Better You

Berapa Banyak Kalori yang Tubuh Bakar dalam Sehari?

  by: Yovita Pratiwi       22/12/2019
  • Gaya hidup sehat tentunya lebih baik dibanding kebiasaan menghitung kalori. Namun, jika kamu sedang dalam perjalanan menurunkan berat badan, kamu mungkin ingin lebih memerhatikan kalori yang dikonsumsi. Kalori adalah sebuah unit energi yang digunakan untuk mengukur makanan, dan jika kita mengonsumsi makanan serta minuman dengan kalori yang lebih banyak dibanding yang terbakar lewat olahraga, tubuh kita akan menyimpannya sebagai lemak. Hal inilah yang membuat berat badan naik.


    Kebanyakan pelatih dan ahli diet akan menggagaskan defisit kalori sebagai upaya menurunkan berat badan. Hal ini berarti makan dalam jumlah yang lebih sedikit, sehingga dapat menyebabkan berat turun. Apakah kamu penasaran berapa banyak kalori yang kamu bakar untuk mengetahui berapa banyak makanan yang boleh kamu konsumsi?




    Setiap orang memiliki gaya hidup dan aktivitas yang berbeda-beda. Ada pekerjaan yang mengharuskan bergerak lebih banyak, ada yang hanya duduk di depan layar komputer. Yuk, cari tahu berapa banyak kalori yang kamu bakar setiap harinya!


    Apa itu kalori?


    Sebuah kalori–singkatan dari kilokalori (kkal)– merupakan sebuah cara untuk mengukur unit energi yang ditemukan pada makanan dan minuman. Tubuh kita membutuhkan standar minimum kalori supaya tetap sehat dan dapat beraktivitas menjalani hari. Namun, jika kita makan dan minum lebih dari yang kita bakar, tubuh akan menyimpan kalori lebih tersebut menjadi lemak. Rata-rata, pria membutuhkan sekitar 2.500 kalori (kkal) sehari untuk menjaga berat badan sehat, sementara rata-rata wanita membutuhkan sekitar 2.000 kkal. 


    Tentunya, itu merupakan pedoman umum. Ada wanita yang mampu membakar kalori lebih banyak dari pria. Oleh karena itu, terkadang dibutuhkan pengukuran secara individu. 


    Bagaimana cara mengukur kalori yang terbakar?


    Jenis kelamin, usia, berat badan, dan aktivitas memengaruhi banyaknya kalori yang kamu bakar. Aktivitas olahraga dihitung dalam ekuivalen metabolik yang dikenal sebagai METs. Meskipun perhitungan ini tak mencakup tingkat kebugaran, kamu dapat menggunakan rumus METs untuk menghitung berapa banyak kalori yang kamu bakar pada setiap aktivitas.


    Pengeluaran energi (kalori/menit) = 0.0175 x MET x berat (dalam kilogram)


    Sebagai contoh, jalan cepat dihitung sekitar empat METs, sedangkan latihan beban dihitung sekitar lima, berenang adalah enam, dan berlari adalah 11.5.


    Setelah kamu mengetahui perhitungan ini, kamu dapat aplikasikan pada rutinitas harian kamu. Contohnya, jika kamu jalan kaki selama 20 menit ke kantor setiap pagi, hitung berapa banyak kalori yang kamu bakar. Meskipun awalnya membingungkan, namun lama-lama kamu akan lebih terbiasa dalam menghitung kalori yang dibakar. 


    Apakah wanita membakar lebih sedikit kalori dibanding pria?

    Rata-rata, ya. Karena pria kebanyakan memiliki lebih banyak otot, tulang yang lebih berat, dan lemak yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan wanita dengan usia dan tinggi yang sama. Pria biasanya mampu membakar lebih banyak kalori daripada wanita. 


    Berapa banyak kalori yang kita bakar dalam sehari?

    Tentunya hal ini sangat bergantung pada rutinitas harian kamu. Namun, kamu dapat menggunakan pedoman ini.


    Berapa banyak kalori yang kita bakar saat berjalan?

    Wanita: 140 kkal, kecepatan sedang saat berjalan ke kantor

    Pria: 168 kkal, kecepatan sedang saat berjalan ke kantor




    Berapa banyak kalori yang kita bakar saat berlari?

    Wanita: 343 kkal, kecepatan sekitar 6 mil per jam

    Pria: 412 kkal, kecepatan sekitar 6 mil per jam


    Berapa banyak kalori yang kita bakar saat berenang?

    Wanita: 203 kkal (gaya bebas), 186 kkal (gaya dada) 

    Pria: 244 kkal (gaya bebas), 223 kkal (gaya dada)


    Berapa banyak kalori yang kita bakar saat bersepeda?

    Wanita: 280 kkal, kecepatan sekitar 12 mil per jam

    Pria: 336 kkal, kecepatan sekitar 12 mil per jam


    Rata-rata, berapa banyak kalori yang dibakar oleh pria dan wanita per hari?

    Jika kamu sedang tak ingin berhitung dan hanya ingin tahu perhitungan kasar, here you go. 


    Diperkirakan, wanita yang tidak terlalu banyak bergerak – contohnya wanita yang bekerja di kantor dan berolahraga sedikit – membakar sekitar 1.600 kkal per hari dibanding 2.400 kkal per hari bagi wanita dengan gaya hidup yang lebih aktif. 


    Sementara itu, pria yang tidak terlalu banyak bergerak diperkirakan membakar sekitar 2.000 kkal sehari, sedangkan pria yang lebih aktif dapat membakar hingga 3.000 kkal. 


    Apakah menghitung kalori penting?


    Meskipun menghitung kalori cukup berguna saat kamu tengah berusaha menurunkan berat badan, namun perlu diingat bahwa terlalu banyak menghitung kalori tidaklah sehat untuk kesehatan psikis. 


    Anggap pengetahuan soal kalori sebagai aksi penyeimbang. Jika kemarin kamu mengonsumsi lebih banyak energi dibanding yang kamu bakar, kamu tak perlu terlalu terobsesi dan stres. Cukup seimbangkan dengan mengonsumsi energi lebih sedikit di hari berikutnya. 


    Perlu diingat, beberapa makanan yang memiliki kalori tinggi juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, contohnya alpukat dan tahu, sedangkan beberapa makanan yang rendah kalori seperti roti malah kurang baik jika dikonsumsi terlalu banyak.


    So, ladies, di momen liburan ini, jangan lupa untuk jaga kesehatan, serta jangan lupa untuk bersenang-senang! 


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan PH. Perubahan telah dilakukan editor. Alih bahasa: Yovita Pratiwi.)