Beauty

Cosmo Tries: Cat Rambut Wonder.Color yang Bebas Amonia!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       17/12/2019
  • Tidak terasa, tahun 2020 sudah di depan mata! Dalam tiga minggu kita harus mengucapkan selamat tinggal pada 2019 dan menyambut tahun baru, sigh… Cosmo tahu mungkin kamu belum siap, tapi ingat: tahun baru adalah waktu yang tepat untuk mencoba hal-hal baru—salah satunya mengubah warna rambutmu! 

    Well, mungkin kedengarannya agak ekstrim, terutama karena mengecat rambut membutuhkan komitmen yang cukup besar, mulai dari memilih warna cat yang sesuai dengan gayamu, melalui proses pengecatan yang cukup memakan waktu, hingga merawat rambut yang sudah dicat. Apalagi jika rambut harus di-bleach terlebih dahulu sehingga kamu perlu berupaya untuk mengatasi kerusakan rambut. Sounds like a lot of work, huh?






    But luckily, sekarang Matrix Indonesia menghadirkan Wonder.Color, yaitu rangkaian produk cat rambut yang bebas reaksi amonia, membuat proses pengecatan lebih nyaman karena bebas bau amonia yang menyengat dan tidak menimbulkan rasa gatal. Amonia adalah zat kimia yang menjadi kandungan utama cat rambut dan berfungsi untuk membuka kutikula rambut sehingga pewarnaan dapat terjadi di dalam batang rambut. Jika lapisan kutikula tidak dibuka, cat hanya akan melekat di bagian luar rambut dan mudah luntur. Selain itu, warna cat Wonder.Color pun diklaim bisa menyerap ke dalam rambut tanpa bleaching terlebih dahulu sehingga lebih aman untuk digunakan.

    Setelah mendengar ragam klaimnya, tentu saja Cosmo tertarik untuk mencoba—and we did! Shamira, Digital Writer Cosmo, dan Kissy, Beauty Editor Cosmo, mentransformasi penampilan mereka menggunakan Wonder.Color di L’Oréal Academy, Jakarta. Apakah rangkaian cat rambut ini benar-benar nyaman untuk digunakan? Apakah benar-benar bisa digunakan tanpa bleaching rambut? Dan yang paling penting, bagaimana hasilnya? Nah, daripada penasaran, simak ulasan Shamira dan Kissy berikut ini!


    Shamira Tries Wonder.Color ChocoCherry!

    Hi, CosmoBabes! Mungkin kamu sudah pernah melihat wajah saya di InstaStory atau IGTV Cosmo, hehehe… Dan kalau iya, mungkin kamu pun menyadari bahwa warna rambut saya sering berubah. Well, bisa dibilang saya agak ketagihan gonta-ganti warna rambut sejak pertama kali mengecatnya pada Januari 2019. Saya memberanikan diri untuk bleaching dan mewarnai rambut pink tua—dan saya melakukannya sendiri di rumah (memang agak nekat, sih). Setelah pink, saya ganti warna rambut menjadi blonde, kemudian biru tua, dan yang terakhir hijau, yang sebenarnya adalah hasil cat biru tua yang meluntur. Alhasil, rambut saya (terutama bagian ujung rambut) jadi kering.

    So setelah mendengar tentang produk Wonder.Color yang bebas reaksi amonia, saya langsung tertarik! Pertama, karena saya rasa rambut saya telah melewati beragam proses pengecatan yang kurang baik, dan Wonder.Color yang memiliki klaim bebas amonia terdengar lebih aman. 



    Dari empat varian warna yang tersedia, saya memilih Wonder.Color shade 4.56 yang memiliki corak burgundy. Namun sebelum dicat, warna rambut saya ‘dibenarkan’ terlebih dahulu (karena hasil DIY bleaching di rumah memang agak berantakan). Hair colorist Matrix Indonesia, Mas Hans, meratakan beberapa area rambut saya yang telah di-bleach menggunakan Matrix Cream Developer 6% yang bisa dibilang masih tergolong ramah pada rambut, lalu bagian ujung rambut saya pun dicat hitam agar hasil warna burgundy tampak lebih menonjol. Mas Hans menjelaskan bahwa ia akan menerapkan teknik pewarnaan ChocoMelt khas Matrix yang membuat warna rambut seakan-akan ‘meleleh’. Dan karena saya memilih warna burgundy, hasil akhirnya dinamakan ChocoCherry!






    Nah, setelah proses tersebut selesai, rambut saya siap untuk dicat burgundy. Mas Hans mewarnai seluruh rambut saya menggunakan Wonder.Color shade 4.56, kemudian saya menunggu sekitar 30 menit hingga cat meresap ke dalam batang rambut. Saya rasa proses pengecatan rambut pun nyaman—kulit kepala saya tidak gatal, serta saya tidak mencium aroma cat rambut yang tidak enak. 

    Dan setelah menunggu… voila! Saya bisa melihat hasilnya, dan saya benar-benar puas. Warna burgundy Wonder.Color terlihat jelas, bahkan pada area rambut saya yang hitam pun terlihat cukup nyata. Saya juga menyukai hasil teknik pewarnaan ChocoMelt yang membuat corak burgundy lebih menonjol. Love it! Dengan warna rambut ini, saya merasa seperti Scarlett Johansson sebagai Black Widow, hehehe… Bagaimana menurutmu, girls? 




    Kissy Tries Wonder.Color ChocoToffee!

    Sama seperti Shamira, beberapa area rambut saya juga di-bleach terlebih dahulu sebelum dicat. Rambut saya memang sebelumnya sudah dicat dan warnanya sudah agak luntur, jadi sebelum menggunakan Wonder.Color, Mas Hans meratakan warna rambut saya terlebih dahulu agar hasil Wonder.Color lebih maksimal. 

    To be honest, ini adalah kali pertama saya mencoba bleaching! Saya sempat khawatir rambut akan menjadi kasar, terlihat kusam, dan mudah rapuh. Namun ternyata, produk bleaching yang digunakan oleh Matrix tidak menyebabkan kerusakan (FYI: saya baru melakukan tes kulit kepala dan batang rambut, dan hasilnya masih cukup baik!), bahkan tetap aman saat menyisir. 

    Saya menggunakan pewarna rambut Wonder.Color shade 5.25 yang berwarna cokelat gelap. Pada awalnya, saya mengira bahwa produk ini akan menghasilkan warna cokelat kekuningan, karena saya menginginkan hasil tampilan ash brown—but Mas Hans did a good job! Sejak awal perawatan, ia menjelaskan dengan detail fungsi dari setiap tahapan, bahkan memberikan saran yang tepat mengenai perawatan rambut berwarna. Hasilnya? Definitely love it.




    Girls, itulah pengalaman Cosmo mencoba cat rambut Wonder.Color dari Matrix. Cosmo rasa proses pengecatan menggunakan Wonder.Color sungguh nyaman, dan hasilnya pun memuaskan! Cosmo cukup takjub dengan warna cat yang dapat terlihat pada rambut yang tidak di-bleach. Jika tertarik, kamu bisa mencoba Wonder.Color di salon terdekat yang menyediakan produk Matrix.


    (Shamira Natanagara & Kissy Aprilia / Ed. / Opening Image: Dyah Puspasari / Images: Dok. Matrix Professional Haircare & Color Indonesia, Cosmopolitan Indonesia)