Beauty

Multifungsi! Ini Manfaat Daun Bidara untuk Kecantikan Kulit

  by: Shamira Priyanka Natanagara       27/12/2019
  • Bahan-bahan alami seperti centella asiatica (daun pegagan), calendula, dan ekstrak bunga mawar sedang populer di kalangan skincare enthusiast karena cocok untuk berbagai jenis kulit dan terbilang multifungsi: mampu mengatasi masalah kulit iritasi, bersifat antibakteri sehingga mampu melawan jerawat, serta bagus untuk menjaga kelembapan kulit. Yes, they’re the ‘it’ ingredients right now. Namun ternyata, ada satu lagi bahan alami dengan manfaat yang serupa, yakni daun bidara.

    Mungkin daun bidara tidak se-hits bahan-bahan yang sebelumnya Cosmo sebutkan, tapi daun dari pohon bidara alias Indian jujube ini sebenarnya memiliki beragam khasiat untuk kecantikan beragam tipe kulit, mulai dari kulit kering, kulit berjerawat, hingga kulit menua. Mau tahu apa saja manfaatnya? Mari kita simak, siapa tahu daun bidara akan menjadi holy grail ingredient kamu setelah mengetahui ragam manfaatnya, hehe… 




    1. Melembapkan kulit

    Karena mengandung lemak dan mineral, daun bidara mampu mengatasi masalah kulit kering. Jika kamu memiliki kulit yang butuh kelembapan, baik kulit wajah maupun area tubuh lainnya, daun bidara bisa dimanfaatkan sebagai masker! Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menghancurkan daun bidara hingga halus, tambahkan air hingga tekstur menyerupai masker, kemudian oleskan pada area kulit kering. Dan seperti penggunaan masker pada umumnya, bilas daun bidara setelah mengering. 


    2. Menyembuhkan luka

    Setiap orang, walaupun telah mencoba untuk berhati-hati, pasti pernah mengalami luka ringan, seperti lecet pada bagian lutut akibat tersandung (oops!), atau mungkin tidak sengaja terkena paper cut yang ngilu. Jika belum lama ini kamu mengalami luka ringan, ternyata kamu bisa menyembuhkannya menggunakan daun bidara, lho! Dikutip dari Dokter Sehat, daun bidara mengandung senyawa glikosida yang bisa mempercepat regenerasi kulit, sehingga dapat membantu proses penyembuhan luka. Patut dicoba!


    3. Menenangkan kulit yang meradang

    Girls, apakah kamu mengalami kulit yang iritasi atau meradang? Daun bidara memiliki sifat anti-inflamasi, so kamu bisa menenangkan area kulit yang meradang dengan mengoleskan daun bidara yang telah dihaluskan pada area tersebut. Plus, daun bidara pun bersifat antibakteri, bagus untuk melawan bakteri penyebab iritasi.




    4. Melawan jerawat

    Berkat sifatnya yang antibakteri dan anti-inflamasi, daun bidara mampu mengatasi jerawat dengan baik. Coba racik masker daun bidara dan gunakan secara rutin, girls, setidaknya dua kali dalam seminggu. Jika kamu bukan tipe orang yang gemar maskeran, coba rebus daun bidara lalu gunakan airnya sebagai toner. 


    5. Mampu mencerahkan kulit

    Apakah kamu memiliki masalah kulit kusam? Atau mungkin ada luka bekas jerawat pada kulit wajah? Nah, daun bidara bisa menjadi solusi untuk masalah tersebut! Dikutip dari Times of India, kandungan vitamin C dan antioksidan dalam daun bidara mampu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel, sehingga kulit dapat menjadi semakin cerah dan sehat.


    (Shamira Natanagara / Ed. / Image: Engdao Wichitpunya©123RF.com)