Lifestyle

10 Film Box Office Terbaik Satu Dekade Ini (2010-2019)

  by: Givania Diwiya Citta       20/12/2019
  • Tahun 2020 yang segera datang akan menandai awal dekade baru. Tak terasa, sudah satu dekade pula kita menyaksikan scene film global yang semakin berwarna, kritis, menghibur, segar, bahkan sulit ditebak. Kali ini, Cosmo akan merangkum 10 film box office di masing-masing tahun, yang menampilkan performa terbaik, dan tentu saja, layak jadi daftar film untuk ditonton ulang demi menyambut satu dekade mendatang yang akan diisi dengan lebih banyak sineas dan sinema kreatif!


    Inception (2010)





    Disutradari oleh Christopher Nolan, dan dibintangi Leonardo DiCaprio, Joseph Gordon-Levitt, sampai Marion Cotillard, film sci-fi action ini dilantik sebagai salah satu film terbaik di tahun 2010. Bagaimana tidak, Inception dinominasikan ke dalam delapan kategori dalam Oscar, dan sukses membawa pulang empat pialanya: Best Cinematography, Best Sound Editing, Best Sound Mixing, dan Best Visual Effects.


    The Help (2011)



    Diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Kathryn Stockett, The Help jadi film segar yang menyoroti sejarah dan kultur selama Civil Rights Movement tahun 1963 yang terjadi di Jackson Mississippi. Film ini sukses menyabet titel Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture dalam Screen Actors Guils Award. Viola Davis, Octavia Spencer, dan Jessica Chastain yang membintangi film ini juga tak kalah mendapat sorotan. Di ajang Oscar, Viola dinominasikan sebagai Best Actress, kemudian Octavia pun menang dalam kategori Best Supportung Actress. 


    Zero Dark Thirty (2012)



    Berangkat dari perjalanan Amerika dalam memburu Osama bin Laden akibat serangan terorisme 9/11, film yang telah didramatisasi ini meraih acclaim tinggi. Daftarnya adalah dinominasikan dalam lima kategori di ajang Oscar, lalu dinominasikan dalam Golden Globe Award untuk Best Motion Picture – Drama, Best Director, dan Best Screenplay. Bahkan Jessica Chastain menang untuk kategori Best Actress in a Motion Picture – Drama. Kudos!


    Gravity (2013)



    Siapa yang tidak ingat adegan demi adegan menegangkan yang dilalui Sandra Bullock dan George Clooney saat harus menyelamatkan diri dari Space Shuttle yang rusak… Cosmo can’t hardly breathe! Begitu pula dengan penghargaan yang diterima oleh film ini, yang datang bertubi-tubi! Di Grammy saja, Gravity menerima 10 penghargaan dan sukses memenangkan tujuh penghargaan termasuk Best Director dan Best Cinematography. Sementara itu, film ini juga menang enam BAFTA Awards, membawa pulang satu piala Golden Globe, dan mendapat tujuh penghargaan di Critics’ Choice Movie Awards.


    Gone Girl (2014)



    Film psychological thriller yang diangkat dari novel Gillian Flynn ini diterima dengan baik oleh kritikus sekaligus sukses secara komersil. Karena dengan grossing hingga $369 juta, Gone Girl resmi jadi film paling menguntungkan yang pernah digarap oleh David Fincher. Rosamund Pike yang memerankan Amy juga meraih nominasi sebagai aktris terbaik dalam Oscar, Golden Globe Award, BAFTA Award, dan Screen Actors Guild Award. 


    Spotlight (2015)





    Sorotan tahun 2015 rasanya ada pada film Spotlight ini, literally. Film drama biografi Amerika ini menceritakan tentang tim jurnalis investigasi yang menguak kasus pelecehan seksual terhadap anak di area Boston. Dengan pemain seperti Mark Ruffalo, Rachel McAdams, Michael Keaton, film ini sukses mendulang penghargaan sebagai Best Picture dalam Oscar, dan berhasil ditayangkan di festival film dunia mulai dari Venice International Film Festival sampai Toronto International Film Festival.


    La La Land (2016)



    Ayo mengaku siapa yang awalnya tak terlalu menggemari film musikal lalu jatuh cinta dengan La La Land? Damien Chazelle yang duduk di bangku sutradara sukses menggarap film musikal romantis ini lengkap dengan segala unsur emosi drama serta komedinya. Singkat cerita dari segala perjuangan produksinya, La La Land dapat pujian besar. Mulai dari memecahkan rekor bahwa telah memenangkan tujuh penghargaan dari total tujuh nominasi dalam Golden Globe, sampai (memecahkan rekor juga) di Oscar karena dinominasikan ke dalam 14 kategori. No further ado needed!


    Coco (2017)



    Nope. Bukan berarti ini film animasi, Coco tidak didedikasikan bagi orang dewasa. Cosmo was crying a river when watching it! Dengan mengangkat konsep dari hari raya Day of the Dead di Meksiko, Coco berhasil mengangkat cerita keluarga, kepercayaan, dan cinta secara kasual namun dramatis, menghibur sekaligus mengharukan. Coco telah dilantik National Board of Review sebagai Best Animated Film tahun 2017, dan menang dua piala Oscar untuk Best Animated Feature dan Best Original Song untuk Remember Me. Sing along everybody


    A Star Is Born (2018)



    Tidak bisa dipungkiri, kehadiran Lady Gaga sebagai pemeran utama adalah sebuah scene stealer! Tak hanya itu, film ini juga terpilih sebagai salah satu dari 10 film teratas tahun 2018 oleh National Board of Review dan American Film Institute. Sukses secara kritik dan sukses secara komersil, film ini meraih delapan nominasi di ajang Oscar dan lima nominasi dalam Golden Globe. Yang mereka bawa pulang? Masing-masing piala untuk Best Original Song, Shallow. We surely can’t get the song out of our brain!


    Parasite (2019)



    Siap-siap beri tepuk tangan… karena Parasite adalah film Korea pertama yang memenangkan Palme d’Or alias penghargaan tertinggi di Cannes Film Festival 2019! Saat pertama dirilis pada quarter kedua tahun 2019, Parasite tak butuh waktu lama untuk meraup keuntungan $125 di se-lu-ruh dunia, dan dipilih Time sebagai salah satu dari 10 film terbaik sepanjang tahun 2019. We. Won’t. Doubt.


    (Givania Diwiya / Image: JESHOOTS.COM on Unsplash)