Love & Sex

15 Cara Untuk Menjadi Wanita Lajang yang Bahagia!

  by: Kezia Calesta       16/12/2019
  • Are you single? Ya? Terus, kenapa harus menurunkan volume suara? Enyahkan sikap malu, dan kesempatan menjadi single and happy sebentar lagi jadi milikmu! Saatnya menerima kondisi sepenuhnya dan mensyukuri apa yang sudah dikaruniakan (pekerjaan, keluarga, kesehatan, dan karier), juga mencintai diri apa adanya. Hal ini adalah modal utama untuk membawa kamu ke puncak kejayaan – simak 15 cara Cosmo untuk menikmati hidup lajang kamu secara maksimal.


    1. Berhentilah mendengarkan pendapat orang lain

    Orang boleh bilang apa saja, tapi ingat, tak perlu didengarkan jika kamu memang tak merasa butuh pendapat dari orang yang bersangkutan. Bukan hanya karena dia keluarga atau temanmu, lalu dia tahu betul apa yang kamu inginkan… karena orang yang paling cocok dimintai pendapat mengenai kehidupan asmara kamu adalah dirimu sendiri!




    2. Jangan diambil hati

    “Masih sendiri?” atau “Kamu tak mau nikah, ya?” atau, “Kamu sedang konsentrasi kerja?” atau, “Kamu terlalu pilih-pilih, sih.” Beberapa pertanyaan ini pasti pernah kamu dengar. Pada awalnya, sih, pastinya kamu masih merasa biasa-biasa saja… tapi kalau pertanyaan macam itu terus dilontarkan, kamu pasti merasa sebal, kan?



    Daripada diambil hati, ingat bahwa wanita yang berpasangan kerap tak bisa lagi mengerti kenapa seseorang memilih hidup sendiri. Kedua, orang lebih suka membicarakan masalah orang lain daripada diri sendiri. So, tak perlu terlalu ditanggapi… because they don’t know you like you do!


    3. Jangan terima kencan secara terpaksa

    Kencan, bertemu orang lain atau melatih kemampuan flirting itu memang menyenangkan. Tapi bukan berarti juga kamu terima ajakan kencan dari siapa saja tanpa filter lebih dulu! Selain menghabiskan waktu dan uang, sembarangan kencan justru akan membuat kepercayaan diri kamu melorot. Berkencanlah hanya saat si calon adalah pria yang betul-betul menarik perhatian kamu, atau setidaknya memenuhi beberapa kriteria pria potensial!


    4. Tanyakan kepada diri sendiri apa yang sebetulnya kamu inginkan

    Mencari Prince Charming itu sebetulnya sama dengan mencari sepatu. Kamu perlu mendapatkan model yang disenangi, pas saat dikenakan, dan nyaman saat dipakai jalan. Nah, begitu juga dengan mencari pria idaman. 

    Buatlah daftar karakteristik ideal yang kamu dambakan: tujuan hidup, pandangan soal keluarga, hobi dan ambisi. Buatlah daftar serealistis mungkin… jika daftar yang kamu buat itu memang masuk akal, silakan teruskan misi kamu!


    5. Tahu apa yang TIDAK kamu inginkan

    Dalam waktu bersamaan, kenali juga apa yang tak kamu inginkan. Tuliskan apa saja yang tidak kamu sukai dari seorang pria, termasuk prioritasnya – mulai dari kriteria yang paling “berat” hingga yang masih bisa dinegosiasi. Daftar ini membuat kamu makin mengerti dengan baik apa yang kamu inginkan.



    6. Harus realistis

    Setelah kamu bikin daftar, periksa lagi apa yang kamu tulis. Jika kriteria yang tertera dalam daftar terlalu tinggi, bisa-bisa tak ada pria yang bisa memenuhi keinginan kamu.


    7. Jangan terbelenggu masa lalu

    Semua orang pasti pernah punya pengalaman pahit di masa lalu, begitu juga dengan kamu. Jadi bila kamu belum sempat menumpahkan perasaan dengan menangis, lakukanlah dahulu hingga puas, then stop! Jika terus-terusan hanyut dengan kenangan masa lalu, kapan mau move on?


    8. Jangan terobsesi punya tubuh sempurna

    Cintai tubuhmu – wanita sempurna dengan bentuk tubuh bak supermodel, pintar, sukses, cantik, baik hati, dan mampu menemukan pria idaman secepat kilat itu tak ada di dunia ini. Tak heran, kan, jika banyak selebriti terkenal yang hingga kini masih melajang? Jangan pernah menganggap kalau tubuh seksi jadi satu-satunya jalan untuk mendapatkan kekasih!





    9. Tingkatkan kemampuan bergaul

    Siapa bilang ini main-main? Ketentuan ini berlaku apalagi jika kamu tergolong wanita pemalu. Pelajari bahasa tubuh dan juga cara berinteraksi dengan orang lain, lalu pilih topik-topik ringan yang menarik untuk memulai pembicaraan. Banyak latihan akan membuat kamu makin terbiasa dan lebih luwes berhadapan dengan orang banyak.


    10. Perhatikan penampilan

    Bukan berarti kamu harus makeover dan beli outfit bermerek yang berharga mahal. Berpenampilan menarik terkadang tak perlu terlalu harus merogoh kantong – yang penting adalah tampil sesuai dengan kepribadian dan memancarkan sifat percaya diri. Ditambah lagi, jagalah kebersihan tubuh dan rawatlah tubuh agar tetap sehat!


    11. Jangan menutup diri

    Apakah kamu sedang mencari seorang calon pasangan? Jika ya, tunjukkan minat dan jangan takut untuk berkenalan dengan orang-orang baru. Jika nyaman dengan status lajang pun, tidak berarti kamu selalu menolak ajakan teman untuk pergi ke pesta atau nongkrong di tempat baru. Intinya, jangan lewatkan kesempatan untuk menjalin koneksi! Kamu tidak akan rugi, kok.



    12. Miliki profesi yang menyenangkan

    Pekerjaan akan membuat kamu selalu sibuk. Selain itu, pekerjaan adalah tempat mencurahkan aspirasi, ide, dan kemampuan… maka agar hidup jadi seimbang, miliki profesi yang kamu dambakan. Jika kamu ingin melakukan prestasi dalam hidup, saatnya bekerja keras untuk meraih impianmu! Tapi kalau karier bukan merupakan prioritas dan kamu lebih ingin menikah dan berumah tangga, itu lain persoalannya.


    13. Dikelilingi orang-orang tercinta

    Dari penelitian, wanita lajang rata-rata punya kondisi kesehatan yang lebih bagus dan hidup lebih panjang daripada pria lajang. Why? Berada di sekitar orang-orang tercinta (sahabat, keluarga, rekan kerja setia) akan membuat kamu makin nyaman dan hidup tetap “ramai”. 


    14. Nikmati kebebasan dan nikmati hidup

    Nikmati setiap detik kehidupan lajang kamu, karena jika suatu hari kamu menikah dan punya anak, semuanya akan berbeda. Jika tak sempat menikmati masa bebas ini, kemungkinan besar kamu akan menyesal. Di sekeliling kamu, pasti terdapat orang-orang yang setia, mendukung dan peduli – maka berikan penghargaan dan penghormatan kepada mereka, karena tanpa mereka, mungkin kamu tidak akan bisa berjalan sejauh ini.



    15. Yakinkan diri

    Kendali ada di tanganmu. Hanya kamu yang tahu medan yang dihadapi dengan pasti. Biar saja jika keluarga mendesak kamu untuk segera mencari pacar dan menikah jika kamu merasa karier adalah prioritas! Sebaliknya, jika kamu memang sedang mencari pasangan hidup, jangan hanya duduk manis dan menunggu Prince Charming. Sebaliknya, fokus dengan kebahagiaan sendiri, and work on becoming a better you. Bagaimana kamu bisa mengharapkan seorang pria untuk jatuh cinta denganmu jika kamu tidak mencintai dirimu sendiri?


    (Image: doc. Torwai Suebsri©123RF.com / Source: Cosmopolitan "Oh, I'm So In Love... Relationship And Romance Guide Book")