Love & Sex

6 Tanda Pasangan Kamu Suportif Terhadap Ambisi Kamu

  by: Kezia Calesta       20/12/2019
  • Dalam sebuah hubungan yang sehat, kamu dan pasangan wajib mendukung satu sama lain. Seorang pasangan yang baik tidak hanya mendengarkan ceritamu dan memotivasi lewat kata-kata saja – ia juga akan mengapresiasi pengorbanan dan usaha yang kamu kerahkan demi mencapai goals kamu. Apakah sang pasangan suportif akan ambisimu? Berikut 6 tanda positif yang membuktikannya.


    1. Ia pengertian dan tidak marah saat kamu harus merubah rencana kencan.

    Ini tidak berarti kamu boleh membatalkan setiap rencana kencan, karena itu artinya kamu seorang workaholic. Namun jika ada deadline penting yang harus kamu kejar atau mendadak bos membutuhkan bantuan kamu, sang pasangan seharusnya dapat mencoba mengerti dan mengesampingkan perasaan egoisnya.



    Bila pasanganmu ngambek, menangis, menyulut argumen, atau mendiamkan kamu setiap kali kamu harus bekerja, itu artinya ia ingin menjadi prioritas pertama kamu setiap waktu. Nah, pemikiran ini tidak sehat untuk sebuah long-term relationship.


    2. Ia fokus saat kamu bercerita.

    Ya, mungkin pasanganmu tidak bertanya tentang pekerjaanmu setiap hari, and that’s ok. Yang penting, setiap kali kamu bercerita, ia memberikan perhatian penuhnya kepadamu dan tidak bermain handphone atau mengalihkan pembicaraannya.


    3. Saat kamu butuh bantuan, ia mencoba untuk membantu.

    Bila sedang membutuhkan bantuan, apa yang si dia lakukan? Bila ia selalu mengangkat bahunya dan berkata “aku tidak tahu”, ia mungkin tidak menyukai idemu, atau tidak peduli sehingga ia tidak memiliki opini tentang hal tersebut. Seorang pasangan yang suportif akan selalu membantu, menawarkan ide atau sugesti, memberikan opini dan juga motivasi.




    4. Ia suka membicarakan prestasi kamu.

    Is he proud of you? Bila pasanganmu sering bercerita kepada keluarga dan teman tentang kehebatan pasangannya, itu artinya ia bangga memiliki kamu sebagai seorang pasangan. Artinya, ia tidak hanya mementingkan goals-nya, tetapi juga mengapresiasi goals yang telah kamu capai.


    5. Ia sering bertanya tentang pekerjaanmu.

    Tanpa perlu menunggu kamu untuk bercerita sendiri, apakah si dia sering bertanya tentang keseharianmu di tempat kerja… atau mengenai kemajuan proyek yang sedang kamu kerjakan? Bila ia menyimak ceritamu dan senang mendengar kamu berceloteh tentang kariermu, that’s a good sign.


    6. Setiap kali kamu ingin menyerah, ia menyemangati kamu.

    Pernah melalui minggu atau bulan yang membuat kamu stres? Apa yang pasanganmu lakukan – apakah ia memotivasi kamu untuk terus berjuang, atau diam saja? If he knows that you can push through, ia akan mendorong kamu untuk menjadi versi terbaik dirimu sendiri. Bonus point jika ia memanjakan kamu dengan mengirim kopi favorit ke kantor!


    (Image: doc. unsplash.com)