Better You

8 Cara Atasi Kaki Pegal Saat Liburan

  by: Kezia Calesta       26/12/2019
  • Ucapkan selamat tinggal pada kaki pegal! 8 tips dari Cosmo ini akan membantu kamu menjaga kesehatan kaki supaya perjalanan liburan selalu nyaman.


    Sebelum Berangkat…

    Comfortable footwear is a must. Bawalah sepatu nyaman seperti sneakers atau flats yang memiliki bantalan. Hindari sepatu baru yang belum dipakai, dan bawalah sandal jepit untuk berjalan di area seperti lobby hotel, kamar mandi atau kolam renang.





    Bila kamu sering mengalami rasa sakit di daerah kaki, kunjungi dokter atau podiatris untuk berjaga-jaga. Hal ini juga penting dilakukan para traveler yang mengidap diabetes. Oh ya, pastikan juga bahwa alas kaki yang digunakan cocok untuk tipe kakimu!

    Bersihkan kaki kamu sebelum berlibur dengan merapikan kuku, menggosok kulit mati dan melembabkan kulit kaki dengan lotion. Atau, pedicure saja - kakimu pun akan terlihat lebih cantik dan vacation-ready!


    Di Perjalanan…

    Waktu penerbangan atau jam road trip cukup lama? Hindari kaki bengkak dengan sesekali melepas sepatu dan stretching sederhana, seperti memutar pergelangan dan meregangkan otot kaki. Oh, coba untuk tidak menyilang atau melipat kaki karena posisi tersebut dapat memperlambat sirkulasi darah dan membuat kakimu mudah semutan.





    Minumlah air putih untuk memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi pembengkakan kaki saat traveling. Lagipula, dengan berjalan ke kamar mandi, kakimu jadi bisa bergerak dengan lebih bebas dan kram pun akan terhindari.


    Saat Berlibur…

    Jangan lupa mengistirahatkan kaki saat jalan-jalan. Tetap lakukan stretching supaya otot kaki tetap relaks, dan pakailah sepatu nyaman dengan sol yang tidak terlalu tipis.

    Setelah beraktivitas seharian, bilaslah kaki dengan air hangat dan sabun sebelum tidur. Keringkan dengan baik, khususnya di sela-sela jari kaki… kemudian aplikasikan lotion untuk menjaga kulit kaki agar tidak kering dan pecah-pecah (khususnya jika traveling saat musim dingin).



    Dan yang terpenting - watch where you're going! Selalu perhatikan langkah, apalagi saat kamu sedang sibuk mengambil foto dengan kamera. Kamu tidak mau tersandung dan mengalami kaki cedera saat liburan, kan?


    (Image: doc. unsplash.com)