Better You

Inilah 6 Manfaat Minum Teh Untuk Kesehatan!

  by: Fariza Rahmadinna       19/12/2019
  • Ladies, apakah kamu termasuk orang yang sering minum teh di pagi hari? Good for you! Karena menurut penelitian, minum teh sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan, termasuk salah satunya mencegah penyakit kanker. Berikut ini Cosmo rangkum enam manfaat minum teh untuk kesehatan yang wajib kamu tahu. Keep scrolling, girls!


    1. Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke




    Manfaat minum teh secara rutin di pagi hari adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini membuat teh berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kandungan flavonoid dalam teh mampu melindungi organ vital tubuh dan mencegah kerusakan sel, karena flavonoid serupa dengan antioksidan dan dapat mengurangi risiko kanker, hipertensi, bahkan diabetes!


    2. Membantu Menurunkan Berat Badan


    Teh bisa menjadi minuman yang rendah kalori tanpa mencampurkannya dengan gula ataupun susu. Jenis minuman yang satu ini juga dapat membantu memecah lemak dan karbohidrat menjadi energi serta berperan dalam menjaga gula darah tetap stabil. Dengan mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh, kamu dapat membantu mengurangi lemak yang ada di sekitar tubuh kamu. 


    Baca juga : Ini Alasan Anda Tidak Boleh Minum Teh dengan Susu


    3. Mencegah Kanker


    Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang disebut EGCG (Epigallocatechin Gallate) yang dipercaya mampu mengurangi pertumbuhan tumor dan mencegah penyebaran sel kanker. Selain itu, antioksidan dalam teh juga dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit. Tidak hanya teh hijau saja, teh hitam juga dipercaya mampu mencegah kanker karena kandungan flavonoidnya. 


    4. Menghidrasi Tubuh


    Manfaat minum teh selanjutnya yaitu dapat menghidrasi tubuh. Teh hitam dikenal dapat membantu proses hidrasi di dalam tubuh. Cobalah mengonsumsi teh hitam tanpa gula yang dapat membuat tubuh kamu terhidrasi dengan baik. 




    Baca juga : Ini Dia 7 Manfaat Alami Teh Hijau Bagi Kesehatan Rambut


    5. Mengurangi Risiko Diabetes


    Hal ini disebabkan kandungan flavonoid dalam teh mampu mengurangi tingginya kadar gula darah. Sedangkan untuk penderita diabetes, kandungan polifenol dalam teh juga dapat membantu menjaga resistensi insulin. 


    6. Menjaga Kesehatan Pencernaan


    Kandungan antioksidan polifenol dalam teh hitam dipercaya mampu mengontrol pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat di dalam usus. Sifat anti-mikrobanya juga dapat membunuh zat berbahaya di dalam usus, sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan kamu. 


    Oh ya girls, pastikan kamu mengonsumsi teh organik yang bebas pestisida, agar kamu dapat merasakan manfaat teh secara maksimal, bukan malah sebaliknya. Cukup konsumsi teh sebanyak 150-200 ml per hari. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah perut kembung. Hindari juga menambahkan pemanis buatan ke dalam teh kamu untuk mengurangi risiko diabetes. Jika kamu ingin menambahkan rasa manis pada teh, pilih pemanis alami seperti bubuk kayu manis atau madu.


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Debby Hudson on Unsplash)