Beauty

7 Manfaat Eksfoliasi yang Perlu Kamu Tahu!

  by: Fariza Rahmadinna       8/12/2019
  • Jika kamu memiliki kulit kusam, kering atau pori-pori yang besar, kemungkinan hal itu terjadi karena kamu kurang rajin melakukan eksfoliasi pada kulit wajah. Hmmm, memang penting ya melakukan eksfoliasi? Jawabannya: Tentu saja penting! Menurut American Academy of Dermatology, eksfoliasi adalah proses pengelupasan sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah yang menjadi penyebab berbagai masalah kulit kamu. Dengan kata lain, eksfoliasi dapat membantu mengurangi masalah pada wajah. Ingin tahu apa saja manfaat eksfoliasi untuk kulit wajah? Keep scrolling, Cosmobabes! 


    1. Mencerahkan Wajah




    Menurut American Academy of Dermatology, salah satu manfaat eksfoliasi yaitu dapat membuat kulit kamu terlihat lebih cerah. Sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit menyebabkan wajah terlihat lebih kusam dan warna kulit tidak merata. Dengan melakukan eksfoliasi secara teratur, hal tersebut dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit wajah kamu. 


    2. Membantu Proses Regenerasi Sel


    Tahukah kamu, kulit mengalami regenerasi sel secara alami setiap 28-30 hari. Namun dengan rutin melakukan eksfoliasi wajah, kamu dapat membantu proses regenerasi sel kulit menjadi lebih cepat, sehingga kulit wajah kamu terlihat sehat dan cerah. 


    3. Membersihkan Pori-Pori Tersumbat


    Kotoran yang menyumbat pori-pori akan membuatnya tampak lebih besar dan menjadi penyebab munculnya blackheads, whiteheads dan jerawat. Jika kamu rutin melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel- sel kulit mati, pori-pori akan terlihat lebih kecil dan terbebas dari masalah kulit wajah lainnya. 


    Baca juga: DIY Face Scrubs Yang Bisa Kamu Coba!


    4. Mencegah Jerawat


    Salah satu penyebab umum munculnya jerawat adalah wajah yang tidak dibersihkan secara maksimal. Melakukan eksfoliasi kulit secara rutin dapat membersihkan kotoran-kotoran yang mungkin saja masih menempel, sehingga dapat mencegah munculnya jerawat di wajah kamu.  


    5. Meningkatkan Produksi Kolagen


    Manfaat lain dari rutin melakukan eksfoliasi yaitu dapat membantu kulit meningkatkan produksi kolagen. Kolagen berfungsi untuk meningkatkan elastisitas kulit yang membuat kulit tampak lebih kencang dan kenyal, meminimalkan tampilan garis-garis halus dan juga kerutan pada kulit wajah. 


    Baca juga: 7 Eksfoliator Favorit Untuk Kulit Tubuh Lebih Mengagumkan


    6. Membantu Efektifitas Skincare


    Sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah dapat membuat produk skincare yang kamu gunakan setiap hari tidak terserap secara maksimal. Hal ini membuat kulit wajah kamu tidak mengalami perubahan setelah rutin menggunakannya. Melakukan eksfoliasi dapat membantu produk perawatan kulit yang kamu gunakan bekerja secara maksimal. 




    7. Makeup Lebih Tahan Lama


    Manfaat yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi kamu dengar, karena sudah banyak tips makeup yang memasukkan eksfoliasi dalam daftar wajib-coba. Kulit wajah yang bersih dan sehat, tentu bisa membuat makeup kamu lebih flawless dan tahan lama. 


    Baca juga: Ini Bedanya Perawatan Kulit Peeling dan Exfoliating


    Pengelupasan sel-sel kulit mati dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara mekanis (physical exfoliator) dan kimiawi (chemical exfoliator). Untuk eksfoliasi secara mekanis, kamu dapat menggunakan bantuan alat atau face scrub. Sedangkan eksfoliasi secara kimiawi, bisa menggunakan produk-produk perawatan kulit dengan memilih kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acids) atau BHA (Beta Hydroxy Acids).


    Perlu diingat ya dear, pilih eksfoliator yang sesuai dengan jenis kulit wajah kamu. Untuk kamu yang memiliki tipe kulit wajah kering dan sensitif, lebih baik gunakan chemical exfoliator karena tidak terlalu kasar untuk kulit kamu. 


    Untuk kamu yang memiliki tipe kulit wajah berminyak, gunakan face scrub dengan butiran yang lembut. Eksfoliator dapat membantu kamu mengangkat dan membersihkan kotoran pada kulit secara maksimal. Namun ingat, kamu tidak boleh terlalu sering melakukan eksfoliasi karena dapat meningkatkan produksi minyak di wajahmu.


    Baca juga: 10 Exfoliating Toner yang Bagus Untuk Kulit Berminyak


    Sedangkan untuk kamu yang memiliki tipe kulit wajah berjerawat, dianjurkan untuk menggunakan produk dengan kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acids) atau BHA (Beta Hydroxy Acids), karena bisa membantu meminimalisir kondisi jerawat di wajah kamu. 


    Pemilik tipe kulit wajah normal sepertinya tidak perlu repot memilih eksfoliator mana yang cocok untuk kulit kamu, karena keduanya baik untukmu. 


    Sesuatu yang berlebihan tentu saja tidak baik. Untuk itu, cukup lakukan eksfoliasi satu sampai dua kali saja dalam seminggu, agar tidak terjadi iritasi kulit. Gosok secara perlahan dengan gerakan memutar pada saat melakukan eksfoliasi. Bye-bye kulit kusam dan berjerawat!


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Steven Arenas on Pexels)