Celebrity

5 Fakta Tentang Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi

  by: Shamira Priyanka Natanagara       10/12/2019
  • Zozibini Tunzi, perempuan berusia 26 tahun dari Afrika Selatan, memenangkan mahkota Miss Universe tahun ini! Ia berhasil mengalahkan 89 kontestan lainnya dan dinobatkan sebagai "perempuan tercantik di alam semesta" di Tyler Perry Studios, Atlanta, Amerika Serikat. Cosmo tahu kamu penasaran dengan ratu terbaru kita ini, jadi berikut adalah semua hal yang perlu kamu ketahui tentang ratu yang inspiratif ini:


    1. Her background

    Zozibini lahir pada tanggal 18 September, 1993 di Tsolo, Afrika Selatan. Ia memiliki gelar sarjana hubungan masyarakat dan pengelolaan citra dan memohon untuk mengikuti kontes kecantikan pada tahun 2017. 



    Saat ini Zozibini adalah ratu kecantikan ketiga dari Afrika Selatan yang memenangkan gelar Miss Universe. Sebelumnya, Margaret Gardiner menang pada tahun 1978, dan ada pula Demi-Leigh Nel-Peters yang menyabet mahkota Miss U pada tahun 2017. 



    2. Her advocacy

    Menurut situs resmi Miss Universe, Zozibini adalah "seorang aktivis penuh semangat yang terlibat dalam perlawanan terhadap kekerasan berbasis gender. Ia telah menggunakan kampanye media sosialnya untuk mengubah naratif seputar stereotip gender. Ia adalah advokat keindahan alami yang bangga dan mendorong perempuan untuk mencintai diri mereka apa adanya."



    3. Her style

    Menurut sebuah laporan oleh Times Live, Zozibini adalah satu-satunya kontestan yang menutupi rambutnya untuk foto headshot resmi Miss Universe. Ia menunjukkan budaya Afrika dengan mengenakan doek berwarna hijau zamrud. 




    4. Her national costume

    Zozibini memakai gaun yang disebut "Wave of Love", yang didesain oleh Lloyd Kandlin. Pada bulan November, Zozibini meminta pria dari negaranya untuk menulis ucapan hormat kepada para wanita dalam hidup mereka melalui surat cinta, dan surat-surat tersebut dituliskan pada pita kain yang menjadi bagian dari busana nasional Zozibini.




    5. Her crown

    Zozibini adalah Miss Universe pertama yang memakai mahkota Power of Unity, mahkota terbaru karya Mouawad. Mahkota ini memiliki 1.770 berlian dan bernilai USD5 juta atau sekitar Rp70 milyar. Yup!



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Shamira Natanagara / Images: Dok. Instagram)