Lifestyle

Ini Dia Pencapaian Film "Dua Garis Biru", Sudah Nonton?

  by: Shamira Priyanka Natanagara       9/12/2019
  • Jika kamu cukup up-to-date dengan dunia hiburan Indonesia tahun ini, Cosmo yakin kamu tahu Dua Garis Biru. Yes, film drama remaja yang sempat menjadi topik perbincangan di media sosial karena dianggap kontroversial oleh beberapa kelompok masyarakat. Alur ceritanya yang membahas kehamilan remaja mungkin agak ‘mengagetkan’ beberapa warga Indonesia, tapi mengingat betapa minimnya pengetahuan warga negara ini soal edukasi seks, sepertinya Indonesia membutuhkan film ini lebih dari yang mereka sadari. 

    Meskipun sempat diboikot oleh sejumlah orang (Cosmo tidak bercanda, benar-benar ada petisi untuk melarang penayangan Dua Garis Biru), film yang dibintangi oleh Angga Yunanda dan Adhisty Zara ini sukses menuai banyak ulasan positif dan meraih kesuksesan. Penasaran dengan prestasi Dua Garis Biru? Mari kita lihat!




    1. Ditonton lebih dari dua juta orang dalam 15 hari

    Dalam waktu 15 hari sejak dirilis di bioskop, film ini berhasil mengumpulkan lebih dari dua juta penonton dari seluruh Indonesia. Untuk merayakan pencapaian ini, pihak Starvision menghadiahkan plakat untuk sutradara dan penulis skenario Dua Garis Biru Gina S. Noer pada tanggal 25 Juli. Film yang dirilis pada tanggal 11 Juli ini turun layar pada akhir Agustus, dengan jumlah total 2.538.473 penonton. 


    2. Tayang di bioskop luar negeri

    Tak hanya masyarakat Indonesia saja yang bisa menyaksikan Dua Garis Biru di layar lebar, film ini pun sempat tayang di bioskop beberapa negara lain, di antaranya Malaysia, Brunei Darussalam, Kamboja, dan Singapura. Bahkan di Malaysia, film ini tayang di lebih dari satu negara bagian, lho! 


    3. Memenangkan tiga penghargaan di FFB 2019

    Selain ditonton lebih dari 2,5 juta kali dan berhasil tayang di luar negeri, Dua Garis Biru pun meraih lima nominasi di Festival Film Bandung 2019 (FFB 2019) dan sukses membawa pulang tiga piala. Film ini dinobatkan sebagai “Film Terpuji”, serta Gina memenangkan kategori “Skenario Terpuji”. Oscart Firdaus selaku penata artistik Dua Garis Biru pun menyabet piala untuk kategori “Penata Artistik Terpuji”. Hebat sekali!


    4. Meraih 12 nominasi di FFI 2019

    Kesuksesan Dua Garis Biru pun belum berhenti, girls, karena film ini juga dinominasikan untuk 12 kategori di Piala Citra Festival Film Indonesia 2019 (FFI). Yup, that’s a lot of nominations! Dari 12 nominasi, Gina dinominasikan untuk kategori “Sutradara Terbaik” dan “Penulis Skenario Terbaik”, Angga Yunanda mendapatkan nominasi untuk “Pemeran Utama Pria Terbaik”, dan Adhisty Zara meraih nominasi untuk “Pemeran Utama Wanita Terbaik”. 



    Dari 12 nominasi, Dua Garis Biru berhasil memenangkan dua penghargaan, yaitu “Pemeran Pendukung Wanita Terbaik” yang dimenangkan oleh Cut Mini, dan Gina pun memenangkan “Penulis Skenario Asli Terbaik”. Congratulations! 


    6. Tayang di London Mini Indonesian Film Festival

    Dua Garis Biru diputar di London Mini Indonesian Film Festival, festival sinema yang merayakan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Inggris. Acara ini diadakan di Curzon Sinema London, Inggris pada tanggal 22 hingga 24 November kemarin, dan selain Dua Garis Biru, ada tiga film panjang Indonesia lain yang ditayangkan, yakni 27 Steps of May, Turah, dan Nyanyian Akar Rumput.




    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: IMDb, Dok. Instagram)