Lifestyle

Girls, Ini Sejumlah Aksi Zero Waste yang Mudah Kamu Lakukan!

  by: Giovani Untari       8/12/2019
  • Selalu ada cara untuk menyelamatkan dunia, girls! Salah satunya lewat aksi zero waste yang mulai ramai dilakukan oleh warga dunia. Konsep zero waste sejatinya bisa kita semua tempuh dari hal-hal sederhana. Seperti mengurangi sampah yang dihasilkan, menggunakan kembali segala material yang masih bisa digunakan, serta melakukan aksi recycle sebisa mungkin. Prinsip zero waste juga dikenal dengan istilah 5 R yaitu Refuse, Recycle, Reduce, Reuse, dan Rot. Tidak perlu merasa terintimidasi dear, ini dia sejumlah hal sederhana (namun efektif) yang bisa kamu tempuh untuk ikut membantu dunia dan mengurangi sampah.


    AT HOME




    1. Eliminasi Produk Tisu Secara Perlahan

    Produk tisu dan tisu basah yang selalu ada di rumah sebenarnya bisa kamu ganti ke beberapa item yang lebih ramah lingkungan. Misalnya produk lap berbahan kain yang akan membantu mengurangi sampah tisu di bumi. Selain itu, produk berbahan kain juga mampu bertahan lebih tahan lama tanpa harus membelinya ulang. 


    2. Kurangi Penggunaan Plastik

    Plastik menjadi salah satu item yang membutuhkan waktu yang lama untuk terurai. Maka kamu bisa memulai gerakan zero waste dengan mengurangi penggunaannya berikut produk dengan packaging plastik. Membawa tas belanja saat berbelanja juga dapat menjadi opsi terbaik untuk mengurangi penggunaan plastik di hidup kamu.


    3. Pilih Wadah Penyimpanan Berbahan Kaca atau Metal


    Dua material ini memiliki kemampuan yang sama dengan wadah plastik. Wadah penyimpanan berbahan kaca dan metal pun dapat digunakan berkali-kali (ingat prinsip reusable) dalam jangka waktu lama, tanpa harus kehilangan unsur estetikanya. 


    4. Beli Beberapa Kebutuhan dalam Jumlah Besar

    Bukan untuk menghamburkan uangmu, tetapi membeli kebutuhan harian seperti sereal, bumbu masak, hingga deterjen dalam jumlah besar justru akan menghindari penggunaan packaging plastik secara berlebihan. Ingat, misi dari zero waste adalah menghindari jumlah sampah, dear! Kini beberapa store pun menawarkan pilihan untuk membawa tempat penyimpanan sendiri saat berbelanja. Go for it!


    5. Pisahkan Sampah 

    Beberapa negara di dunia seperti Jepang, Belanda, serta Korea Selatan telah memulai aksi agar warganya memisahkan sampah antara sampah organik dan non-organik. Pengelolaan sampah ini memiliki banyak manfaat di antaranya membantu proses daur ulang. Sampah organik seperti sisa sayuran, buah, cangkang telur, bahkan daun teh juga bisa diolah dan dimanfaatkan sebagai pupuk.


    6. Saatnya Menanam Bahan Makanan Kamu


    Ready to find a new hobby? Menanam bahan makanan (seperti buah dan sayuran hijau) di rumah bisa menjadi kegiatan baru favorit. Sisi positifnya lagi, aksi ini bisa menyelamatkan dunia karena dapat membantu mengurangi emisi gas dan penggunaan pestisida ketimbang membelinya.





    AT OFFICE / CAMPUS

    1. Bawa Tempat dan Alat Makan Kamu Sendiri


    Cara ini bisa kamu tempuh untuk menekan penggunaan styrofoam serta alat makan berbahan plastik yang mengancam bumi dan sulit diuraikan. Pemilihan sendok dan garpu kayu pun tak kalah wajib masuk must-have list karena aman digunakan, biodegrable, dan aesthetic.


    2. Pilih Tumbler atau Botol Minum Ketimbang Gelas Plastik

    Membawa tumbler dan botol minum sendiri setidaknya mampu mengurangi pemakaian plastic cup atau botol minuman kemasan yang sulit didaur ulang setiap harinya. Pastikan kamu memilih botol minum dengan tulisan BPA Free yang aman bagi kesehatan dan lingkungan. Let’s shop it!


    3. Gunakan Kertas Secara Bijak

    Data menurut The World Counts 93% kertas yang kita gunakan setiap harinya berasal dari pohon. Belum lagi ketika kertas terurai di tempat sampah, ternyata mampu menghasilkan gas metana yang 23 kali besar efeknya ketimbang gas karbon dioksida. Ini waktunya kamu menggunakan kertas secara bijak di semua sisinya. Kurangi juga habits mencetak struk saat berada di mesin ATM.


    4. Hemat Energi Dengan Mengatur Sleep Mode

    Pastikan saat kamu meninggalkan ruangan untuk lunch atau meeting, komputer dan laptop berada dalam keadaan sleep mode on. Cara ini bisa ditempuh untuk menhemat baterai dan mengurangi pengunaan listrik.


    5. Beli Perlengkapan yang Bersifat Reusable


    Ketimbang selalu membeli pulpen baru, mengapa kamu tidak mencoba membeli pulpen yang bisa diganti isinya, dear? Kamu pun dapat mengkreasikan beberapa item yang sudah tidak terpakai seperti kaleng kecil atau kotak kertas di rumah untuk menjadi wadah tempat menaruh perlengkapan alat tulis.


    6. Gunakan Cloud sebagai Alternatif Penyimpanan Data

    Cloud memungkinkan kamu menyimpan data secara digital. Tidak hanya praktis, cara ini juga efektif menekan penggunaan perangkat elektronik seperti flashdisk atau CD yang berpotensi menimbulkan sampah elektronik.


    (Giovani Untari / Images : Dok. Unsplash.com)