Beauty

8 Cara Merawat Kulit Tanpa Bantuan Produk

  by: Kezia Calesta       18/12/2019
  • Apakah kamu sudah merawat kulit dengan baik? Girls, kamu boleh memiliki produk perawatan kulit termahal, namun sayang sekali jika kamu masih melakukan banyak kebiasaan buruk yang dapat merusaknya. Selain menjaga kulit dengan skincare favorit, kamu juga wajib mengikuti tips alami dari Cosmo berikut… demi kesehatan kulitmu sendiri! 


    1. Batasi waktu di bawah sinar matahari

    Ya, sunscreen memang membantu menjaga kulit… namun jika kamu sedang tidak menggunakannya, saatnya menghindari sinar matahari! 90% penyebab dari penuaan kulit adalah paparan sinar matahari, khususnya untuk orang dengan warna kulit yang lebih terang. So, batasi waktu di bawah sinar matahari bila kamu sedang tidak memakai sunscreen, ya.




    2. Tidur dengan sarung bantal berkualitas

    Apakah kamu biasanya tidur dengan posisi tubuh menyamping? Kebiasaan tidur ini dapat mengakibatkan wajah yang bergesek ke sarung bantal setiap hari… dan lama kelamaan, kebiasaan ini dapat menyebabkan keriput. Bila kamu ingin berinvestasi demi kulit yang lebih awet muda, belilah sarung bantal berbahan sutra atau satin. Bahannya yang sangat lembut dapat menangani kulit dengan lebih baik, ditambah lagi bisa juga meminimalisir bad hair day!


    3. Minum banyak air putih

    Meskipun air putih tidak menghidrasi kulit secara langsung, kebiasaan baik ini dapat melancarkan sistem tubuh untuk bekerja dengan lebih baik. Meminum banyak air putih dapat membantu lambung menghancurkan toksin, mengurangi efek bloated, memperlancar fungsi ginjal (yang nantinya akan mengurangi lingkaran gelap di bawah mata), juga meringankan kondisi kulit seperti psoriasis dan eczema. Maka dari itu, ingat untuk mengecek warna urin setiap kali kamu membuang air kecil - semakin jernih warnanya, semakin baik!


    4. Mengurangi konsumsi gula

    Diet juga sangat berdampak terhadap kesehatan kulit. Bila sumber energi yang biasanya kamu konsumsi bergula atau merupakan karbohidrat sederhana, kamu dapat melihat efek buruk dari diet tersebut di kulitmu. Did you know? Mengkonsumsi banyak gula dapat menaikkan kadar insulin dan mengakibatkan inflamasi. Nah, proses ini juga akan mengakibatkan serat kolagen yang melemah dan mengendur… so, bila kulit wajah kamu terasa kering, berjerawat, dan mudah terbakar sinar matahari - ini salah satu tanda bahwa kamu perlu memperbaiki diet.


    5. Jangan sering menyentuh wajah

    Sering tergoda untuk memecahkan jerawat yang membandel? Tindakan ini hanya akan memuaskan kamu di awal, namun pada akhirnya akan mengakibatkan kerusakan permanen pada wajah dan meninggalkan luka. Menggaruk atau menyentuh wajah dengan kotor juga bisa mengakibatkan luka atau flek coklat. No, thanks!




    6. Bilas wajah dengan air hangat

    Gunakan air hangat, bukan panas! Saat membilas wajah dengan air yang terlalu hangat, minyak dalam kulit wajah kamu dapat mengeluarkan semua minyak yang dibutuhkan untuk menjaga kelembapan kulit. 


    7. Cuci makeup brush secara rutin

    Mungkin kamu sudah membuang makeup lama yang sudah kadaluarsa, namun ingat bahwa bakteri, minyak, debu, dan keringat juga terakumulasi di makeup brush. Jika kamu tidak membersihkannya secara rutin, semua bakteri yang terkumpul hanya akan tersebar di seluruh kulit wajahmu saat menggunakan makeup. Kebiasaan ini akan menimbulkan inflamasi, pori-pori tersumbat, dan jerawat.


    8. Hindari asap rokok

    Saat tembakau dibakar, asapnya mengandung radikal bebas yang dapat merusak DNA sel kulitmu. Akibatnya, kandungan kolagen dan elastin yang membuat kulitmu awet muda akan berkurang. Asap rokok juga dapat menghambat peredaran darah dan memperlambat distribusi oksigen, vitamin, dan nutrisi dalam tubuh. Alhasil, wajah pun akan cenderung berjerawat atau menimbulkan komedo.


    (Image: doc. Nadezda Korobkova©123RF.com)