Lifestyle

6 Destinasi Wisata Wajib Kunjung di Seoul, Korea Selatan

  by: Alexander Kusumapradja       13/12/2019
  • Bagi pecinta K-pop dan kebudayaan Korea, mungkin merupakan hal yang “wajib” ya untuk merencanakan perjalanan ke Seoul, Korea Selatan. Namun, pada kenyataannya, kamu tak harus menjadi penggemar K-pop atau drama Korea untuk bisa menikmati keseruan travelling ke ibu kota Negeri Ginseng tersebut karena sebagai salah satu metropolis termaju di dunia saat ini, Seoul menawarkan banyak pilihan untuk siapa pun. Teknologi mutakhir dan gedung-gedung pencakar langit berdiri berdampingan dengan sejarah, kebudayaan, dan rumah tradisional yang menarik untuk dieksplor. Berikut adalah 6 destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi di Seoul, setidaknya sekali dalam hidup.




    1. N Seoul Tower

    Terletak di Gunung Namsan, N Seoul Tower yang juga dikenal dengan nama YTN Seoul Tower adalah menara komunikasi dan observasi yang terletak di pusat Seoul dan merupakan titik tertinggi kedua di Seoul dengan ketinggian 236 meter. Bagi yang ingin melihat panorama 360 derajat kota Seoul, kamu bisa naik ke observation deck menara ini dan setelahnya mampir ke restoran dan bar yang ada untuk menikmati malam romantis bersama pasangan atau hang out bersama teman dan keluarga.


    2. Gyeongbokgung Palace

    Istana Gyeongbokgung atau sering disingkat sebagai Gyeongbok adalah salah satu bangunan paling bersejarah di Seoul karena pernah menjadi istana utama di masa Dinasti Joseon. Didirikan di tahun 1395, istana ini menampilkan arsitektur tradisional Korea dari mulai warna, struktur atap, dan detail lainnya. Istana ini memiliki sekitar 7.700 kamar dengan beberapa upacara adat tradisional masih dilestarikan di dalamnya. Kawasan Gyeongbokgung yang luas juga memiliki National Folk Museum Korea yang bisa kamu kunjungi untuk mempelajari sejarah kehidupan masyarakat Korea dari masa lampau.


    3. Gwanghwamun Plaza

    Terletak di daerah Sejongno, Seoul, alun-alun ini terbuka untuk umum yang diresmikan tanggal 1 Agustus 2009 oleh Seoul Metropolitan Government dan merupakan bagian dari proyek pemerintah kota untuk membuat space yang ramah lingkungan bagi warganya. Dalam sebuah survei yang dilakukan pada 2.000 wisatawan asing, kegiatan menyaksikan prosesi pergantian penjaga di gerbang utama Gwanghwamun menjadi peringkat ketiga aktivitas favorit para turis di Seoul. Upacara pergantian penjaga tersebut dilakukan di depan gerbang utama setiap sejam sekali dari pukul 10 pagi hingga pukul 3 sore.




    4. Cheonggyecheon

    Tempat ini juga bukan hal yang asing bila kamu sudah melakukan riset tentang lokasi-lokasi populer di Seoul. Aliran kecil sungai sepanjang 10,9 kilometer yang melintasi kota Seoul ini menjadi tempat rekreasi publik yang asyik baik bagi wisatawan maupun warga lokal. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah ketika senja menjelang malam dengan lampu-lampu di gedung sekitar yang sudah mulai menyala dan membangun suasana tak terlupakan.


    5. Lotte World

    Walaupun Seoul tak memiliki Disneyland, tapi penggemar taman hiburan akan puas mengunjungi Lotte World yang tak kalah seru. Taman rekreasi terbesar di Korea Selatan ini menjadi rumah bagi taman hiburan indoor terluas di dunia dan taman bermain outdoor bernama Magic Island. Berdiri di atas pulau buatan yang terletak di tengah danau dan dihubungkan dengan monorel, atraksi-atraksi paling digemari di Lotte World meliputi roller coaster Atlantis, Gyro Swing, French Revolution, dan Camelot Carousel. Selain taman bermain, kamu juga bisa menemukan mall, hotel mewah, museum, fasilitas olahraga, hingga bioskop.


    6. Museum Nasional Korea

    Didirikan tahun 1945, museum ini adalah kebanggaan masyarakat Korea dan telah menjadi pusat dari berbagai penelitian dan pameran seputar sejarah, seni, dan arkeologi. Sejak dipindahkan ke Distrik Yongsan di 2005, museum ini telah menarik kedatangan 20 juta pengunjung atau lebih dari 3 juta pengunjung per tahun yang membuatnya menjadi salah satu museum paling banyak dikunjungi di dunia dan Asia. Tak jauh dari museum ini juga terdapat Yongsan Family Park yang merupakan taman rindang dan kolam yang menjadi habitat alami bagi 80 jenis pohon dan aneka spesies burung. Istirahat sejenak di taman ini sebelum melanjutkan perjalanan. Kalau belum puas, kita juga bisa mengunjungi The War Memorial of Korea yang hanya berjarak 1 kilometer dari Stasiun Yongsan.


    (Alex. K / Image: Kseniya Petukhova on Unsplash)