Better You

12 Rekomendasi Makanan yang Ampuh Melawan Penuaan Dini

  by: Alexander Kusumapradja       25/12/2019
  • Ladies, kalimat “you are what you eat” telah terbukti bukan sekadar jargon kosong belaka. Faktanya apa yang kita konsumsi punya dampak langsung pada tubuh kita, termasuk kondisi kesehatan kulit, tulang, dan organ-organ lain dalam tubuh. Mungkin tak ada makanan ajaib yang bisa membuat kita awet muda selamanya seperti di cerita dongeng, namun beberapa makanan terbukti punya manfaat anti-aging yang mampu meningkatkan kualitas kulit, memperkuat daya tahan, dan khasiat positif lainnya. Oh ya, jangan berpikir kamu masih terlalu muda untuk mulai memikirkan anti-aging atau melawan penuaan dini karena hidup di kota besar yang dipenuhi polusi dan pilihan makanan yang kurang sehat telah terbukti membuat kulit kita cepat lelah dan menua. Berikut adalah makanan berkhasiat anti-aging yang bisa menjadi resolusi kita melawan penuaan dini mulai tahun depan.




    1. Kacang-kacangan

    Entah itu kacang macadamia, kacang mete, almond atau apapun kacang yang kamu pilih, mereka semua termasuk makanan anti-aging karena memiliki efek menurunkan kolesterol dan anti-peradangan menurut para pakar nutrisi. Satu atau dua ons per hari bisa menjadi takaran yang pas karena mereka juga mengandung banyak protein, serat, dan mikronutrien.

    2. Biji wijen

    Biji wijen kaya akan kalsium dan mineral lain seperti zat besi, magnesium, fosforus, dan serat yang bagus untuk kesehatan tulang kita. Memasukan biji wijen ke dalam diet kaya mineral dalam takaran yang pas dan diimbangi dengan olahraga adalah kunci untuk memiliki tulang yang sehat.

    3. Nanas

    Tak hanya rasanya yang segar buah tropis ini juga bermanfaat bagi kulit kita karena kandungan mineral bernama manganese yang dibutuhkan untuk mengaktifkan enzim bernama prolidase yang menyediakan asam amino proline bagi tubuh. Asam amino proline dibutuhkan untuk membentuk kolagen dalam kulit yang fungsinya menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

    via GIPHY

    4. Dark chocolate

    Ganti white chocolate favoritmu dengan dark chocolate yang walaupun kebanyakan rasanya lebih pahit namun punya manfaat kandungan flavanol yang dapat memperlancar aliran darah pada kulit. Selain itu flavanol juga menyerap radiasi ultraviolet dan menjaga kulit dari kerusakan yang disebabkan sinar tersebut.

    5. Blueberry

    Buah blueberry bisa menjadi cemilan sehat dengan kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibanding mayoritas buah lainnya. Buah kaya vitamin C ini juga bisa melindungi kulit kita dari radikal bebas perusak kulit seperti paparan sinar matahari, stres, dan polusi.

    6. Semangka

    Kandungan air di buah semangka menjaga kulit kita tetap terhidrasi dan segar, selain itu semangka juga mengandung likopen yang berfungsi sebagai tabir surya alami, melindungi kulit kita dari sinar ultraviolet yang mempercepat penuaan dini pada kulit, membuat noda gelap, dan membuat kulit kusam.

    via GIPHY

    7. Saffron

    Saffron alias kuma-kuma merupakan rempah-rempah yang mengandung dua karotenoid mujarab bernama crocin dan crocetin, yang terbukti memiliki khasiat anti-tumor dan manfaat antioksidan. Kandungan tersebut juga dapat memperbaiki gejala yang berhubungan dengan depresi dan PMS dan mengurangi hasrat mengemil, semua faktor yang dapat membuat DNA mengalami penuaan dini.



    8. Edamame

    Cemilan kedelai khas Jepang ini bagus bagi kesehatan tulang dan sistem kardiovaskular. Ketika wanita menua dan level estrogen menurun, kedelai dapat menyediakan fitoestrogen yang dapat membantu melawan pengeroposan tulang dan risiko serangan jantung.

    9. Jamur

    Jamur adalah salah satu dari segelintir makanan yang secara alami mengandung vitamin D, nutrisi yang penting namun masih jarang dipenuhi oleh banyak orang. Tanpa bantuan vitamin D, tubuh kita tak mampu menyerap kalsium secara maksimal yang efeknya mengarah ke osteoporosis, tulang rapuh, dan tulang punggung yang bungkuk yang semuanya membuatmu lebih tua dari yang seharusnya.

    via GIPHY

    10. Brokoli

    Kamu mungkin tak menyukai sayuran ini waktu kecil namun sebuah penelitian di tahun 2016 mengungkap brokoli mengandung pigmen tumbuhan lutein yang dikatakan mampu menjaga kecerdasan kita.Maksudnya adalah kita mampu mempertahankan pengetahuan dan keterampilan yang kita punya saat ini sampai kita tua nanti. Seperti anti-aging untuk otak kita.

    11. Kunyit

    Rempah-rempah ini membantu tubuh melawan kerusakan sel, penyakit kronis, penuaan, serta menjaga kulit dan organ tubuh kita dalam kondisi baik. Pigmen dalam kunyit yang bernama kurkumin juga membantu mencegah telomer (bagian paling ujung dari DNA kita) memendek. Telomer yang memendek dipercaya menjadi penyebab penuaan dan penyakit degeneratif.

    12. Alpukat

    Tak hanya salmon yang mengandung banyak omega-3, buah alpukat pun punya kandungan yang sama untuk menjaga sistem imunitas tubuh dan melawan peradangan. Tambahkan alpukat ke dalam salad, roti, atau bisa juga dijadikan puding yang tak hanya lezat tapi juga menyehatkan.

    via GIPHY


    (Alex.K / Image: Pablo Merchán Montes on Unsplash)