Beauty

Hindari Kandungan Ini Jika Kulitmu Berjerawat

  by: Kissy Aprilia       10/12/2019
  • Salah satu cara mengobati kulit berjerawat adalah menghindari produk kecantikan comedogenic. Bahan kandungan tersebut dapat menyumbat pori-pori kulit, sehingga membuat kondisi jerawat semakin buruk. So girls.. untuk mencapai skin goals kamu di tahun 2020 nanti, pastikan tujuh bahan kandungan ini tidak ada di dalam produk skincare atau kosmetik yang kamu gunakan. 


    Silikon

    Pastikan tidak ada kandungan silikon dalam produk kosmetikmu, terutama primer! Produk yang mengandung silikon biasanya akan membuat kulit dehidrasi dan semakin menyumbat pori-pori—mengingat fungsinya sebagai ‘penghalus’ tekstur kulit. Cosmo menyarankanmu memilih produk primer yang mengandung hyaluronic acid untuk mendapatkan kesan yang lebih plumpy!




    Baca Juga: Inilah Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Dicampur


    Minyak

    Hindari produk kecantikan yang mengandung minyak, termasuk almond, alpukat, dan (tentu saja) minyak kelapa. Meski tergolong alami, bahan ini memiliki sifat comedogenic yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Saat sedang berjerawat, sebaiknya kamu memilih produk pelembap bertekstur gel yang ringan dan tidak membuat kulit semakin berminyak. 


    Wewangian

    Kategori ini berlaku untuk semua jenis wewangian buatan, khususnya jika terdapat nama benzaldehyde dalam label produk tersebut. Benzaldehyde adalah wewangian buatan yang tidak hanya berisiko menyumbatpori-pori, tetapi juga menyebabkan iritasi dan alergi pada kulit yang sensitif atau berjerawat. 


    Baca Juga: Hindari Kombinasi Bahan Kandungan Skincare Ini!


    Lanolin

    Jika memiliki kulit berjerawat, kamu harus benar-benar menjauhi lanolin. Kandungan ini adalah partikel sebum yang terdapat pada lapisan minyak kulit domba, dan umumnya ditemukan dalam produk pelembap. Lanolin memiliki sifat comedogenic yang sangat tinggi, sehingga dapat menyebabkan kulit semakin berjerawat. 




    Sodium Chloride

    Sodium Chloride adalah nama lain dari garam. Beberapa produk kosmetik menggunakan kandungan ini sebagai penebal tekstur. Jika bahan ini menempel pada kulit berjerawat, pori-pori kulitmu akan tersumbat, khususnya di area dagu dan sekitar mulut. 


    Petrochemical

    Pada umumnya, produk kecantikan tidak menuliskan nama kandungan ini pada label kemasannya. Namun, petrochemical tetap saja dapat berbahaya bagi kulit berjerawat, karena terbuat dari bahan paraffin wax, mineral oil atau petrolatum kimiawi. 


    Baca Juga: Kamu Memiliki Kulit Kering? Hindari 6 Kandungan Skincare Ini


    D&C Red

    Bahan kandungan ini dapat ditemukan dalam produk blush on, karena merupakan pewarna merah. Akan tetapi, pewarna tersebut cukup keras jika digunakan pada jenis kulit yang sensitif atau berjerawat. 


    (Kissy Aprilia, images: Aiony Haust on Unsplash)