Career

20 Tips Karier Bagi First Jobber untuk Menyambut Tahun 2020

  by: Alexander Kusumapradja       20/12/2019
  • Memasuki usia 20 tahun dan memulai karier profesional merupakan hal yang mendebarkan bagi siapa saja, khususnya bagi para wanita muda. Terlepas dari banyak contoh sukses wanita yang menjadi pemimpin di bidangnya, namun faktanya kaum wanita masih sering dipandang sebelah mata dan harus membuktikan diri ekstra keras untuk mendapat pengakuan yang sama dengan kolega pria. Menurut sebuah artikel di Harvard Business Review, banyak pekerja wanita yang tidak berani bicara atau percaya diri di tempat kerja yang kemudian menghambat mereka mendapat promosi penting. Terkadang, yang kamu butuhkan adalah tips sederhana untuk membangun rasa percaya diri. Berikut adalah 20 tips bagi wanita karier berusia 20 tahunan yang bisa diterapkan untuk resolusi 2020:

    via GIPHY



    1. Amati etos kerja atasanmu. Perhatikan cara atasan atau orang yang lebih senior dari kita dalam bekerja, entah itu melakukan presentasi, cara mereka menyelesaikan masalah, membuat deck, menghadapi klien, hingga kebiasaan sehari-hari yang positif dan bisa kita tiru.

    2. Berani menerima kritikan karena kritik membangun termasuk bagian penting dari proses pembelajaran kita. Sepahit apapun sebuah kritikan, hal itu jauh lebih bermanfaat bagi kita dibanding kebohongan yang manis atau basa-basi kosong.

    3. Ikuti workshop, pelatihan, dan jangan lewatkan kesempatan untuk mendapat pengalaman dan pelajaran baru .

    4. Bersikap kreatif dan inovatif di tempat kerja. Kamu masih muda dan punya pandangan segar di bidangmu. Jangan ragu untuk menyampaikan idemu dan berpikir outside of the box.

    5. Jangan berpikir kamu tidak boleh bergaya feminin agar bisa disegani orang lain di kantor. Penampilanmu di kantor adalah pilihan pribadimu. Asalkan masih masuk ke dalam dress code kantor, sopan, dan tetap profesional, kamu boleh memakai gaya feminin yang kamu suka.

    via GIPHY

    6. Jangan sungkan atau malu meminta tolong. Bila kamu merasa tidak sanggup melakukan sebuah tugas seorang diri atau kewalahan, tak ada salahnya meminta bantuan pada rekan kerja. Sampaikan terima kasih setelahnya, baik secara lisan maupun gestur seperti mengirim pesan atau mentraktir makan. Sampaikan rasa terima kasihmu dengan lugas dan jelas secara verbal.

    7. Coba berhemat dengan cara-cara sederhana. Bawa bekal makan siang sendiri dari rumah, bawa botol air minum sendiri jadi kamu tak perlu membeli air mineral tambahan, manfaatkan promo-promo yang ada. Tujuan utama kita ke kantor adalah mencari uang, bukan menghamburkannya.

    8. Bersikap ramah pada siapa saja di tempat kerja. Dari mulai kolega, atasan, hingga para office boy, satpam, tukang parkir, ibu kantin, pokoknya siapa saja. Bersikap ramah di tempat kerja tak hanya menciptakan suasana yang lebih positif baik bagi dirimu maupun orang lain, tapi juga membangun kesadaran bahwa kamu harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan orang lain untuk bisa sukses.

    9. Mumpung masih muda, kamu boleh bersikap ambisius dalam karier namun tetap ingat tempatmu saat ini, hindari membuat drama atau konflik di kantor dan melangkahi wewenang orang lain.

    10. Bersikap fleksibel. Jabatan kita bisa berubah. Jangan merasa kita terlalu superior untuk mengerjakan hal-hal yang terlihat sederhana atau remeh karena dari cara kita menangani persoalan sederhana tersebut, orang bisa menilai watak dan kemampuan kita. Pengalaman dan pelajaran baru dari tempat atau tugas yang tak disangka pada akhirnya membentuk kita menjadi lebih ahli di bidang yang kita tekuni.

    via GIPHY

    11. Jangan meremehkan edukasi. Bila kamu punya kesempatan dan niat untuk mengenyam bangku pendidikan kembali, maka kejar lah. Namun, ingat kalau kamu tak harus mengeluarkan biaya besar untuk pendidikan. Masih banyak pilihan lain yang mungkin lebih terjangkau seperti kursus atau kelas malam dan tak ada salahnya untuk mempertimbangkan biaya dan waktu untuk hal itu.

    12. Usahakan untuk tak membawa urusan percintaan pribadi ke tempat kerja. Kita tahu putus cinta adalah hal menyebelkan namun menangisi mantan sampai mengacaukan pekerjaan kita jelas bukan hal bertanggungjawab di umur kita saat ini. Hindari juga terlibat cinta lokasi dengan kolega, selain karena ada beberapa perusahaan yang melarang, hubungan di satu kantor yang gagal dan kamu masih harus bertemu dengan orang itu setiap hari di kantor akan menjadi sesuatu yang sangat menyebalkan. Percaya deh.



    13. Tetap update soal informasi dan perkembangan terbaru di bidangmu. Baca artikel dan blog agar wawasanmu tetap terjaga dan makin luas.

    14. Bersikap sopan. Kamu tidak harus menyukai semua orang di kantor, namun kamu tetap harus bisa bersikap profesional dan menunjukkan respek pada siapapun. Perhatikan detail dari gesture-gestur kecil seperti eye contact dan jabatan tangan.

    15. Selalu punya rencana cadangan untuk apapun. Merasa sudah tidak betah di kantor sekarang? Mulai rencanakan pilihan kariermu berikutnya, rencanakan apakah kamu mau langsung bekerja lagi setelah resign atau ingin beristirahat dulu yang artinya kamu harus menyiapkan tabungan di saat kamu belum mendapat pemasukan rutin kembali.

    via GIPHY

    16. Jangan pernah merasa lebih rendah secara profesional karena kamu wanita. Wanita mungkin masih dianggap minoritas dalam bangku pemimpin dan posisi manajerial, tapi anggap hal itu sebagai tantangan dan kesempatan. Terkadang kamu mungkin merasa kamu harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan pengakuan yang sama dengan kolega priamu, jangan pikirkan hal itu sebagai hambatan, tapi sebagai pecutan untuk membuktikan dirimu lebih baik lagi.

    17. Cepat atau lambat kamu mungkin berpikir ulang tentang apa yang ingin kamu kerjakan. Pahami bahwa sama sekali tak ada yang salah dengan hal itu asalkan kamu bisa bertanggung jawab pada perubahan karier yang kamu pilih.

    18. Tetap menjaga hubungan baik dengan kantor lamamu. Meskipun tak bekerja bersama lagi, alangkah baiknya tetap menjaga silaturahmi dan kita tak akan pernah tahu apakah suatu saat kita akan mendapat bantuan atau kesempatan dari mereka.

    19. Jangan takut menyampaikan gagasan ke atasan. Kamu mungkin tak pernah tahu hasilnya, tapi hal itu lebih baik dibanding kamu hanya menyimpan gagasan itu sendiri dan menghambat kesempatanmu untuk menunjukkan kemampuanmu.

    20. Belajar sabar. Memang rasanya mudah untuk frustrasi ketika kamu merasa belum meraih apa yang kamu inginkan dalam karier. Faktanya, semua hal baik butuh waktu dan menjaga sikap positif adalah hal penting untuk memotivasi diri kita. Tetap semangat, fokus, dan berani bermimpi.

    via GIPHY

    (Alex. K / Image: Paige Cody on Unsplash)