Beauty

Resep Masker Kunyit untuk Lawan Jerawat, Inflamasi, dan Noda

  by: Yovita Pratiwi       26/12/2019
  • Mungkin kamu pernah mendengar tentang kebaikan dan keajaiban dari kunyit, yang konon katanya mampu bantu kulit jadi lebih cerah, hilangkan noda, redakan inflamasi, hingga basmi jerawat. Meskipun tanaman ini biasanya diabaikan saat berada di dapur, nyatanya kamu dapat menggunakannya untuk merawat kulit, lho!

    Kunyit telah digunakan selama berabad-abad di Timur sebagai obat karena memiliki fungsi antioksidan dan anti-inflamasi yang berguna untuk mengobati jerawat, mencerahkan hiperpigmentasi serta bekas jerawat, dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan garis halus serta kerutan. Wow, all in one!

    Namun, bagaimana cara mengaplikasikan kunyit pada wajah? Kali ini, Cosmo telah siapkan resep masker kunyit yang dapat kamu coba sendiri di rumah. Yuk, coba!




    DIY Masker Kunyit untuk Jerawat



    Bahan-bahan:

    • 2 sdm bubuk kunyit

    • 1 sdm tepung beras

    • 2 sdm yogurt atau susu (untuk kulit berminyak) ATAU minyak zaitun, kelapa, atau almond (untuk kulit kering)

    • 1 sdm madu


    Madu memiliki segudang manfaat. Selain memiliki komponen anti-inflamasi dan antimikroba, madu juga humektan, yang berarti mampu berikan hidrasi ke dalam kulit, sehingga tak akan membuat kulit jadi kering sembari melawan dan menenangkan jerawat. Meskipun kamu dapat mengganti yogurt dengan minyak sesuai dengan jenis kulitmu, namun ada baiknya untuk tetap menggunakan dairy jika kamu tengah bermasalah dengan jerawat. Gunakan masker selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dan gunakan sabun muka seperti biasa. Terakhir, jangan lupa gunakan pelembap wajah.


    DIY Masker Kunyit yang Menenangkan



    Bahan-bahan:



    • 2 sdm tepung

    • 1 sdt bubuk kunyit

    • 1 sdm minyak almond

    • 3 sdm susu


    Perlu diingat, kunyit dapat meninggalkan bekas warna pada wajah jika kamu tak mencampurkan bahan berlemak ke dalam masker DIY milikmu. Jadi, minyak almond pada resep ini berguna untuk membuat kamu stain-free, sekaligus membantu kulitmu jadi lebih tenang dan lembut berkat kandungan vitamin E yang tinggi. Campur semua bahan hingga merata, namun jangan sampai terlalu encer. Aplikasikan pada wajah, biarkan hingga 15 menit, lalu bilas.


    DIY Masker Kunyit untuk Kulit Sensitif



    Bahan-bahan:

    • 1 sdt bubuk kunyit

    • ½ sdt gel aloe vera

    • 1 sdt rose water


    Tentunya kamu sudah tau kebaikan gel aloe vera! Masker kunyit yang satu ini sangat berguna bagi para pemilik kulit sensitif karena mengandung gel aloe vera yang mampu bantu tenangkan kemerahan dan iritasi, serta rose water sebagai anti-inflamasi alami. Masker ini akan jadi sedikit encer, jadi masker ini tak akan mengering. Cukup aplikasikan pada wajah secara lembut, biarkan selama 10 menit, lalu bilas. Jika kamu khawatir akan menodai wajah, tambahkan face oil favoritmu ke dalam masker sebelum proses aplikasi. Silahkan mencoba!



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan PH. Perubahan telah dilakukan editor. Alih bahasa: Yovita Pratiwi. Image: Dani Rendina on Unsplash.)