Beauty

Cara Jitu Atasi Rambut Bercabang Tanpa Potong Rambut

  by: Kezia Calesta       17/12/2019
  • Masalah rambut bercabang seringkali dihadapi oleh wanita berambut panjang. Ya, potong rambut memang merupakan solusi yang paling cepat dan efektif, namun tidak semua wanita rela memperpendek mahkota mereka! Jangan khawatir, karena kamu juga bisa merawat rambut dan mencegah kerusakan berlanjut dengan mempraktikkan tips dari Cosmo.


    Rambut bercabang disebabkan oleh…

    Faktor external seperti hair styling, bahan kimia, sinar UV, polusi, dan air panas akan mengikis lapisan pelindung rambut secara perlahan. Akibatnya? Rambut yang kering, rusak, dan bercabang.




    1. Pilih sisir rambut yang tepat

    Saat mengaplikasikan kondisioner, gunakan sebuah sisir bergigi besar untuk menyisir rambut dari tengah ke bawah. Tindakan ini akan membantu menangani rambut kusut. Saat keramas, pijat kulit kepala dengan gerakan zigzag yang lembut dari atas ke bawah – jangan kumpulkan semua rambut di atas kepala karena tindakan ini akan mengakibatkan rambut kusut yang mudah patah.


    2. Gunakan alat hair styling berkualitas

    Hair styling dengan menggunakan hair straightener atau curling iron secara rutin dapat merusak rambut dengan cepat, maka pastikan kamu menggunakan alat yang berkualitas untuk meminimalisir kerusakan. Meskipun alat rambut yang tidak bermerek dan on sale selalu menggiurkan, alat yang tidak berkualitas tinggi dapat mengakibatkan overheating yang dapat membakar rambut. So, pilihlah brand yang terpercaya dan jangan malas mengeluarkan uang… ini demi kesehatan rambutmu!


    3. Keringkan rambut dengan cara yang benar

    Gunakan nozzle pada ujung hair dryer agar aliran udara lebih terkendali dan fokus ke satu bagian rambut saja. Keringkan rambut dari satu bagian ke bagian lain, dengan gerakan dari atas ke bawah. Namun ingat, kalau bisa menghindari penggunaan hair dryer, lebih baik diamkan dan biar rambutmu kering secara alami saja!




    4. Batasi treatment yang merusak rambut

    Treatment seperti mewarnai rambut, straightening, perm, dan lain-lain dapat mengakibatkan trauma dalam rambut dan menimbulkan rambut bercabang. Bila baru melakukan treatment, jangan membilas rambut selama 48 jam setelahnya, karena rambut kamu sedang berada di kondisi yang paling rapuh. Bila kesehatan rambut merupakan prioritas utama kamu, hindari semua bahan kimia dan treatment yang berbahaya!


    5. Perbaiki diet

    Asupan makanan yang sehat dapat membangun protein yang menyehatkan rambut, lho. Pastikan bahwa nutrisi yang kamu terima setiap hari cukup! Folic acid memperbanyak produksi sel darah merah yang melancarkan pertumbuhan rambut, maka perbanyak konsumsi sayuran dan dedaunan hijau, gandum, kacang kedelai, brokoli, dan buah jeruk. Biotin juga dapat memperkuat rambut, maka ingat untuk mengkonsumsi nasi merah, kacang polong, biji bunga matahari, dan kacang walnut. A healthy body makes healthy hair!


    (Image: doc. Roman Samborskyi©123RF.com)