Lifestyle

Berani Ungkap Korupsi, Murid SOPA Seoul Raih Penghargaan

  by: Shamira Priyanka Natanagara       27/12/2019
  • Pada tanggal 26 Desember kemarin, berdasarkan laporan dari SoompiSeoul Office of Education mengadakan upacara untuk menghargai Baek Min Sung dan tiga murid School Of Performing Arts (SOPA) lainnya atas usaha mereka untuk mengungkap tindakan korupsi di sekolah. SOPA sendiri telah menjadi tempat di mana beberapa idola K-Pop ternama mendapatkan pendidikan, di antaranya Kai EXO, Sehun EXO, Jungkook BTS, dan mantan personel Miss A, Suzy.

    Pada upacara tersebut, pengawas pendidikan mengatakan, "Kami menghadiahkan para pemimpin yang berdiri melawan pelanggaran hak [siswa]. Kami harap mereka pun akan menjadi pemimpin masyarakat di masa depan."

    Pada Februari 2019, murid SOPA membuat musikal singkat yang mengkritik ketidakadilan yang melibatkan eksploitasi murid dan mengunggahnya di YouTube. Musikal tersebut dimulai dengan kalimat: "Video ini telah dibuat untuk mengadvokasi para siswa [yang menjadi] korban." Sekarang, video tersebut telah ditonton lebih dari 6,4 juta kali. 








    Menurut Soompi, beberapa pelanggaran yang dilakukan termasuk "memaksa murid untuk tampil di acara di luar sekolah, membuat murid menggunakan uang saku pribadi untuk membayar berbagai biaya yang dibutuhkan untuk penampilan privat tersebut, meminta murid untuk menjadi seksi atau melakukan hal-hal romantis secara fisik, mendiskriminasi murid yang menolah untuk tampil pada acara yang telah disebut, dan memaksa murid untuk tidak membahas acara privat tersebut."

    Kali pertama Baek Min Sung mengangkat isu kepala dan kepala administrasi SOPA telah meminta murid tampil di acara privat adalah pada Agustus 2018.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Phillipines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Image: YouTube)