orang dinilai lewat pekerjaan, hobi, dan gelarnya… maka pertanyaan ini merupakan pilihan yang lebih seru dan santai,” jelas relationship coach Nancy Ruth Denn.


    4. Apa harapan terakhirmu saat berulang tahun?

    Menurut psikologis Diane Strachowski, PhD, jawaban mereka akan mengungkap satu hal yang belum mereka capai dalam kehidupan. Saat diminta untuk “make a wish”, apakah ia berharap untuk mencari cinta? Mendapat kenaikan jabatan? Atau mobil baru?


    5. Apa yang terjadi di hubungan terakhirmu yang mengakibatkan kalian putus?

    “Bila ia menyalahkan mantan pacarnya dan tidak bertanggung jawab atas bagiannya sendiri (alias merasa dirinya sudah sempurna), hati-hati,” ungkap relationship expert Margaret Paul. Tidak ada lebih menyeramkan dari seorang pria yang berkata semua mantan pacarnya ‘gila’. Boy, bye.


    6. Seperti apa hubunganmu bersama keluarga?

    Tidak semua orang dekat dengan keluarganya, tapi perspektifnya terhadap hubungan keluarga dapat mengungkap sifat sebenarna. “Terkadang, konflik dalam keluarga dapat berdampak buruk terhadap hubunganmu,” jelas Paul.


    7. Apa ketakutan terbesarmu?

    Deep, huh? “Pertanyaan ini membuka sebuah celah di mana kamu bisa melihat sisinya yang lebih vulnerable,” jelas Bennett. “Ini juga akan melampaui obrolan basa-basi di masa perkenalan.” Ingat untuk memusatkan perhatian kepada jawabannya, ya.




    8. Saat kamu kecil, siapa yang kamu cari saat kamu sedang merasa takut, kesepian, atau sedih?

    “Jika ia menjawab ‘tidak ada’, ini menandakan bahwa sejak dulu, ia menyimpan stres dan menghadapinya sendirian… maka dalam sebuah hubungan, ia pun akan menyimpan perasaan negatif tersebut sendiri,” jelas Strachowski. “Namun dalam segi lain, jika ia selalu bercerita ke orangtuanya dulu, ini menandakan bahwa ia akan membutuhkan validasi dari kamu saat menjalani sebuah hubungan.”


    9. Bagaimana caramu mengatur keuangan pribadi? Apakah kamu cenderung hemat atau boros?

    Nah, masalah keuangan dapat menjadi topik yang sensitif… namun faktanya adalah keuangan seringkali menjadi batu sandungan dalam hubungan. Menurut Paul, kebiasaannya dapat mengindikasikan cara dia menjalani kehidupan sehari-hari. Apakah pengeluaran yang spontan sudah biasa untuknya? Bila kamu dan si dia sama-sama boros, ini dapat menimbulkan masalah di masa depan.


    10. Apa hal yang paling kamu banggakan, dan mengapa?

    Pertanyaan ini akan mengungkapkan kepentingnya dalam hidup dan caranya menghabiskan waktu luang. Apakah ia sangat membanggakan tim sepakbolanya, atau meja belajar yang ia bangun sendiri tahun lalu?


    11. Apa yang kamu butuhkan saat sedang stres? Apakah kamu menghubungi seseorang, atau lebih sering menghabiskan waktu sendirian untuk memikirkannya?

    Jawabannya akan memberikan kamu petunjuk akan cara menanganinya saat melewati waktu sulit nanti. Bila kamu berkencan dengannya dan sadar bahwa ia lebih memilih untuk menyendiri saat sedih, ingatkan diri sendiri tentang jawaban ini agar kamu tidak berpikir negatif.


    12. Siapa orang yang paling berpengaruh dalam hidupmu?

    Pertanyaan ini dapat mengungkapkan nilai hidupnya. Bila ia mengungkap nama ayahnya yang berhasil sukses membangun perusahaannya dari nol, ia menghargai kerja keras. Bila ia menyebut nama ibunya karena telah membesarkannya dengan penuh kasih sayang, ia menghargai tanggung jawab dan keluarga.


    (Image: doc. Cody Black via unsplash.com / Artikel ini disadurkan dari Cosmopolitan US. Perubahan minor telah dilakukan oleh editor.)