Lifestyle

Merasakan 'New Jazzperience' di The 42nd Jazz Goes To Campus

  by: Shamira Priyanka Natanagara       11/12/2019
  • Pada akhir November lalu, Cosmo berkesempatan untuk menghadiri acara Jazz Goes To Campus (JGTC) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI). Di tahun yang ke-42, JGTC mengusung tema “Feel the New Jazzperience!” yang bertujuan untuk menghadirkan penampilan jazz yang fresh, dikombinasikan dengan beragam genre musik lainnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, tahun ini JGTC mengundang tiga musisi internasional, 20 musisi lokal, dan 13 komunitas untuk menghibur para hadirin. 

    Diselenggarakan di FEB UI, Cosmo secara langsung merasakan ‘new jazzperience’ yang dipersembahkan oleh JGTC dan para pengisi acara. Terdapat empat panggung berbeda dalam festival musik ini, dan tentu saja Cosmo tidak ingin ketinggalan dan menyaksikan penampilan yang dipersembahkan setiap stage. Daripada penasaran, mari kita simak keseruan JGTC tahun ini!




    Coca Cola Stage

    First stop: Coca Cola Stage! Di panggung ini, para hadirin dapat menyaksikan sejumlah penampilan dari beberapa musisi lokal ternama. Band Indonesia Nidji menghibur para hadirin ketika matahari mulai terbenam, dan ada pula penampilan dari Maliq & D’Essentials yang telah dinanti-nanti penonton JGTC. Seperti yang telah Cosmo duga, area Coca Cola Stage langsung dibanjiri penonton ketika Maliq & D’Essentials tampil. Dan tak hanya area Coca Cola Stage saja yang ramai akan penggemar grup musik jazz-soul tersebut, tidak sedikit orang rela menyaksikan pertunjukan mereka dari kejauhan, lho! 



    Sebagai penutup acara di Coca Cola Stage, JGTC mengundang penyanyi lokal Raisa (siapa, sih, yang tidak tahu Raisa? hahaha…). Ini adalah kali ketiga Raisa mengisi acara JGTC. Sebelumnya, ia sempat tampil dia JGTC pada tahun 2016 dan 2015. Walaupun belum lama ini ia vakum dari dunia musik karena melahirkan anak pertamanya, Raisa tak kehilangan semangat dan tampil di Coca Cola Stage dengan penuh semangat. She’s still got it, girls!


    Chatime Stage


    Para penggemar musik jazz tentu menikmati deretan penampilan yang dipersembahkan di Chatime Stage. Ada trio jazz EYM Trio yang datang dari Prancis, dan ada pula Braxton Cook, jazz prodigy asal Amerika Serikat yang menunjukkan bakat menyanyi dan bermain saksofon. So talented! Selain kedua musisi internasional tersebut, para penonton JGTC juga dihibur oleh Ardhito Pramono, Barasuara, dan Pamungkas yang tak kalah berbakat. 




    Mandiri Stage


    Tidak heran jika Mandiri Stage ramai akan penonton sepanjang malam, karena line-up untuk panggung ini sungguh menarik! Area Mandiri Stage langsung ramai akan penonton ketika RAN tampil, kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari penyanyi Amerika Serikat Keith Martin yang membuat para penonton bernyanyi bersama. Keith membawakan beberapa lagu hits-nya, di antaranya “Because of You”, “Never Find Someone Like You”, dan “Love of My Life”. Alumni Indonesian Idol Marion Jola pun turut memeriahkan Mandiri Stage, membawakan lagu “Jangan”, “Tak Ingin Pisah Lagi”, dan “Rayu”.


    Makara Stage


    Meskipun tidak sebesar panggung lainnya, dan beberapa musisi yang tampil di panggung ini pun masih tergolong pendatang baru dan belum memiliki nama yang besar, Cosmo rasa para musisi yang memeriahkan Makara Stage adalah salah satu highlight Jazz Goes To Campus tahun ini. Area ini menghadirkan atmosfer yang cukup intim, di mana sang penampil dapat berinteraksi langsung dengan penonton. Dan para hadirin Makara Stage pun tak takut untuk joget dan nyanyi bersama—bahkan ketika grup hip hop ENVY*, ditemani oleh drummer Rafi Muhammad, para penonton terbawa suasana yang meriah dan menari mengikuti irama musik dengan antusias. Musisi lain yang menarik perhatian Cosmo adalah band jazz Skastra yang sukses membuat Makara Stage dipenuhi oleh para fans yang turut bernyanyi bersama saat mereka tampil. It was truly a new jazzperience for us!

    Terima kasih atas kesempatannya, JGTC. We'll see you next year!


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Jazz Goes To Campus)