Lifestyle

Inspirasi Seni Pairing Wine untuk Hidangan Tahun Baru

  by: Givania Diwiya Citta       30/12/2019
  • Kini, sesi pairing wine di Asia Tenggara, terutama Indonesia, semakin diminati. Bahkan saat Cosmo berbincang dengan Sam Stephens selaku Brand Ambassador dari Wolf Blass di acara makan malam Wolf Blass X Michelin Guide pada awal Desember lalu, Sam menegaskan bahwa di Indonesia (terutama Jakarta) kajian terhadap food and wine pairing dari sudut pandang lokal sangat meroket. “Saya bisa lihat di sini bahwa wine bisa dikonsumsi bersama penganan lokal, apalagi dengan banyaknya restoran fusion yang menyajikan hidangan Indonesia modern bersama seleksi wine dalam menu, hal ini mengenalkan orang-orang pada gagasan bahwa bahkan resep favorit keluarga mereka pun bisa dipasangkan dengan beberapa wine,” ujarnya. 






    Cosmo pun setuju, apalagi saat kami membicarakan tentang kultur pemasangan good meal with good wine di era sekarang dibanding lima tahun lalu sebelum era digital merajai. Menurut Sam, dengan adanya persona celebrity chef dari berbagai acara tv memberi inspirasi bagi orang-orang terhadap makanan. Namun bukan hanya tentang masak memasak, namun juga menginspirasi terhadap cara bereksperimen dengan rasa, dengan teknik memasak yang beragam, hingga kini, kita menjadi bagian dari generasi baru yang bukan hanya bergairah untuk memasak, namun memasak untuk menghibur dan menciptakan pengalaman baru.




    “Dan wine adalah bagian besar dari fenomena tersebut, meskipun masih berkembang hingga sekarang. Tapi dengan banyaknya referensi dan aksesibilitas menuju internet ataupun YouTube untuk menonton konten tentang masakan, bisa mendorong orang-orang untuk memasangkan wine dengan penganan yang mungkin lima tahun lalu mereka belum percaya diri untuk melakukannya,” tambah Sam. Oleh karenanya, di acara santap malam yang digelar di Kaum Jakarta tersebut, produsen wine Wolf Blass berkolaborasi dengan The Michelin Guide dalam menyoroti pemasangan wine dengan hidangan otentik nusantara, berdasarkan saus yang merepresentasikan cita rasa beragam dari penjuru Indonesia. Jika kamu sedang mencari seleksi hidangan lokal yang bisa dikombinasikan dengan wine lezat sesuai selera, maka beberapa menu berikut bisa jadi inspirasinya!


    Gohu Ikan Tuna + Chardonnay




    Perkenalkan makanan khas Ternate yang terdiri dari asinan tuna segar dalam minyak kelapa, dengan jus kalamansi dan belimbing segar yang disajikan dengan kacang kenari, daun ginseng, dan rice crackers. Nyatanya, wine dari Gold Label Chadonnay 2016 dari Wolf Blass bisa jadi pelengkapnya, lho! Karena chardonnay yang lezat dipasangkan dengan hidangan ikan ini akan memberi rasa buah-buahan yang elegan dan kompleks, dengan rasa asam yang lembut. Great for starter!


    Kare Kepiting Soka + Cabernet Sauvignon


    Jika mulai ingin masuk ke menu utama, kare kepiting soka yang dimasak ala gaya Jawa Timur ini punya saus kare yang kaya akan kombinasi rempah. Pasangannya? Coba dari Gold Label Cabernet Sauvignon 2016 yang punya textural tannins dan balanced acidity. Fresh!


    Pantollo Pamarrasan + Cabernet Shiraz


    Jika ingin rasa yang lebih intens, hidangan daging sapi dan kubis yang dicampur dengan saus kluwek asal Toraja bisa dikombinasikan dengan cabernet shiraz. Seperti dari Wolf Blass Gray Label Cabernet Shiraz 2012 yang cocok dipasangkan dengan hidangan daging. Palate yang medium hingga full bodied ini punya rasa berry, eukaliptus, dan oak yang subtle. Perfect for sharing the festivities!


    (Givania Diwiya / Image: Dok. Wolf Blass / Lead Image: Kelsey Knight on Unsplash.com)