Love & Sex

Menurut Zodiak, Ini Alasan Kamu Mengencani Orang yang Salah

  by: Alvin Yoga       6/12/2019
  • Mengenal zodiak memang terkadang bisa membantumu mengerti beberapa hal yang sulit dijelaskan, mulai dari kebiasaan marahmu sampai alasan kamu jatuh cinta. Nah, salah satu hal yang mungkin harus kamu ketahui adalah mengapa kamu terus menerus berkencan dengan orang yang salah. Like, seriously, why? Kabar baiknya: mungkin astrologi bisa menjelaskan mengapa kamu melakukan hal itu. Kalau kamu bertanya: Apakah hal ini bisa membuatmu berhenti jatuh cinta dengan orang yang salah? Hmm, that's up to you, namun terkadang dengan mengetahui kebenaran kamu jadi bisa melihat situasi dengan lebih jelas, dan mungkin hal ini bisa membuatmu berhenti mengencani pria yang salah. Penasaran? Here's the breakdown.


    Aries

    Sebagai seorang Aries, kamu dikenal memiliki sifat yang ambisius dan agak kompetitif: Kalau kamu mencari pasangan kencan, biasanya mereka adalah orang yang sedikit (ok, mungkin sangat) bangga memamerkan Instagram-mu dan tak ragu untuk ikut menjatuhkan musuh besarmu bersama-sama. 



    Dan, dengan siapa kamu biasanya jatuh cinta? Pria yang hot, pintar bercinta, rajin "membentuk" tubuh, dan bertanding di berbagai macam perlombaan olahraga (atau apapun yang mereka sukai). The problem is, mereka BEGITU peduli dengan kariernya - atau dengan latihan olahraganya - sampai-sampai mereka (pasti) akan meninggalkanmu ketika mereka menganggapmu "mengganggu" kebiasaan atau hobi yang mereka sukai tersebut. Di saat-saat tertentu ketika kamu membutuhkan mereka dan mereka sedang melakukan hobinya, mereka tak akan menggubrismu. Power couple instas: Deleted.


    Taurus

    Sebagai seorang yang gemar tinggal di rumah dan dikenal sebagai orang berelemen tanah, tipe kencan yang kamu suka adalah cuddling di akhir pekan bersama pasangan tercinta di rumah, lengkap dengan memesan makanan lewat aplikasi online dan menonton serial favorit di Netflix. Well, nothing wrong with that!

    Buuuuut, ketika akhir pekan berakhir, kamu para Taurus biasanya langsung bekerja keras dan menginjak gas untuk mengejar mimpimu. Namun sayang, pasanganmu mungkin tidak bekerja sekeras itu, atau dengan kata lain, you guys are not on the same page. Cepat atau lambat, kamu akan menyadari bahwa pasanganmu terlalu santai dalam menghadapi hidup, ia juga tak pernah merencanakan kencan dengan baik apalagi memilih restoran untuk kencan, dan tak jarang ia berkata "Kamu lebih peduli dengan kerjaan dibanding aku." Tantangan terbesar untukmu adalah membuat mereka menyadari bahwa mereka terlalu santai, yang tak jarang membuatmu frustasi sendiri.


    Gemini

    Dengan zodiak yang dikenal paling sosial dibandingkan zodiak lain, kamu mudah jatuh cinta dengan orang-orang yang juga suka berpesta dan tak menolak untuk keluar rumah kapan pun di mana pun. Ketika kamu melihat seorang yang sedikit karismatik, cute, serta pandai mengambil perhatian–well, you're in love. Ini kenyataannya: Orang-orang seperti ini, biasanya sama sepertimu, mereka memiliki begitu banyak teman di sana-sini, belum lagi group chat dan berbagai acara yang harus mereka datangi, sampai-sampai mereka tak punya waktu lebih untuk beristirahat sejenak dan menghabiskan waktunya denganmu. Ketika kamu meminta untuk menghabiskan akhir pekan "berdua saja", mereka tak mengerti mengapa teman-temannya tak bisa ikut berkumpul bersama kalian. Kesal? Sudah pasti!


    Cancer

    Kamu adalah si kepiting-sensitif, dan meski kamu jarang jatuh cinta, begitu kamu menemukan seseorang yang menurutmu bisa membuatmu nyaman, kamu akan jatuh (sejatuh-jatuhnya) cinta dengan orang tersebut (lihat saja Ariana Grande, Cancer ternama, dengan semua drama-Pete-Davidson-nya). Kamu juga mudah jatuh cinta dengan orang yang super-passionate, yang mampu membuat setiap momennya bersamamu terasa begitu menyenangkan.

    Di luar hal-hal menyenangkan itu, kamu tak pernah melupakan orang-orang di sekitarmu: Teman-temanmu, sahabatmu, keluargamu, pekerjaanmu, dan segala hal yang kamu sukai sebagai seorang yang mandiri, dan kamu juga ingin menghabiskan waktu untuk semua hal tersebut secara adil. Sayangnya, si dia justru terlalu mengandalkanmu dan menghabiskan banyak waktumu. Ia mengeluh mengenai masalah-masalah yang seharusnya mereka tanyakan ke seorang terapis, mereka tak pernah absen ketika kamu sedang bersama para sahabatmu, dan OMG, mereka juga TIDAK. PERNAH. BERHENTI. MENGIRIM. PESAN. Yang terburuk, kamu akhirnya menyadari bahwa mereka ternyata begitu toxic, dan bisa jadi mereka terlalu bergantung padamu.


    Leo

    Diatur oleh sang Matahari, kamu suka menjadi pusat perhatian dan orang-orang memang memerhatikanmu. Tapi, TBH, kamu akan melakukan apapun untuk bisa mendapatkan perhatian orang-orang sekitarmu, karena membuat setiap orang terkesan adalah semacam raison d'être untukmu (no offense).

    Lalu muncullah: seorang pria dengan kepribadian hot n' cold, yang selalu siap membuatmu merasa seperti seorang anggota kerajaan Inggris (tentunya dengan suatu hal yang tidak biasa supaya setiap orang melirikmu, katakan saja seperti mengirim 200 bunga mawar ke meja kantormu ketika Hari Valentine), hanya untuk meninggalkanmu di kemudian hari. Di satu hari mereka membuatmu merasa 1000% unik (yang tentu saja disukai para Leo) dan tak tergantikan (tentu saja kamu tak tergantikan), dan di hari lain, mereka berbuat sebaliknya. Tentu saja hal ini melelahkan bagimu, namun kamu sulit untuk berhenti "candu" dari pria-pria seperti ini.


    Virgo

    In general, you do too much. Kamu tak sadar bahwa kamu melakukan segalanya, dan BENAR-BENAR tak mengerti kapan kamu harus meminta bantuan ketika kamu sedang kesulitan, meskipun pada akhirnya hal tersebut pelan-pelan membunuhmu.

    Hal ini juga terjadi di kehidupan percintaanmu. Orang-orang yang kamu kencani sebenarnya bukan orang yang buruk (karena kamu pandai menganalisa orang lain)-mereka hanya tak sepadan denganmu, dan jarang berkontribusi dalam hubungan kalian. Mereka adalah tipe orang yang, yeah, mau merencanakan kencan untuk akhir pekan atau membereskan kamarnya ketika kamu meminta, tapi di situlah letak masalahnya: kamu HARUS selalu mengatakannya terlebih dahulu. Mereka tak pernah menyadari seberapa lelahnya dirimu, sampai kamu mulai benar-benar lelah berkencan dengan mereka. Bye!




    Libra

    Kamu adalah zodiak yang PALING romantis, baca: PALING bermasalah (sorry not sorry!). Bukan karena kamu tidak punya standar soal pasangan–sebaliknya, kamu justru tidak mau membuang-buang waktu untuk orang yang menurutmu tidak sepadan denganmu. But, ya know, kamu mudah tergoda dengan orang-orang yang baik hati, meski mungkin sebenarnya mereka sudah punya pasangan, sedang mengejar seorang perempuan, atau fakta bahwa "saya sedang tidak ingin punya pacar". Kamu menutup mata terhadap hal-hal yang sebenarnya jelas-jelas terjadi, karena selama mereka terlihat lucu dan cute, rasanya seperti "Aku available". Lalu, setelah tiga bulan, kamu baru sadar bahwa kamu mendekati orang yang salah. Yeah, cerita lama!


    Scorpio

    Kamu adalah zodiak yang paling senang mengamati, yang berarti kamu sukaaaaa sekali mencari tahu jati diri orang lain. Dan ketika ada seorang pria yang memiliki sisi yang tak bisa kamu ulik, consider yourself smitten.

    Tapi percayalah, hal ini lama-lama akan membuatmu lelah sendiri. Pria yang terus menerus menulis kutipan cinta dalam bahasa Rusia alih-alih membicarakan isi hatinya padamu, atau terus menerus ghosting tapi beralasan "saya benar-benar cinta padamu" benar-benar membuang waktu. Dari yang awalnya membuatmu merasa seperti sedang berada di langit ketujuh, pada akhirnya membuatmu berharap "sebaiknya aku tidak mengenalnya"–karena mereka bermain-main dengan perasaanmu. TBH, misteri terbesarnya bukanlah mengapa mereka melakukan hal itu, tapi mengapa KAMU mau mengencani mereka.


    Sagittarius

    Sebagai seorang Sagittarius, kamu menyukai petualangan, dan mantan-mantanmu yang menyebalkan itu juga menyukai tipe liburan yang spontan. Apakah dengan begitu kalian cocok sebagai pasangan? Hmm, mungkin ya, mungkin tidak. Karena meskipun kamu adalah orang yang menyenangkan dan menyukai kejutan, di sisi lain kamu juga menyukai suatu hal yang konstan-terutama soal hubungan cinta. Masalahnya, mantan-mantanmu tak suka berkomitmen.

    Hal lain yang perlu kamu perhatikan: kebiasaan burukmu adalah kamu mudah jatuh cinta dengan orang yang, ketika mereka mengatakan bahwa mereka ingin menjadi pacarmu, kamu setuju, meskipun ada bagian yang sedikit mengganjal dalam hatimu yang bertanya-tanya apakah orang tersebut benar-benar cocok menjadi pasanganmu. The true answer? BIG NO-NO. Tepat ketika kamu mulai merasa bahwa si dia adalah orang yang tepat untukmu, si dia justru merasa sebaliknya, dan kabur dari kehidupanmu (atau kabur untuk berlibur) secepat yang ia bisa.


    Capricorn

    Sifatmu yang serius dan workaholic tidak bisa menoleransi orang-orang yang tinggi hati–tapi, ok, kamu juga punya love-hate relationship dengan orang-orang yang menurutmu sombong dan super-menyebalkan. Like, you can't help it! Kamu ingin menunjukkan pada mereka bahwa kamu lebih cerdas dan lebih baik di semua sisi, sampai akhirnya mereka berhasil menghapus senyum keberhasilan tersebut dari wajahmu dengan cara mereka sendiri. Di satu sisi, tentu saja hal tersebut mengesalkan, namun di sisi lain...ugh, senyum menyebalkannya itu HOT juga! Sorry, tapi hidupmu yang seperti never-ending rom-com ini sepertinya akan sulit berakhir kalau kamu terus begini.


    Aquarius

    Sebagai zodiak yang paling murah hati dan menyukai politik, kamu biasanya jatuh cinta dengan orang yang memiliki hobi dan nilai-nilai yang sama denganmu. Well, what could go wrong?

    Di awal hubungan, si dia terlihat begitu "tinggi" dan kuat–dengan banyaknya kontribusi yang ia lakukan untuk masyarakat-–sampai-sampai kamu merasa kamu kurang berkontribusi pada Bumi yang telah begitu baik padamu. Like, mereka akan membuatmu merasa, kamu belum sepenuhnya seorang feminis. Are you tired yet?


    Pisces

    Seniman. That's it. Kamu adalah orang yang kreatif, sensitif, dan sering jatuh cinta dengan seniman-seniman lain yang memiliki kisah hidup menyedihkan. Bagimu, orang-orang seperti ini adalah muse-mu.

    Kamu selalu mendukung pasanganmu ketika mereka sukses, namun ketika mereka sedang struggling, kamu harus berhadapan dengan mood swing mereka yang menyebalkan. Dan meski kalian sama-sama mengejar hobi dan passion yang sama di bidang seni, di satu sisi kamu bisa mengatur keadaan keuanganmu dengan baik dan tak masalah kalau kamu memilih untuk bekerja dengan sistem full-time. Di sisi lain, si dia tak suka jika ia tak punya keadaan keuangan yang konsisten, namun menolak ketika ditawari pekerjaan penuh-waktu. Emosi mereka yang naik turun dan sifat mereka yang keras kepala adalah alasan sebenarnya mengapa mereka tak sesukses dirimu, BTW.


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Verne Ho on Unsplash)

    tags: zodiak, cinta